Mudah! Ini Cara Membuat Kopi Espresso Nikmat Tanpa Mesin

0
85
cara membuat kopi
Source: Unsplash

Kopi espresso merupakan salah satu jenis olahan kopi yang bisa dinikmati dengan campuran susu atau bahan minuman lainnya, cara membuat kopi espresso ini umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin espresso.

Tetapi selain menggunakan mesin, sebenarnya ada beberapa alternatif alat lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat konsentrat kopi. Salah satunya adalah mokapot, alat ini memiliki harga yang lebih terjangkau serta penggunaan yang cukup simple dan mudah dipahami.

Agar lebih memahami cara penggunaan tentang alat apa saja yang memungkinkan untuk membuat espresso dan bagai mana cara serta tahapan untuk membuat konsentrat kopi menggunakan alat tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Kopi Espresso dengan Alat Seduh Manual

Source: Unsplash

Cara membuat kopi secara manual memang terbilang cukup rumit, tapi tak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menyeruput kopi kesukaan dengan menggunakan alat seduh manual yaitu mokapot.

Mokapot merupakan salah satu alat seduh manual yang biasanya sering digunakan untuk membuat kopi yang menyerupai espresso. Cara membuat kopi dengan alat ini terbilang cukup mudah dipahami dan untuk mengoperasikannya juga mudah dilakukan oleh semua orang.

Alat ini memiliki beberapa ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kamu dalam membuat kopi, ukuran paling kecil bisa membuat dua cup kopi dan ukuran yang paling besar bisa menghasilkan kopi sebanyak enam cup.

Agar lebih mudah untuk memahami cara membuat espresso dengan alat ini kamu bisa mengikuti beberapa tahapan berikut ini.

Cara Bikin Kopi dengan Mokapot

Source: Otten
  • Siapkan kopi yang sudah digiling dengan dosis yang sesuai dengan selera kamu (jika ingin rasa kopi yang lebih kuat gunakan lebih banyak bubu kopi)
  • Buka bagian bawah mokapot dan keluarkan corong penyaring yang terletak dibagian tengah
  • Masukkan bubuk kopi yang sudah digiling ke dalam corong penyaring, setelah itu pastikan bubuk kopi tersebar secara merata ke seluruh area penyaring tersebut.
  • Langkah selanjutnya dalam cara membuat kopi dengan mokapot adalah ambil bagian bawah mokapot dan isi dengan air panas sebanyak 100ml hingga 150 ml tergantung banyaknya kopi yang digunakan. (pastikan setelah diisi air panas kamu memegang wadah tersebut dengan kain karena cukup panas dan bisa melukai tangan)
  • Setelah itu masukkan kembali corong penyaring kopi ke dalam wadah yang berisi air tersebut, dan tutup kembali mokapot (pastikan kamu menutup mokapot dengan rapat agar kopi tidak rembes dari bagian samping)
  • Kemudian, letakkan mokapot diatas kompor dan nyalakan api ukuran kecil dan pastikan kamu membuka tutup bagian atas mokapot agar bisa melihat kopi tersebut keluar dari bagian tengah.
  • Setelah kopi keluar dari bagian tengah mokapot, kamu bisa mematikan api dan tunggu beberapa detik agar semua ekstrak kopi bisa keluar dengan sempurna.
  • Tuang kopi ke dalam gelas, dan kopi sudah bisa dinikmati.

Itu dia cara membuat kopi dengan mokapot yang bisa kamu terapkan dirumah, tetapi jika ingin lebih mudah lagi kamu bisa menggunakan mesin kopi espresso rumahan untuk membuat kopi dirumah. jika kamu ingin membeli mesin kopi ataupun kebutuhan lainnya, kamu bisa menemukannya di JD.ID.

Selain barangnya yang lengkap dan #DijaminORI kamu juga bisa berbelanja lebih murah dengan menggunakan promo seperti voucher diskon, potongan harga, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan sampai kelewatan dan belanja di JD.ID sekarang!