Mengenal Macam-macam Minyak Goreng di dapur

0
1374
Mengenal macam-macam minyak goreng di dapur - JD.ID
Source: Kompas.com

Jika kamu pernah memerhatikan acara memasak, sering kali chef memiliki macam-macam minyak goreng berbeda yang mereka gunakan. Contohnya seperti minyak goreng zaitun, minyak goreng kelapa, minyak sayur dan sebagainya. Lalu, kira-kira mana minyak yang paling bagus?

Hal itu sebenarnya tergantung dari makanan apa yang digoreng, ditumis, atau dipanggang serta berdasarkan pada titik asapnya. Titik asap adalah saat pertama kali minyak mulai dipanaskan dan berasap dalam wajan, itulah yang juga penting diperhatikan. Jika terlalu lama melewati titik asap ini bisa mengurangi kandungan nutrisi dalam minyak serta melepaskan radikal bebas ke udara.

Melansir dari majalah TIME berikut macam-macam minyak goreng sehat yang baik untuk kamu gunakan dalam kegiatan masak sehari-hari.

1. Macam-macam Minyak Goreng: Minyak Zaitun

Macam-macam minyak zaitun - JD.ID
Source: JD.ID

Minyak zaitun atau dikenal juga dengan olive oil adalah salah satu minyak sehat dan serbaguna. Terutama jika minyak tersebut tidak disuling dan diproses secara berlebihan.

Kamu bisa melihat ini pada bagian kemasannya yang bertuliskan, “Extra Virgin Olive Oil”.
Berdasarkan penelitian minyak ini sangat bagus bagi kesehatan jantung serta titik asapnya cukup rendah.

Jadi, pastikan api yang kamu gunakan dalam kondisi kecil atau sedang saja saat memasak memakai minyak zaitun. Adapun harga dari minyak ini memang sedikit mahal. Biasanya harga minyak ini ada di kisaran Rp 50.000 – Rp 150.000 tergantung ukuran dan jenisnya.

Dapatkan Minyak Zaitun di sini

2. Minyak Sayur

Minyak sayur - JD.ID
Source: JD.ID

Jenis minyak ini merupakan minyak yang paling banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun pengertian minyak sayur atau minyak nabati merujuk pada minyak apapun yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Baik berasal dari biji-bijian, buah-buahan atau kacang-kacangan.

Biasanya minyak nabati yang dijual di pasaran merupakan minyak nabati yang berasal dari campuran minyak canola, jagung, kedelai, kelapa sawit dan bunga matahari.

Minyak ini telah melewati toleransi tingkat pemanasan dan dalam prosesnya bisa menjadi tengik. Selain itu, proses pemurniannya juga membuat nutrisi dalam minyak ini mengalami penurunan.

Kendati begitu, ini merupakan minyak yang memiliki titik asap cukup tinggi. Sehingga tidak masalah memasak masakan dalam suhu yang tinggi menggunakan minyak sayur. Adapun harga minyak sayur cukup murah di kisaran Rp 5000 untuk ukuran 200 ml hingga Rp 50.000 untuk 2 liter tergantung dari ukuran dan mereknya.

Dapatkan minyak sayur di sini

3. Minyak Canola

Minyak Canola - JD.ID
Source: JD.ID

Minyak canola merupakan minyak yang berasal dari biji canola. Ini merupakan tanaman persilangan repreesed. Umumnya minyak ini memiliki kadar rendah lemak dan rendah asam erusat yang cukup bagus bagi kesehatan jantung.

Selain itu, minyak canola juga memiliki titik asap yang tinggi sehingga minyak ini bisa dipanaskan hingga suhu yang tinggi mencapai 400 derajat Fahrenhait.

Dapatkan minyak canola di sini

4. Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari - JD.ID
Source: JD.ID

Macam-macam minyak lainnya yang perlu kamu ketahui adalah minyak bunga matahari. Dalam prosesnya untuk mendapatkan minyak ini cukup banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari pembersihan biji, penggilingan, pengepresan, ekstraksi minyak mentah dari biji hingga pemurnian.

Jenis minyak ini sering disebut sebagai minyak sehat. Sebab mengandung kadar lemak jenuh yang rendah serta tinggi akan dua jenis asam lemak yakni, asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Sehingga dengan kandungan tersebut membuat minyak biji matahari cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung serta kesehatan otak dan saraf.

Walaupun begitu, tidak disarankan menggunakan minyak ini secara berlebihan atau memakainya dengan cara yang tidak sehat. Bahkan beberapa ada yang mencampurkan minyak ini dalam olahan makanan. Padahal ini bisa mengakibatkan obesitas dan meningkatkan risiko kanker.

Dapatkan minyak bunga matahari di sini

5. Minyak Alpukat

Macam-macam minyak goreng minyak alpukat - JD.ID
Source: JD.ID

Jenis minyak goreng yang satu ini mungkin tidak begitu familiar di kalangan ibu rumah tangga. Tetapi pada dasarnya buah alpukat cukup terkenal dan banyak dikonsumsi. Siapa yang mengira bahwa buah yang bagus untuk diet ini bisa juga dipakai untuk membuat minyak goreng.

Memiliki rasa yang cukup manis dan menyehatkan. Kandungan di dalamnya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bagus dalam proses peradangan. Di antara minyak yang lainnya, titik asap untuk minyak ini cukup tinggi yakni 510 derajat fahrenhait.

Sehingga sangat cocok untuk digunakan menggoreng atau memanggang makanan.
Sayangnya harga minyak goreng alpukat ini dibanderol cukup mahal. Untuk ukuran 500 ml saja harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Dapatkan di sini minyak goreng alpukat

Itulah beberapa jenis minyak goreng yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kesehatannya.

Selain dari lima produk di atas, kamu juga bisa memilih produk dari jenis lainnya seperti minyak goreng kelapa yang memiliki titik asap sekitar 350 derajat Fahrenheit cukup baik untuk kegiatan menumis atau memanggang. Atau ada juga minyak kenari, minyak kacang dan minyak almond.

Semua jenis minyak tersebut bisa digunakan untuk memasak. Namun, akan lebih baik bila memerhatikan juga cara pemakaiannya agar bisa menghasilkan makanan yang lebih lezat.

Bagi kamu yang saat ini ingin memberikan hadiah kasih sayang untuk orang tua di rumah, kamu tidak harus membelikannya bunga. Akan lebih bagus jika kamu membeli kebutuhan dapur seperti minyak goreng, bumbu, telur, beras atau perabotan rumah tangga lainnya.

Pasalnya saat ini JD.ID sedang memberikan promo dengan diskon sebesar 80 persen dan potongan voucher hingga 14 persen dalam program Sayang Rumah untuk segala keperluan rumah tangga. Program ini dilaksanakan dari tanggal 13-15 Februari 2022.

Dengan membeli keperluan rumah tangga di JD.ID kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Keuntungan lainnya juga berupa pengiriman cepat, GRATIS Ongkir dan dapat bayar di tempat. Jadi, tunggu apalagi? Segera belanja di JD.ID sekarang.