Anak Demam Tinggi? Jangan Panik Ketahui Tipsnya Berikut Ini

0
2385

Saat anak demam tinggi, reaksi pertama orangtua adalah merasa khawatir dan panik. Namun, demam pada anak sebenarnya wajar terjadi. Demam justru baik, karena sistem imun si kecil berarti berfungsi dengan benar untuk melawan peradangan dalam tubuh.

Bila tubuh anak tidak menunjukkan gejala lain yang mengkhawatirkan (misalnya, sakit ketika buang air kecil, bintik-bintik yang tidak hilang ketika kulit diregangkan, sulit bernapas, menangis berlebihan tanpa air mata), Sahabat JD.ID tidak perlu buru-buru ke dokter.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa Ibu lakukan untuk menurunkan demam pada anak:

1. Kompres Dengan Air Hangat

Mengkompres dahi dengan kain yang sudah direndam air hangat adalah cara klasik yang terbukti ampuh menurunkan suhu tubuh. Pastikan buah hati beristirahat dalam posisi nyaman (duduk atau berbaring), lalu tempelkan washlap hangat ke dahinya.

Basahi ulang kompres setiap 10 menit sekali. Selain dahi, Ibu juga boleh menempelkan kain di leher maupun dada anak. Mencampurkan minyak lavender atau essential oil wangi lain ke dalam air yang digunakan untuk mengkompres juga dapat dilakukan supaya anak merasa lebih nyaman.

2. Beri Makan Sup Ayam

Sup ayam, terutama yang penuh dengan tulang rawan, adalah salah satu menu terbaik untuk melawan demam.

Kandungan yang ada dalam tulang rawan ayam dapat membantu sel darah putih bekerja lebih baik memerangi mikroba dan elemen-elemen asing yang berusaha melemahkan daya tahan tubuh.

Selain itu, sup ayam juga dapat menyuplai kalsium yang hilang dari tubuh anak saat ia demam.

3. Manfaatkan Cuka Apel

Teteskan cuka apel (apple cider vinegar) pada kain yang digunakan untuk mengompres dahi, leher, atau perut anak untuk menurunkan demam.

Ibu juga bisa merendam kaki anak dengan air hangat yang telah dicampur beberapa tetes cuka apel.

Cara lain adalah dengan mencampur cuka apel ke dalam minuman. Satu hal yang harus diwaspadai dari penggunaan cuka apel adalah baunya yang cukup menyengat, jadi pastikan buah hati tidak sampai merasa terganggu karena baunya, ya.

4. Istirahat Cukup

Jangan biarkan si kecil melakukan banyak aktivitas saat demam, karena hal ini akan membuat peradangan dalam tubuhnya sulit dikendalikan. Pastikan ia istirahat dengan cukup dan tidur yang banyak di ruangan yang suhunya terjaga, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

5. Pijat dengan Peppermint Oil

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam pada anak adalah memijat badannya dengan minyak peppermint. Minyak peppermint yang dibalurkan pada tubuh si Kecil dapat membantu meredakan demam dan melancarkan hidung yang tersumbat.

Apabila Ibu kesulitan menemukan minyak ini, Ibu juga bisa campurkan minyak kelapa/minyak kayu putih dengan beberapa iris bawang merah dan jeruk nipis. Hati-hati, jangan sampai kena mata, ya.

Itulah beberapa hal yang bisa Sahabat JD.ID terapkan untuk menurunkan demam anak tanpa menggunakan obat-obatan.

Bila setelah 3 hari suhu tubuh anak tidak kunjung turun, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Namun, bila sejak awal si Kecil sudah menunjukkan tanda-tanda tak wajar, jangan tunggu lama untuk segera memeriksakannya! Orangtua yang waspada adalah kunci agar anak sehat senantiasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here