Cara Mengatasi Batuk Pada Anak dan Rekomendasi Obatnya

0
4403
Cara Mengatasi Batuk Pada Anak
Source: babycentre

Banyak cara mengatasi batuk pada anak, terutama saat musim hujan melanda. Memang pusing sih Moms, apalagi jika si kecil sudah mulai menimbulkan gejala flu, batuk, demam, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Memang cuaca tidak dapat kita prediksi, terkadang panas lalu tiba-tiba hujan. Di musim pancaroba seperti inilah anak akan sangat rentan terhadap penyakit karena virus dan bakteri lebih cepat berkembang biak.

Biasanya salah satu penyebab sistem imun anak menurun yakni karena Rhinovirus yaitu virus yang menyerang si kecil dan membuatnya sakit. Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui jenis hingga cara mengatasi batuk pada anak.

Jenis dan Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Jenis dan Cara Mengatasi Batuk Pada Anak
Source: Freepik

Terdapat berbagai jenis batuk yang dapat berisiko menyerang si kecil. Agar Moms tidak salah memberikan penanganan, alangkah baiknya kamu mengetahui berbagai jenis batuk pada anak.

Pasalnya dengan memberikan pengobatan yang tepat bisa mencegah batuk semakin parah dan berkepanjangan. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui berbagai macam penyakit batuk anak agar dapat diatasi secara akurat.

Jenis Batuk Si Kecil

Dua jenis batuk yang sangat sering menyerang anak tak lain dari batuk kering dan batuk berdahak. Tapi tahu gak sih Moms, kalau batuk ini sebernarnya merupakan gejala yang memberi sinyal secara alami bahwa adanya sesuatu hal yang tidak beres memasuki tubuh si kecil.

1. Batuk Kering disertai Flu

Ini dia batuk yang paling sering menyerang sang buah hati. Biasanya batuk kering muncul berbarengan dengan  flu. Meski tidak mengeluarkan lendir, namun batuk ini sangat menyiksa lho!

Menurut penelitian, batuk kering sering disebabkan karena infeksi, salah satunya adalah radang tenggorokan. Infeksi tersebut disebabkan karena virus dan bakteri. Beberapa di antaranya adalah virus gondongan (mumps), virus Epstein-Barr (mononucleosis), virus parainfluenza, virus herpangina, serta  bakteri Streptococcus.

Batuk akibat radang tenggorokan yang sering dijumpai saat musim pancaroba inilah yang wajib di waspadai. Biasanya batuk ini bisa sangat berkepanjangan apabila tidak ditangani dengan segera dan tepat. Radang tenggorokan sangat mudah terlular melewati udara.

Untuk ciri-ciri anak yang terinfeksi radang tenggorokan yakni terasa nyeri saat menelan, suara serak, dan rasa gatal di tenggorokan yang dapat menimbulkan batuk tak berkesudahan.

2. Batuk Berdahak 

Sama halnya dengan penyebab batuk kering, jenis batuk ini juga disebabkan oleh virus atau bakteri yang membuat saluran pernapasan terinfeksi, sehingga tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir untuk menangkap organisme atau patogen.

Ciri dari batuk berdahak ini yakni adanya lendir yang keluar saat batuk. Saat seperti ini, usahakan para ibu untuk memastikan si kecil selalu membuang dahaknya bukan menelannya.

Maka dari itu, apabila si kecil semakin banyak mengeluarkan lendir atau dahak, dapat disimpulkan sakit batuk berdahak anak menandakan sudah semakin parah.

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Setelah mengetahui jenis dan penyebab timbulnya batuk pada anak, Moms dapat membantu meredakan sakit flu, demam, dan kawan-kawannya dengan menyimak artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Batuk Kering dan Berdahak

  • Cukupi cairan tubuh yang diperlukan
  • Perbanyak konsumsi buah, terutama yang mengandung Vitamin C
  • Nyalakan humidifier dan mandi air hangat
  • Hindari mengonsumsi makanan yang berminyak, es, dan MSG terlalu banyak
  • Memberikan minuman air madu
  • Istirahat yang cukup
  • Konsumsi Vitamin Tambahan
  • Berusaha agar si kecil selalu mengeluarkan lendirnya
  • Pastikan anak selalu nyaman agar tubuh kembali fit
  • Memberikan obat batuk yang tepat

Obat Flu dan Batuk Anak

Selain dengan melakukan beberapa cara di atas, Moms juga dapat memberikan obat flu dan batuk anak. Berikut rekomendasinya:

Sirup Batuk Pilek Anak

Sirup Batuk Pilek Anak Hufagripp

Untuk meredakan flu dan batuk pada si kecil, Moms dapat memberikan obat Hufagripp Flu & Batuk Sirup karena mengandung pseudoephedrine HCl dan chlorphenamine maleate.

Diketahui dua kandungan tersebut berfungsi untuk mengatasi hidung tersumbat serta meredakan pilek, batuk berdahak dan demam tinggi. Tak hanya itu, sirup batuk pilek anak juga diperkaya dengan rasa tutty fruity yang manis dan pasti disukai anak.

Obat Batuk Herbal untuk Anak

Obat Batuk Herbal untuk Anak OBH Combi Anak

Kandungan bahan aktif ekstrak succus liquiritiae pada OBH Combi Anak diketahui dapat mengobati batuk berdahak. Penggunaannya harus diberikan setelah makan dengan takaran sesuai dengan usia si kecil.

Menjadi salah satu rekomendasi obat batuk herbal untuk anak, OBH Combi Anak juga mengandung paracetamol untuk menurunkan demam dan nyeri, ammonium chloride guna mengencerkan dahak, serta pseudoephedrine HCl yang diklaim dapat meredakan hidung tersumbat.

Aturan minum yang dianjurkan untuk usia 2-5 tahun: 3 kali sehari 1 sendok teh. Dan anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok teh. Terdapat beberapa varian rasa yang disukai anak yakni madu, strawberry, jeruk, dan apel.

Obat Demam Batuk Pilek Anak

Obat Demam Batuk Pilek Anak Sanmol Sirup

Untuk demam sendiri Mommy bisa memberikan paracetamol yang dapat menurunkan panas si kecil, salah satunya adalah Sanmol Sirup. Soalnya, obat tersebut juga mampu membantu mengurangi nyeri karena flu yang diderita oleh si kecil.

Selain itu, Sanmol Sirup bekerja dengan menurunkan suhu tubuh di hipotalamus dan menghambat sintesis prostaglandin yang membuat rasa nyeri dapat berkurang. Akan tetapi, Moms harus mengikuti aturan pakai atau resep dari dokter agar pemberian obat sesuai dengan kebutuhan anak.

Itu dia penjelasan mengenai jenis dan cara mengatasi batuk pada anak sekaligus mengenai rekomendasi obatnya. Apabila Mommy ingin mendapatkan obat tersebut dengan jaminan original dan harga yang bersahabat bisa langsung saja kunjungi JD.ID.

Selain ada banyak promo diskon untuk segala produk ibu, bayi, dan anak, JD.ID juga memberikan layanan pengiriman yang cepat, aman, dan gratis ke seluruh Indonesia plus metode pembayaran yang mudah. Tunggu apalagi? Yuk, pulihkan batuk dan flu si kecil segera!