Ketahui Cara Mudah Ini Untuk Membersihkan Peralatan Stainless Steel Agar Berkilau

0
95

Sahabat JD.ID, tahukah kamu jika peralatan dapur  yang ada di rumah kamu rata-rata terbuat dari stainless steel. Bahan ini banyak digunakan sebab tahan lama dan mudah dibersihkan usai memasak. Meski begitu, faktanya tidak semua orang bisa membersihkan peralatan dapur dari stainless steel dengan benar.

Alih-alih membersihkannya agar berkilau, mereka malah membuat peralatan dapur menjadi kusam dan lengket. Nah, kalau kamu adalah orang yang masih kesulitan membersihkan peralatan dapur berbahan stainless steel, ada baiknya kamu simak tips yang berikut ini.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membaca buku petunjuk alat dari peralatan dapur stainless steel yang kamu punya.

Ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui daftar bahan yang aman untuk membersihkan serta bahan berbahaya yang harus dihindari sehingga tidak merusak tampilan, serta menghindari penggunaan produk yang mudah terbakar.

Ingat, stainless steel banyak digunakan karena warna dan durabilitasnya, tapi hasil akhir yang berkilau dan halus rentan terhadap goresan, harus dijauhkan dari pembersih abrasif. Hindari penggunaan produk mengandung pemutih, klorida, klorin, amonia, dan alkohol serta bubuk gosok dan pembersih oven.

Sebaliknya, tetap dengan cara sederhana untuk membersihkan stainless steel. Saat kamu menggunakan produk pembersih untuk pertama kalinya, coba terlebih dahulu sebelum digunakan dalam jangka panjang.

Bahan-Bahan yang Sederhana

Ada tiga bahan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan peralatan dapur dari stainless steel dengan mudah saat di rumah.

Soda kue: Taburkan sedikit soda kue ke kain lembab dan gosok sedikit noda. Kemudian gunakan kain lembab kedua untuk menyeka residu yang tersisa.

Sabun cuci piring: Campurkan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam air panas. Cuci stainless steel dengan kain mikrofiber, bilas dengan air panas, dan segera keringkan dengan kain kering yang baru.

Cuka: tuangkan cuka putih ke dalam botol semprot dan semprotkan ke alat. Bersihkan cuka dengan kain mikrofiber atau handuk kertas.

Cara Menghilangkan Goresan

Selain membuat peralatan dapur dari stainless steel menjadi berkilau, kamu juga bisa membuatnya bebas dari goresan. Caranya, lap hingga kering dengan gerakan melebar dari kiri ke kanan untuk menghindari goresan.

Sahabat JD.ID bisa gunakan air mengalr deras. Untuk mencegah goresan, hindari mengoles dengan gerakan melingkar berulang atau melawan serat alami baja. Ini dapat menyebabkan goresan bergaris.

Cara Membuat Stainless Steel Awet

Untuk membuat stainless steel tahan lama, bersihkan secara rutin setidaknya setiap minggu dengan bahan-bahan yang aman agar kondisi prima dan dapur Sahabat JD.ID terlihat bersih. Hindari membiarkan tumpahan makanan mengeras dan mengendap.

Selain terlihat berantakan, tumpahan makanan akan semakin sulit dikeluarkan jika semakin lama disimpan. Lebih buruk lagi, kotoran yang sudah mengendap dapat mengganggu fungsi alat dan berpotensi menjadi bahaya keselamatan kebakaran di atas kompor.

Meskipun stainless steel secara keseluruhan tahan terhadap karat, kelebihan air dan noda air harus segera dibersihkan. Jika karat mulai terbentuk, buat soda kue dan air, lalu gosok larutan soda ke noda karat menggunakan sikat gigi.

Itulah tips ringan yang bisa Sahabat JD.ID lakukan guna merawat perlengkapan dapur berbahan stainless steel di rumah kamu. Beragam kebutuhan perlengkapan dapur bisa kamu dapatkan melalui JD.ID. Gunakan beragam diskon yang tersedia untuk memudahkan kamu ketika berbelanja di JD.ID #DijaminOri.