Ibu Harus Tahu! Ini Dia Cara Rawat Bayi Baru Lahir

0
115

Kedekatan Ibu dan Bayi Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Dalam merawat bayi yang baru lahir sangat dibutuhkan ketelitian, komitmen, dan tanggung jawab yang besar. Sehingga hal ini merupakan tantangan baru terutama bagi new moms. Bayi yang baru lahir akan membutuhkan perhatian ekstra untuk merawat dan menjaganya. Hal ini dikarenakan bayi di usia 0-6 bulan sangatlah ringkih. Maka tak heran jika kita sering kali menemukan orangtua yang merasa “takut salah” dalam merawat bayi.

Namun new moms kini tak perlu khawatir lagi, kami akan memberikan beberapa tips penting rawat si kecil. Yuk simak apa aja yang harus diperhatikan dalam merawat bayi.

  1. Ciptakan Ikatan Pada Si Kecil

Mom and baby membangun ikatan

Hal pertama yang harus dilakukan seorang ibu yaitu ikatan pada si kecil. Secara psikologis ikatan yang dibangun oleh ibu dan si kecil sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Untuk membangun hal tersebut kamu bisa memulainya dengan menggendong, menyusui, bermain bersama, serta mengajak berbicara secara terus menerus.

  1. Mengganti Popok Anak

Ibu Mengganti Popok Bayi

Popok bayi memiliki beberapa jenis seperti popok kain, diapers, dan popok bayi sekali pakai. Pampers atau popok bayi adalah hal yang paling penting untuk si kecil. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut, apabila asal memilih popok tentunya akan membuat kulit iritasi. Sehingga pilihlah popok yang sudah terjamin akan kualitasnya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan yang ahlinya mengenai hal ini. Selain bahan kamu juga harus perhatikan ukuran yang pas untuk si kecil. Carilah ukuran yang nyaman saat dikenakan. Apabila kamu menggunakan popok sekali pakai perhatikan pula si kecil lebih nyaman menggunakan tipe perekat atau tipe celana. Kamu dapat mencobanya sekisar 1-3 hari.

  1. Memandikan Anak

Bath Tub Bayi Silikon Mudah Praktis

Aturan dalam memandikan si kecil sering membuat orang tua merasa bingung. Seberapa seringkah bayi harus mandi? Di kutip dari Alodokter, si kecil yang baru lahir alangkah baiknya dimandikan 2 – 3 kali dalam seminggu sudah cukup. Jangan lupa untuk perhatikan kualitas dan suhu air. Apabila kualitas air jelek jangan dimandikan terlalu sering karena akan merusak jaringan kulit si kecil.

Hal yang dibutuhkan saat mandi yaitu:

  • Spon atau handuk kecil yang bersih dan halus
  • Bak mandi bayi
  • Shampoo dan sabun khusus bayi yang lembut
  • Sikat rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut
  • Handuk untuk mengeringkan badan
  • Dan terakhir popok baru + pakaian bersih
  1. Memberikan Susu ASI

Si kecil Minum Susu

Untuk menyusui si kecil sangat disarankan menggunakan susu asi terlebih dahulu khususnya 6 bulan pertama. Jika ibu merasa sulit membawa si kecil untuk menyusui secara langsung atau asi yang dikeluarkan sedikit sulit, ibu bisa gunakan pompa asi dan botol susu dengan nipple silicon yang nyaman untuk bayi.

  1. Menjaga Kebersihan

Sterilizer Peralatan Makan Bayi

Terakhir yaitu pastikan selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, mensterilkan berbagai peralatan makan dan minum, mencuci pakaian yang bersih dengan sabun cuci khusus bayi, menjaga udara kamar agar baik untuk dihirup, membersihkan seluruh rumah secara maksimal. Hal ini sangat penting dilakukan karena bayi memiliki imun yang sangat lemah dan mudah terserng penyakit sehingga kebersihan harus diutamakan.

Nah itu dia moms beberapa tips yang wajib diketahui untuk new moms. Jadi sudahkah mempersiapkan segala kebutuhan si kecil? Untuk memenuhi segala kebutuhannya mommy bisa langsung kunjungi JD.ID sekarang juga. Selain banyak promo dan diskon menanti, mommy juga bisa belanja sepuasnya dimanapun dan kapanpun tanpa perlu repot keliling toko untuk mendapatkan barang yang berkualitas. Karena kami menjamin 100% produk original, kualitas terbaik, dan pastinya gratis ongkir ke seluruh Indonesia.