Berolahraga Untuk Recovery Setelah Operasi Caesar, Lakukan Gerakan Berikut

0
98

Setelah melahirkan melalui proses c-section atau operasi caesar, sahabat JD.ID tentu harus bersabar jika ingin kembali berolahraga. Pasalnya, masa pemulihan kamu akan lebih lama jika dibandingkan dengan persalinan normal.

Kamu perlu waktu setidaknya 6 minggu untuk beristirahat pasca operasi caesar. Barulah setelahnya,kamu bisa memulai aktivitas olahraga secara bertahap. Beberapa gerakan ringan ini aman untuk kamu lakukan, lho. Apa saja? Yuk, disimak, berikut ini !

Senam Kegel

Kamu pasti sudah familiar dengan istilah senam kegel, bukan? Ya, senam kegel merupakan gerakan yang efektif untuk mengaktifkan dan mengencangkan area panggul, meliputi otot bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Gerakan ini cocok untuk kamu yang baru saja melakukan operasi caesar. Kamu bisa duduk di tepi kursi dengan kaki yang menapak pada lantai. Lalu, mulai kencangkan otot dasar panggul, seperti saat kamu sedang menahan buang air kecil.

Tahan sekuatnya saja, ya, mulai dari 5 detik, ditambah jadi 10 detik, dan seterusnya, sambil Moms mengambil napas yang dalam.

Wall Sit

Wall sit berbeda dengan gerakan dasar squat kamu, karena hanya bersandar pada dinding dan tidak bergerak selama waktu tertentu. Caranya adalah dengan menyandarkan punggung pada dinding, kemudian tekuk lutut secara perlahan. Pastikan agar lutut dan paha membentuk sudut siku-siku, ya.

Tahan posisi ini selama 1 menit sambil mengatur napas. Gerakan ini tidak hanya berguna untuk melatih otot-otot tubuh, gerakan ini aman untuk dilakukan pasca operasi caesar, serta dapat membantu pemulihan jaringan di sekitar jahitan.

Pelvic Tilt

Gerakan pelvic tilt boleh dilakukan oleh kamu yang melahirkan secara normal ataupun melalui operasi caesar. Namun, beri waktu setidaknya 10 minggu setelah c-section, ya. Untuk gerakan ini, kamu hanya perlu berbaring telentang dengan kedua kaki ditekuk.

Kemudian, beri bantal untuk menopang pinggul dan bantal di antara lutut. Tahan dan lepaskan otot vagina, seperti saat kamu melakukan senam kegel. Ulangi gerakan pelvic tilt ini secara rutin untuk mengembalikan stamina serta mengencangkan otot perut.

Heel Slides

Gerakan berikutnya yang disarankan untuk kamu setelah operasi caesar yaitu heel slides. Manfaat dari gerakan ini adalah untuk memperkuat bagian bawah panggul, serta mengencangkan otot perut dan bokong. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu berbaring dengan posisi telentang dan kedua lutut yang ditekuk.

Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan sembari mendorong tumit menjauh dari tubuh. Kembali ke posisi semula, lakukan hal yang sama untuk kedua kaki secara bergantian. Perhatikan posisi panggul juga, ya, pastikan panggul tidak bergerak saat kamu melakukan gerakan heel slides ini.

Meski sudah boleh kembali berolahraga, ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Konsultasikan juga dengan dokter, terkait kondisi fisik serta gerakan yang sebaiknya dihindari pasca c-section.

Itulah adalah beberapa tips yang bisa sahabat JD.ID lakukan untuk membiasakan tubuh setelah operasi kelahiran caesar. Tips lainnya bisa di baca pada laman JD News, dan untuk segala kebutuhan ibu dan bayi bisa kunjungi laman JD.ID untuk mendapatkan promo menarik di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here