5 Mainan Edukasi Anak Usia 0 Sampai Balita yang Wajib Dibeli!

0
325
mainan edukasi anak
Foto: Freepik

Tumbuh kembang anak menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh para orangtua, salah satunya dengan memberikan mainan edukasi anak. Pasalnya, berbagai jenis mainan anak diketahui mampu melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil.

Seperti dikutip dari Kids Health, bermain merupakan proses belajar paling penting dalam kehidupan awal anak, dimulai sejak baru lahir hingga balita. Dengan memberikan mainan yang tepat, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih cerdas dan percaya diri.

Tak hanya dapat membuat si kecil senang, mainan juga memiliki segudang manfaat yang dapat mendukung tumbuh kembangnya, seperti melatih imajinasi, membuat si kecil lebih fokus belajar, meningkatkan keterampilan bahasa anak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sederet Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif, Yuk Intip!

Mainan Edukasi Anak Usia 0 Sampai Balita

Mainan Edukasi Anak Usia 0 Sampai Balita
Foto: Freepik

Untuk mendapatkan mainan yang terbaik, setiap orangtua dapat memilihnya dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti usia anak, kualitas, keamanan dan juga manfaatnya.

Lalu, apa saja jenis mainan yang edukatif dan aman untuk si kecil? Berikut lima rekomendasi mainan edukasi anak usia 0 hingga balita yang bisa jadi pilihan terbaik.

1. Matching Shapes Fruit

Matching Shapes Fruit 1Matching Shapes FruitBeli

Mainan edukasi anak pertama yang wajib dimiliki oleh si kecil yaitu Matching Shapes Fruit. Memiliki desain yang fun dan playful, mainan ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam memecahkan teka-teki dengan cara yang menyenangkan.

Dalam satu box Matching Shapes Fruit, terdapat 24 set puzzle yang terbuat dari karton tebal dicetak laminasi sehingga aman digunakan oleh si kecil. Bentuknya yang ringkas dengan bobot ringan membuat mainan ini mudah dibawa kemana-mana.

2. Mainan Kayu Huruf dan Angka

Mainan Kayu Anak Edukasi Paket 4 Puzzle Huruf Besar Kecil Hijaiyah Angka Nomer 1-20 Abjad Arab 1Mainan Kayu Anak Edukasi Paket 4 Puzzle Huruf Besar Kecil Hijaiyah Angka Nomer 1-20 Abjad ArabBeli

Memperkenalkan huruf dan angka kepada si kecil memang sudah harus dilakukan sejak dini. Untuk itu, para orangtua dapat memberikan mainan kayu sebagai pilihan teman bermain dan belajar anak.

Seperti pada Mainan Kayu Anak Edukasi Paket 4 Puzzle Huruf Besar Kecil Hijaiyah Angka Nomer 1-20 Abjad Arab di atas, si kecil dapat belajar mengenali huruf besar, huruf kecil, angka serta huruf hijaiyah.

Selain lengkap, mainan ini juga sudah SNI dan terbuat dari kayu berkualitas sehingga aman untuk anak-anak. Tak hanya itu, mainan kayu tersebut juga memiliki warna yang cerah sehingga dapat menarik perhatian si kecil.

3. Mainan Edukasi Anak, Rattle Bayi

Playgro Explor-a Ball Mainan Rattle Bayi 1Playgro Explor-a Ball Mainan Rattle BayiBeli

Rattle bayi merupakan jenis mainan yang dapat mengeluarkan suara gemerincing. Sesuai dengan namanya, mainan ini dapat diberikan untuk bayi newborn hingga usia satu tahun.

Mainan terbukti dapat melatih indra bayi, baik penglihatan, pendengaran, peraba maupun pengecap. Tak hanya itu, rattle bayi juga bisa dijadikan sebagai alat stimulasi milestone bayi, mulai dari tummy time hingga merangkak.

Kamu dapat memilih mainan rattle bayi keluaran Playgro, yaitu The Explor-a untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus si kecil.

Soalnya, Playgro Explor-a Ball dapat membantu meningkatkan kemampuan kasar anak dengan mengocok dan menggenggam bola. Selain itu, pita suara dan manik-manik yang terdapat pada Playgro Explor-a Ball juga bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik halus anak.

Baca Juga: Dear New Mom, Ini Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki!

4. Teether Bayi

Mombella Dancing Elephant Silicone Teether Mainan Gigitan Bayi Yellow 1Mombella Dancing Elephant Silicone Teether Mainan Gigitan Bayi YellowBeli

Teether atau mainan gigitan bayi menjadi salah satu produk yang wajib dimiliki oleh si kecil. Penggunaan teether disarankan saat bayi sudah memasuki usia tiga hingga tujuh bulan.

Memiliki desain khusus agar mudah digigit oleh bayi, teether berguna untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi sekaligus dapat melatih keterampilan motorik halusnya.

Agar aman digunakan oleh sang buah hati, pastikan kamu memilih teether yang mudah dipegang bayi serta terbuat dari bahan yang bebas BPA dan menggunakan 100 persen bahan food grade silikon, salah satunya yaitu produk dari Mombella Dancing Elephant Silicone Teether.

Soalnya, mainan tersebut sudah melewati proses produksi FDA serta telah memiliki sertifikasi EN71 Uni Eropa. Bukan hanya itu, Mombella Dancing Elephant Silicone Teether juga tidak mengandung bahan plastik, logam, dan zat berbahaya lainnya sehingga sangat aman untuk digunakan.

5. Smartwatch Mainan Bayi

Fisher Price Laugh & Learn Time to Learn Smartwatch Mainan Bayi 1Fisher Price Laugh & Learn Time to Learn Smartwatch Mainan BayiBeli

Smartwatch mainan bayi juga bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar si kecil. Dengan menggunakan mainan smartwatch, kamu dapat melatih anak untuk berhitung, mendengar hingga berbicara.

Oleh karena itu, kamu dapat membeli Fisher Price Laugh & Learn Time to Learn Smartwatch Mainan Bayi untuk diberikan kepada sang buah hati.

Pasalnya, produk tersebut memiliki desain yang sama dengan jam tangan pintar pada umumnya, seperti terdapat layar yang menyala, tali yang mudah digenggam, dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Nah, itu dia lima mainan edukasi anak yang wajib kamu miliki untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Untuk memiliki seluruh produk tersebut, kamu bisa membelinya secara online melalui website maupun aplikasi JD.ID.

Tak perlu khawatir soal kualitas karena semua barang yang dijual sudah pasti #DijaminORI. Bahkan, kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik seperti diskon potongan harga, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia hingga cicilan 0%. Sebelum kehabisan, yuk belanja sekarang juga hanya di JD.ID.