Cara Menyusui Bayi yang Benar Agar ASI Lebih Optimal

0
580
Cara Menyusui Bayi yang Benar Agar ASI Lebih Optimal- JD.ID
Source: Johnsonbaby.co.id

Tidak banyak yang tahu bahwa untuk mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) yang optimal, ibu harus mengetahui teknik tentang bagaimana cara menyusui bayi yang benar. Dengan memperhatikan peletakan putting yang tepat pada bayi, ini bisa membuat ASI mengalir lebih deras.

Mungkin dari Sahabat JD khususnya ibu muda menganggap ini mudah. Nyatanya menyusui bayi tidak sesimple yang dibayangkan. Bahkan jika tidak benar maka Si Kecil biasanya akan rewel dan menangis dengan kencang.

Jika Bunda penasaran bagaimana cara tepat memberi ASI, Bunda bisa menengok beberapa ulasan berikut ini yang diharapkan bisa membantu Bunda dalam memberikan ASI yang optimal!

Baca juga: Susu Formula Tahan Berapa Jam dan Aturan Minumnya

Persiapan Sebelum Memberikan ASI Pada Si Kecil

Persiapan Sebelum Memberikan ASI Pada Si Kecil- JD.ID
Source: Popmama.com

Melansir dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dalam hal memberikan ASI, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini, mencakup:

  • Bersihkan tangan terlebih dahulu di air yang mengalir.
  • Sebelum memberikan ASI pada Si Kecil pastikan puting Bunda tetap lembap. Caranya adalah dengan memerah sedikit ASI lalu menempelkan ke sekitar aerola. Ini juga bermanfaat sebagai disinfektan alami.
  • Usahakan Bunda duduk dengan santai serta hindari kaki yang menggantung.
  • Pastikan posisi bayi benar saat pemberian ASI, cara memastikannya yakni:
    • Bayi dipegang dengan satu tangan kemudian letakkan kepala bayi di lengkungan siku sementara bokong bayi di tahan oleh telapak tangan.
    • Usahakan perut bayi menempel dengan tubuh Bunda.
    • Letakkan mulut bayi tepat di depan puting.
    • Tangan bayi yang di atas usahakan merangkul tubuh Bunda jangan sampai ada di antara tubuh Bunda dan bayi.

Cara Menyusui Bayi yang Benar

Cara Menyusui Bayi yang Benar- JD.ID
Source: Alodokter.com

Dalam cara menyusui bayi yang benar, Bunda bisa menggunakan beberapa posisi untuk melakukannya, di antaranya:

1. Posisi Tidur Miring

Ini merupakan posisi yang bisa dilakukan oleh Bunda bila Si Kecil terbangun tengah malam. Cara mempraktikkannya cukup mudah, yaitu:

  • Bunda dan bayi bisa melakukan tidur miring, dalam posisi ini perut ketemu perut.
  • Letakkan kepala Si Kecil di siku tangan kiri, sementara tangan yang satunya lagi memastikan bayi menghisap puting dengan benar.
  • Pastikan sisi tempat tidur bayi masih leluasa atau terdapat penghalang seperti bantal untuk menghindari jatuh dari lantai.

2. Posisi Santai

Dalam posisi ini biasanya dilakukan saat Bunda rehat sejenak dari pekerjaan rumah tangga. Bunda hanya perlu bersandar ke sofa atau tempat tidur, lalu badan bayi bagian depan full bersandar ke dada Bunda dan ia akan mudah menjangkau payudara.

Pada posisi ini, Si Kecil akan secara alami mencari puting. Sementara Bunda hanya perlu mengarahkan dengan benar puting susu ke mulutnya.

3. Cara Menyusui yang Benar dengan Posisi Cradle Hold

Posisi cradle hold merupakan posisi yang umum dilakukan. Sederhananya dalam posisi ini Bunda bisa melakukannya dengan cara menggendong Si Kecil di lengan, kemudian letakkan kepala bayi di lekukkan siku sambil menghadap payudara.

Bila memungkinkan letakkan bantal di pangkuan Bunda agar berat Si Kecil tidak begitu terasa.

Baca juga: 8 Makanan Pelancar ASI Agar Keluar Deras

4. Posisi Cluth Hold atau Football Hold

Salah satu proses melahirkan yakni normal dan operasi Caesar. Umumnya bagi wanita yang alami operasi Caesar biasanya akan mengalami sakit pada bagian rahim bawah setelah operasi dilakukan. Walaupun begitu, kamu tetap harus memberikan nutrisi bagi Si Kecil lewat ASI.

Untuk menghindari rasa sakit dari tekanan tubuh Si Kecil, kamu bisa menggunakan posisi cluth hold atau disebut juga football hold.

Caranya cukup mudah hanya perlu memposisikan bayi dari arah samping seperti mengepit di bawah lengan. Kemudian lengan yang mengepit memegang kepala bayi dan memastikannya menghadap putting.

Sementara kaki bayi berada di bawah lengan yang mengapit Si Kecil.

5. Posisi Cross over

Cross over disebut juga posisi menggendong silang. Kamu hanya perlu menggendong bayi dengan tangan berlawanan dengan payudara tempat akan disusui. Setelah itu, letakkan pergelangan tangan di antara tulang belikat, ibu jari di belakang satu telinga bayi dan jari-jari lainnya di belakang telinga lainnya.

Manfaatkan tangan bebas yang satunya untuk memegang payudara dan mengarahkannya pada bayi.

Lima cara menyusui bayi yang benar di atas, bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemungkinan yang terjadi. Dengan melakukan posisi di atas, ini akan menghindari puting lecet dan anak rewel sehingga Si Kecil jadi lebih nyaman saat diberikan ASI.

Berbicara tentang ASI, jika Bunda saat ini memerlukan beragam perlengkapan untuk bayi seperti botol susu, pompa ASI, popok, dot, hingga nutrisi untuk ibu tersedia komplit di JD.ID. Dengan membeli di sini, pilihan lengkap, harga terjangkau dan GRATIS Ongkir.

Yuk lengkapi kebutuhan anakmu dengan membeli hanya di JD.ID saja!