Berada di kota besar seperti Jakarta memang sangat mencemaskan, pasalnya polusi udara kota ini dikenal buruk untuk kesehatan. Buruknya kualitas udara Jakarta pernah menjadi pembahasan hangat pada tahun lalu. Gara-garanya, data di situs AirVisual yang menempatkan Jakarta di peringkat pertama kualitas udara buruk di dunia.

Pada September, misalnya, menggunakan parameter polutan PM2,5, Jakarta disebut dengan status tidak sehat dengan konsentrasi polutan 114.3 µg/m³. Gubernur DKI Jakarta akhirnya mengeluarkan instruksi khusus untuk pengendalian kualitas udara. Tidak hanya di Jakarta, ruangan kamu pun terancam dengan polusi udara yang buruk dan bisa lebih berbahaya.

Di dalam ruangan terdapat berbagai macam polutan dengan ukurannya yang berbeda-beda. Menurut EPA, polutan dengan ukuran 2,5 mikron tidak bisa disaring oleh saluran pernapasan manusia. Partikel itu menembus paru-paru, dan masuk ke aliran darah. Oleh jantung, polusi udara yang masuk, kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Tidak hanya menjadi penyebab dan parahnya asma, partikel polusi udara juga bisa memicu penyakit lain. Seperti, penyakit jantung, pemicu serangan jantung, irama jantung tidak karuan, hingga kematian secara tidak wajar.

Polutan tidak hanya ditemukan di dalam rumah saja, tapi juga beberapa ruangan lainnya seperti kantor, dan sekolah. Alexandra Thompson, Jurnalis Kesehatan Mail Online di London, melaporkan bahwa ruang kelas memiliki tingkat polusi udara lebih tinggi daripada di luar ruangan. Menurutnya, beberapa sekolah dasar dan tempat penitipan anak, terancam mengandung partikel halus di udara lebih tinggi. Keadaan akan semakin parah, jika lokasi sekolah berada di jalan utama yang sering dilewati oleh kendaraan. Polusi udara masuk, dan terperangkap di dalam.

Blueair Purifiers on Twitter: "Take it from @Cosmopolitan – you ...

Polusi udara berupa partikel-partikel halus, biasanya diproduksi oleh beberapa peralatan yang ada di dalam ruangan. Contohnya toner, yang ada di mesin pencetak kamu, baik itu printer, mesin fotocopy, atau mesin faks. Tinta yang dikeluarkan, tidak seluruhnya melekat di kertas yang kita inginkan. Beberapa partikel kecin berukuran mikron itu, juga beterbangan ke udara menjadi polusi udara.

Selain berupa partikel, polusi udara di dalam ruangan juga bisa berbentuk gas. Salah satunya berasal dari penggunaan zat kimia di dalam ruangan. Polutan itu, dikenal dengan sebutan senyawa organik mudah menguap Volatile Organic Compunds (VOC). Senyawa ini memiliki titik didih yang sangat rendah, material itu menguap ketika terkena suhu ruangan.

Selain itu, ada pula beberapa polutan yang berasal dari spora jamur. Jamur tumbuh karena tingginya kelembaban udara di dalam suatu ruangan. Tingkat polusi udara juga dipengaruhi oleh kelembaban udara yang ada di dalamnya. Jika terlalu lembab, perabotan akan dipenuhi jamur dan menyebabkan polusi udara.

Untuk mengantisipasi dan mengurangi tingginya polusi udara di dalam ruangan dengan mudah, kamu dapat menggunakan air purifier (alat pembersih udara). Dengan meletakan air purifier yang cocok dengan luas ruangan, alat ini dengan sendirinya mengganti polusi udara dengan udara bersih. Cukup menyalakan alat pembersih udara itu, seisi ruangan bisa menikmati udara bersih seketika.

Air purifier yang bagus memproduksi Clean Air Delivery Rate (CADR), Produksi Udara Bersih yang tinggi. Ada standar tersendiri yang harus dipenuhi oleh sebuah alat pembersih udara dalam memproduksi udara bersih. Standar tersebut, ditetapkan oleh Association of Home Appliance Manufacturer (AHAM). Tanpa adanya sertifikat dari AHAM, sebuah alat pembersih udara masih belum dianggap mampu membersihkan udara di dalam ruangan dengan efektif.

Kini kamu tidak usah repot mencari Air purifier yang kamu butuhkan, di JD.ID semua kebutuhan di rumah akan dengan sangat mudah kamu dapatkan. Air purfier memang menjadi cara terbaik untuk kamu membersihkan udara di ruangan, apalagi jika kamu memiliki anak-anak. Karena udara ruangan yang kotor dapat membuat anak-anak lebih mudah terjangkit penyakit dan bakteri.

Salah satu air purifier yang di rekomendasi adalah, Blue New 221 dari Blueair. Air purifier ini memiliki performa yang luar biasa, berkemampuan menghasilkan udara bersih (CADR) sangat tinggi, yaitu 590m3/h untuk luas ruangan 50m2 dengan perputaran udara sebanyak 5 kali dalam 1 jam.

Menggunakan filtrasi partikel dan elektrostatik yang canggih, Blue New 221 dari Blueair mampu menyaring polutan seperti debu, bulu hewan, spora jamur, asap rokok, virus dan bakteri. Dilengkapi dengan karbon aktif, Blue New 221 bahkan mampu menyerap bau, gas dan Volatile Organic Compunds (VOC).

Di JD.ID kamu bisa penuhi berbagai kebutuhan ramadhan yang di inginkan, mulai dari perlengkapa olahraga, perlengkapan elektronik rumah tangga, bahan makanan fresh seperti sayur, daging, buah, hingga telur pun dapat kamu beli di JD.ID. Berbagai multivitamin dan produk kesehatan pun dapat kamu cari dengan mudah di JD.ID. Selama bulan ramadhan ini, JD.ID menyediakan berbagai promo menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Kamu hanya cukup mencari apa kebutuhan kamu selama berpuasa di apps JD.ID atau laman JD.ID, karena JD.ID memahami betul segala kebutuhan kamu, berbelanja sekarang juga semua tersedia lengkap hanya di JD.ID

5 COMMENTS

  1. Saya dirumah sudah pakai BLUEAIR yang Blue 221. Karena saya punya alergi sama debu, Saya coba pakai BLUEAIR ternyata benar alergi saya berkurang dan tidak kambuh lagi. Thanks JD.ID

  2. Untuk mencegah polusi udara di rumah, selain memakai Air Purifier BLUE 211, saya juga memakai Dehumidifier ALBERT. Karena, udara di ruangan saya lumayan lembab dan tingkat polusi udara juga bisa dipengaruhi oleh kelembaban udara. Jika terlalu lembab, perabotan akan dipenuhi jamur dan menyebabkan polusi udara. Oleh sebab itu, saya membeli Air purifier BLUE 221 menyaring polutan di ruangan dan Dehumidifier ALBERT untuk mengurangi kelembapan. Saya kemarin beli BLUE 221 dan ALBERT di JD.ID.

  3. betul sekali solusi untuk mengantisipasi dan mengurangi tingginya polusi udara di dalam ruangan, dapat menggunakan Air Purifier, Kebetulan saya juga pakai Air Purifier merk BLUEAIR dirumah, setelah saya pakai air purifier dirumah alergi debu saya jarang kambuh

  4. Memang Benar di dalam ruangan, polusi udara bisa dibilang lebih tinggi, sehingga tidak kalah berbahaya dengan polusi yang ada di luar,Tapi beruntung saya dan keluarga sudah menggunakan Air Purifier BLUEAIR seri Pro L, hasilnya sangat baik dan memuaskan.

  5. Untung saya dirumah sudah pakai pembersih udara ,karna saya tau tinggal di Jakarta ini tidak lepas dari yang namanya polusi udara, maka dari itu saya waktu itu beli pembersih udara blueair tipe blue 221 di JD.ID, setidaknya saya tetap bisa merasakan udara bersih ketika di dalam rumah karna dengar dengar, udara di dalam ruangan lebih berbahaya dibandingkan di luar ruangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here