Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Tanpa Membahayakan Janin!

0
255
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Tanpa Membahayakan Janin!
Source: Suara.com

Cara mengatasi mual saat hamil tentunya butuh perjuangan. Hal ini karena keluhan tersebut sedikit sulit untuk dihilangkan, terutama bagi Ibu hamil (Bumil) yang baru pertama kali mengandung. Ini bisa mengakibatkan nafsu makan berkurang, tidak bersemangat, sakit kepala dan lesu.

Tentunya kondisi ini akan menggangu aktivitas Bumil. Supaya keadaan ini tidak berangsur-angsur membebanimu, Bumil bisa mengendalikan mual lewat beberapa cara di bawah ini. Dengan begitu, bisa membantumu memperbaiki keadaan menjadi lebih baik.

Baca juga: Apa Itu Baby Blues dan Bagaimana Mengatasinya?

Mengetahui Penyebab Mual Pada Ibu Hamil

Mengetahui Penyebab Mual Pada Ibu Hamil- JD.ID
Source: Klikdokter

Rasa mual saat hamil tentunya tidak datang begitu saja. Umumnya ini terjadi pada pagi hari yang sering kita kenal sebagai morning sickness. Walaupun begitu, perasaan mual hingga muntah ini muncul karena berkaitan dengan faktor pemicu atau penyebabnya.

Nah, melansir dari situs kesehatan Mayoclinic.com, disebutkan bila penyebab mual pada ibu hamil karena adanya perubahan hormon yang diproduksi oleh plasenta sesaat setelah sel telur dibuahi. Hormon ini dinamakan Human Chorionic Gonadotropin (HCG) di mana bila semakin tinggi hormon HCG-nya maka rasa mualnya juga semakin parah.

Kendati begitu, ada juga hal lain yang menyebabkan kondisi ini terjadi, di antaranya:

  • Kelelahan
  • Faktor genetik
  • Kekurangan vitamin B6

Salah seorang Ibu Rumah Tangga bernama Eka Ratnasari sempat menceritakan pengalamannya selama hamil kepada JD News. Dirinya pun bilang bila penyebab mual karena hamil bisa terjadi karena stress, melihat makanan tertentu, dan mencium aroma yang tidak sedap.

“Iya sampai ada juga yang mual karena mencium bau keringat suami sendiri,”ucap Eka kepada tim JD News.

Eka menambahkan bila kondisi ini terjadi saat usia kandungannya menginjak sekitar 3-4 bulan, disertai dengan berbagai keluhan yang terjadi seperti muntah, sakit kepala dan tidak enak badan layaknya masuk angin.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil- JD.ID
Source: TheAsianparent

Tentunya kondisi ini tidak terus terjadi hingga bayi lahir. Melainkan berangsur-angsur berkurang hingga usia kandungan lebih dari 12 Minggu. Akan tetapi, pada momen tersebut biasanya Eka melakukan berbagai upaya untuk mengurangi rasa mual.

“Biasanya kalau saya ngilangin mual itu dengan makan makanan yang pedas, asam dan dingin. Engga cuma itu, saya juga biasanya minum susu ibu hamil,” tuturnya.

Menyoal tentang makanan pedas dan asam, mungkin dari Sahabat JD familiar dengan kata ngidam, di mana biasanya Bumil sangat tertarik pada makanan pedas dan asam seperti rujak buah atau mangga muda.

Hal ini saling berhubungan karena kandungan di dalam mangga muda berupa vitamin B6 yang bagus untuk Bumil membantu menekan rasa mual di samping rasanya yang menyegarkan.

Baca juga: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Ada Apa Aja Sih?

Eka menambahkan bila makanan dingin juga cukup ampuh untuk meredakan mual. Bumil bisa memilih camilan segar seperti es krim, yoghurt hingga buah potong untuk dinikmati.

Tidak hanya itu, Bumil juga bisa melakukan upaya lain dalam cara mengatasi mual saat hamil, yakni:

  • Dengan menghindari makanan yang terlalu berlemak dan memiliki bau yang kurang sedap.
  • Memastikan diri mendapatkan istirahat yang cukup dan terhindar dari stress.
  • Makan sedikit namun sering.
  • Perbanyak cairan tubuh, bila perlu rutin meminum minuman hangat seperti jahe atau teh chamomile.

Hal lain yang sederhana untuk dilakukan juga berupa memperhatikan ventilasi udara di rumah atau ruangan kerja agar Bumil merasa lebih segar. Dengan beberapa upaya di atas, kini diharapkan Bumil bisa mengurangi rasa mual yang terjadi.

Sehingga bisa lebih sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas kembali. Namun, yang terpenting pastikan bila kamu tidak terlalu cape dan tetap happy ya!

Adapun, bila Bumil cukup kerepotan menyiapkan keperluan rumah tangga karena hamil, Bumil bisa mempercayakan pada JD.ID. JD.ID menjual berbagai kebutuhan rumah tangga mulai dari sembako minyak, beras, sabun hingga nutrisi ibu hamil bahkan pakaian untuk ibu hamil yang bisa dipilih.

Dengan berbelanja kebutuhan rumah tangga sekaligus kebutuhan Bumil, ini jadi lebih praktis karena proses pembayaran yang mudah, pengiriman yang aman serta harga yang lebih terjangkau. Yuk belanja di JD.ID sekarang dan nikmati berbagai pengalaman menarik dalam berbelanja!