Tetap Sehat Saat  Berpuasa Di Masa Pandemik

0
155

Seluruh umat Muslim di dunia telah memasuki bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah.  Selama bulan Ramadhan, seluruh umat muslim menunaikan ibadah puasa dengan menahan diri bukan hanya dari makanan dan minuman, tapi juga dari pikiran dan juga perbuatan yang buruk.

Berpuasa merupakan kewajiban bagi semua umat Islam, kecuali anak-anak, mereka yang sedang bepergian, wanita hamil dan yang sedang sakit. Berpuasa bagi umat muslim memberi banyak nilai: ketakwaan, kemuliaan, dan kesehatan.

Namun, yang menjadi permasalahan di bulan Ramadhan tahun ini tiba di saat dunia sedang mengalami masalah pandemik. Hal itu menjadi tantangan baru bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dengan adanya pandemik seperti saat ini bukan menjadi alasan untuk kita tidak berpuasa, justru ini tantangan yang harus kita jalani sebagai umat muslim.

Selama bulan Ramadhan, banyak kegiatan positif yang dijalankan oleh umat Islam disamping berpuasa, apalagi saat ini kebanyakan umat muslim di Indonesia mengabiskan kesehariannya dengan berada di rumah bersama keluarga. Hal yang bisa dilakukan seperti  contohnya berbuka puasa bersama keluarga, bersedekah, bersholat tarawih dengan keluarga, ber I’tikaf, dan lain sebagainya asalkan semua itu dilakukan hanya di rumah.

1. Menunaikan Ibadah Puasa Dengan Aman Tanpa Mengurangi Esensinya

Sebisa mungkin beribadah puasa dengan melakukan beragam aktifitas keagamandi rumah saja. Ibadah streaming juga bisa dijadikan alternatif agar orang-orang tetap di rumah. Lakukan segala bentuk aktifitas ibadah mulai dari sholat dan juga mengaji di rumah bersama keluarga.

Memberi kepada orang yang lebih membutuhkan juga merupakan perbuatan baik yang dapat memberikan pahala untuk kita. Bila ingin bersedekah namun tidak ingin keluar rumah karena mengikuti aturan jaga jarak yang sedang berlaku, maka kamu bisa melakukannya secara transfer online langsung ke yayasan atau panti asuhan yang telah dipilih sebagai opsi yang kamu pilih untuk bersedekah.

Buka puasa bersama teman-teman, kolega maupun keluarga besar adalah momen yang dinanti-nantikan pada saat Ramadhan. Kini, hal tersebut sirna karena ada pembatasan sosial yang di tetapkan pemerintah. Kini berbuka puasa dengan menikmati hidangan sembari berbincang santai dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pertemuan video seperti zoom atau melalui video call di social media lainnya.

2. Tetap Sehat Selama Berpuasa

Berpuasa itu sangat menyehatkan tubuh, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula dalam tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dengan berpuasa, organ tubuh dapat beristirahat selama beberapa jam dan kondisi ini dimanfaatkan untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel yang rusak.

Puasa juga dapat menurunkan hormon kortisol sehingga orang yang berpuasa akan dapat merasa lebih rileks dan terhindar dari stress. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat bisa membantu menjaga imun tubuh selama berpuasa. Asupan gizi dan nutrisi harus tetap dijaga. Mengkonsumsi suplemen/multivitamin juga bisa jadi solusi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

Untuk tubuh tetap sehat, terkadang kita hanya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman, tanpa memikirkan bahwa udara lebih banyak dikonsumsi. Dalam sehari, kita membutuhkan 10,000 liter udara bersih. Jika tidak diperhatikan kebersihannya, berbagai macam pemicu penyakit bisa masuk ke tubuh melalui udara yang berpolusi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebersihan udara yang kita hirup agar kesehatan juga tetap terjaga.

Alat pembersih udara bisa membantu kamu dan keluarga menjaga udara tetap bersih di dalam rumah. Hasil udara bersih yang tinggi dapat melindungi kamu dan keluarga karena tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit saat berpuasa. Kamu juga bisa memonitor kualitas udara untuk memastikan udara di dalam ruangan terjaga bersih dan bebas dari penyakit.

Untuk tetap menjaga udara di dalam rumah tetap bersih, kamu bisa menggunakan Blueair dari Swedia dengan teknologi HEPASilentnya, atau Roger dan Roger Little dari Stadler Form dengan Dual filternya; keduanya bisa memenuhi kebutuhan udara bersih kamu. Asupan udara bersih juga diperlukan untuk kamu dan keluarga, terlebih segala aktifitas sekarang lebih banyak di lakukan dari dalam rumah.

Jangan sampai wabah virus ini menghambat ibadah puasa di bulan yang penuh berkah. Tetap sehat selama berpuasa.

Di JD.ID kamu bisa penuhi berbagai kebutuhan ramadhan yang di inginkan, mulai dari perlengkapan elektronik rumah tangga, sampai produk kesehatan seperti pembersih udara, alat pelembab udara, dan alat penyerap lembab udara. Di bulan ramadhan ini, JD.ID menyediakan berbagai promo menarik yang bisa kamu manfaatkan dan yang pasti #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here