10 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Rasulullah Agar Saleh

0
880
10 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Rasulullah Agar Saleh- JD.ID
Source: Nu Online

Bagi orang tua yang baru memiliki anak kadang-kadang menjadi kesulitan tersendiri dalam hal mendidik buah hati. Padahal kamu tidak harus bingung, karena seorang muslim memiliki role model yang baik tentang bagaimana cara mendidik anak menurut Rasulullah atau menurut Islam.

Dengan berpedoman pada cara Rasulullah, ini bisa membentuknya menjadi pribadi yang baik yang bisa berbakti kepada orang tua dan bermanfaat bagi orang lain. Agar kamu bisa mulai mempraktikkannya kita langsung saja bahas satu persatu.

Baca juga: Ibu Harus Tahu! Ini Dia Cara Rawat Bayi Baru Lahir

Cara Mendidik Anak Berpedoman Pada Rasulullah

Cara Mendidik Anak Berpedoman Pada Rasululloh- JD.ID
Source: Dream.co.id

Orang tua bisa mulai melakukan prinsip-prinsip mendidik anak sesuai Rasulullah mulai dari anak dibuaian hingga mereka lahir di dunia. Perlu orang tua sadari bahwa rumah merupakan tempat pendidikan terbaik bagi anak-anak dalam membentuk karakternya, bukan di sekolah atau di pesantren.

Orang tua bisa meniru cara Rasulullah dalam membesarkan anak melalui upaya-upaya berikut ini.

1. Rutin mendengarkan Al-Quran saat di kandungan

Sedari kecil Bunda  bisa mengenalkan Islam sejak dalam kandungan. Ayat-ayat Al-Quran memiliki banyak manfaat di antaranya: Membantu menstimulus sel otak bayi, mencerdaskan bayi hingga memberikan ketenangan pada bayi lewat lantunan yang dibacakan atau diperdengarkan.

Apalagi di Ramadan ini menjadi momen yang pas untuk mendengarkan Al-Quran sambil mencari pahala.

2. Mengajarkan tauhid kepada anak

Tauhid merupakan ajaran menanamkan kepercayaan kepada Allah SWT. Ini biasanya sudah dilakukan ketika Si Kecil lahir ke dunia dengan dibisikkan azan dan iqomah di kedua telinganya.

Dengan memperdengarkan ini kepada anak, orang tua sedari kecil menanamkan nilai-nilai ke Islaman lewat bacaan azan dan iqomah. Di mana ini juga telah dicontohkan oleh Rasulullah ketika Fatimah lahir ke dunia.

3. Mengajarkan anak salat sejak kecil

Mengajarkan anak salat menjadi salah satu cara mendidik anak secara Islam. Sebagaimana salat merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim.

Bunda bisa mengajarkan anak salat melalui dari gerakan salat, bacaan-bacaan salat hingga surat pendek seperti Al- Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan sebagainya. Jadi, saat menginjak akil baligh anak sudah bisa melakukan salat dengan benar.

4. Bersedekah

Ada sebuah hadist yang mengatakan bila,“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”. Hadis ini mengartikan bahwa memberi lebih baik daripada menerima.

Dari sana terlihat bahwa kebiasaan bersedekah sangat baik untuk dilakukan. Apalagi di bulan puasa ini menjadi amalan Ramadan yang baik untuk dilakukan.

Bunda bisa memberikan teladan bersedekah pada anak dengan mencontohkannya langsung memberi kepada fakir miskin, anak yatim atau mengajarkan sifat empati dan kasih sayang kepada sesama manusia.

5. Menceritakan kisah teladan nabi

Saat anak menginjak usia balita, mereka banyak belajar dan menyerap banyak hal di lingkungannya. Salah satu kebiasaan baik untuk membangun karakter anak bisa diperkenalkan melalui dongeng-dongeng teladan nabi.

Utarakan hikmah di balik kisah nabi agar Si Kecil bisa belajar tentang kesabaran, keimanan, kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Baca juga: Bolehkan Ibu Hamil Puasa dan Bagaimana Keadaan Janinnya?

6. Mengajarkan anak berpuasa

Cara mendidik anak seperti ajaran Rasulullah lainnya bisa dilakukan dengan cara mengajarkan anak untuk berpuasa.

Meskipun pada awalnya mungkin sulit untuk dilakukan, kendati begitu Bunda bisa mengajarkan puasa sedikit-sedikit dengan metode setengah hari berpuasa hingga Dzuhur lalu jika anak mampu, maka motivasi Buah Hati untuk melakukan full hingga Maghrib.

7. Memberikan kasih sayang dan nasihat yang baik

Bila Bunda melihat Si Kecil nakal, jangan langsung dimarahi atau di bentak ya. Melainkan berikan nasihat yang baik dengan cara kasih sayang. Dengan cara ini akan membuat anak lebih terbuka, percaya diri, dan lebih dekat dengan orang tua.

8. Cara mendidik anak dengan memberi contoh yang baik

Anak adalah peniru yang ulung karena itu sangat penting bagi orang tua memberikan contoh yang baik berupa keteladanan pada anak. Tanpa itu, akan sulit mendapatkan ketaatan yang mutlak dari anak.

Al-Quran menyatakan bila setiap perbuatan Rasul merupakan suri tauladan yang baik seperti bersifat jujur, dapat dipercaya, menyampaikan yang baik serta cerdas. Bunda bisa menerapkan ini dalam kehidupan sehari-hari.

9. Memberlakukan taghrib dan tarhib

Apa itu taghrib dan tarhib? Singkatnya ini merupakan istilah untuk menggambarkan reward dan punishment yang diberikan orang tua untuk Si Kecil. Perilaku ini juga dicontohkan oleh Rasulullah sebagaimana dalam salah satu hadisnya berikut ini.

Pada suatu ketika Nabi membariskan Abdullah, Ubaidillah, dan anak-anak paman beliau, Al-Abbas. Kemudian, beliau berkata : “Barang siapa yang terlebih dahulu sampai kepadaku, dia akan mendapatkan ini dan itu.” Lalu mereka berlomba-lomba untuk sampai kepada beliau. Kemudian mereka merebahkan diri di atas punggung dan dada beliau. Kemudian, beliau menciumi dan menempati janji kepadanya”. (HR. Ahmad)

10. Berbicara yang baik

Terakhir yang tidak kalah penting dalam cara mendidik anak adalah mengajarkan Si Kecil untuk berbicara yang baik.

Dengan bahasa yang sopan dan tutur kata yang santun kepada orang tua dan orang lain. Hindari menggunakan kata-kata yang kasar dan umpatan di hadapan Si Kecil karena bisa ditiru olehnya.

Itulah 10 cara mendidik anak yang bisa Bunda lakukan di rumah agar membuat mereka menjadi pribadi yang saleh. Apalagi di momen Ramadan ini sangat pas untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada Si Kecil melalui ibadah salat, puasa, bersedekah, membaca al-quran hingga meneladani kisah-kisah nabi.Promo susu formula- jd.id

Selain mendidiknya Si Kecil, orang tua juga memiliki kewajiban memberikan makanan dan pakaian yang terbaik bagi anaknya agar bisa tumbuh sehat. Dapatkan berbagai produk Ibu & anak yang Bunda perlukan dengan membeli produknya di JD.ID.

Tersedia beragam produk seperti vitamin & suplemen anak, popok bayi, kotak makan, kereta bayi, susu bayi, pakaian anak dan sebagainya. Dengan membeli di JD.ID kamu bisa mendapatkan harga terbaik melalui tawaran diskon, promo hingga cashback yang diberikan.

Apalagi produk yang dijual di JD.ID juga memiliki kualitas terbaik dan #DijaminOri. Yuk tunggu apalagi? Belanja di JD.ID sekarang!