Perkembangan zaman yang sudah semakin pesat, berdampak pada teknologi yang juga berkembang semakin modern. Salah satunya yang saat ini mengalami perubahan besar karena teknologi adalah televisi.  Mungkin sebagian besar dari kalian sempat memiliki TV tabung  pada 15 tahun kebelakang, atau mungkin hingga saat ini tetap menggunakannya. Televisi hadir pertama kali dan dijual secara komersial sejak tahun 1920-an, dan sejak saat itu televisi telah menjadi barang biasa di rumah, kantor bisnis, maupun institusi, khususnya sebagai sumber kebutuhan akan hiburan dan berita serta menjadi media periklanan.

Semakin majunya teknologi televisi kini, TV sudah berevolusi menjadi Smart TV atau Android TV. Keduanya sama-sama merupakan televisi dengan terobosan baru yang mengusung fitur canggih untuk memanjakan penggunanya. Tapi apakah kamu tahu mengenai perbandingan Smart TV dan Android TV ini? Banyak yang salah kaprah dan mengira keduanya memiliki kesamaan. Smart TV dan  Android TV memiliki perbedaan dari segi fitur yang dibawanya. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan dari keduanya, simak artikel berikut ini.

 

Perbedaan SmartTV dan AndroidTV

Smart TV merupakan televisi terbosan baru yang tidak hanya bisa digunakan untuk nonton TV seperti pada umumnya, tetapi ada banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti nonton youtube, mengakses browser, mengakses aplikasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara untuk Android TV merupakan televisi yang memiliki operasi system berbasis android dan dapat  dimodifikasi sedemikian rupa yang nantinya bisa dijalankan di smart TV.

Bisa disimpulkan smart TV merupan wujud fisik dari TV yang dilengkapi dengan kecerdasan khusus dan fitur canggih di dalamnya. Berbeda dengan android TV yang tidak memiliki wujud fisik karena hanya merupakan sebuah sistem. Layaknya sistem operasi Android yang disematkan di sebuah smartphone, Android TV hanya bisa diterapkan pada sebuah smart TV.

Kecanggihan dari Smart TV

 

Seperti yang kita tahu, dengan Smart TV kita bisa melakukan hal apapun yang tidak bisa dilakukan di TV biasa. Ini karena di dalam Smart TV sudah tersemat otak tambahan yang memungkinkan ia menjalankan perintah apapun layaknya sebuah komputer. Di Smart TV kamu bisa menonton film apapun melalui sebuah situs streaming tertentu. Selain itu, kamu bisa juga mengakses video youtube dengan sangat mudah, dengan catatan Smart TV harus terkoneksi dengan internet. Tidak sampai disitu saja, Smart TV juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan browsing di internet dengan sangat mudah. Tapi sayangnya, mengakses browser melalui Smart TV dirasa cukup sulit dibandingkan seperti melakukan akses diperangkat lainnya.

Fitur Canggih dari Android TV

 

Android TV pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2014, hingga saat ini peminatnya sudah semakin banyak. Tidak lain dikarenakan fitur canggih yang digunakannya yang bisa membuat penggunanya semakin termanjakan. Android TV ini juga memiliki bergam seri seperti pada android di smartphone atau tablet. Android TV juga ada yang menggunakan system operasi android seri Marshmallow, Nougat dan yang lain sebagainya. Mengenai fitur yang ada di Android TV, antara lain:

 

Googe Playstore

Di android TV pengguna bisa dengan bebas mengakses Google Playstore dengan menginstall aplikasi yang disukai. Tapi tidak semua aplikasi di android smartphone bisa diinstall di Android TV, hanya beberapa saja yang bisa dijalankan. Di dalamnya juga sudah tersedia aplikasi bawaan seperti, TV Streaming, Music, dan juga game.

 

Google Voice Input dan Kontrol

Didukung dengan Google Voice Input yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan perintah suara. Selian itu, Android TV juga bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat kontroler seperti, game pad, mouse, keyboard, aplikasi remote control, headphone, spekaer dan lain sebagainya. Menghubungkannya dengan memanfaatkan fitur bluetooth di Android TV.

Google Cast

Fitur satu ini berguna untuk menampilkan hasil browsing atau video youtube dari perangkat lain seperti laptop atau smartphone. Perangkat yang tidak kompatible dengan smart TV android juga bisa diatasi dengan fitur ini. Jika diantara kamu tertarik untuk memiliki SmartTV atau AndroidTV, kamu bisa kunjungi laman JD.ID untuk mencari televisi yang kalian ingin kan dengan beragam teknologi canggih.

Untuk mewujudkan keinginan kalian, JD.ID memberikan penawaran menarik promo harga smart tv hisense terbaru 2019. Sebagai salah satu pelopor brand televisi, Hisense hadir di JD.ID dengan beragam varian smartTV yang dapat menjadi pilihan kamu. Hisense TV memberikan promo yang bertajuk “Celebrate 50th Anniversary 1969-2019” hanya di JD.ID.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here