Ini Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula dan Cara Mengatasinya yang Benar

0
12111
Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula dan Cara Mengatasinya yang Benar
Source: Freepik

Sebagai new moms sangatlah penting mengetahui tanda bayi tidak cocok susu formula. Pasalnya tidak semua bayi dapat menerima susu formula dengan baik. Umumnya sang buah hati alergi terhadap kandungan yang ada dalam susu tersebut.

Nah, hal itu membuat bayi secara alamiah merespon bahwa tubuhnya merasa kelebihan protein dari susu formula yang dikonsumsi, sedangkan dilain sisi pencernaan si kecil tidak mampu mencerna laktosa, yakni gula alami pada susu hewani.

Apabila tidak segera ditangani sangat memungkinkan terjadi kefatalan ada si kecil. Alergi susu formula sendiri ada banyak macam. Untuk ketahui lebih lanjut apa saja ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula moms bisa mempelajari bacaan dibawah ini.

Baca Juga: Susu Formula yang mendekati ASI, Ada Gak Sih?

Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula
Source: Freepik

Tujuan memberikan susu formula sebenarnya sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil, sayangnya ada banyak bayi yang intoleransi laktosa. Reaksi alergi bisa terjadi di semua badan atau di area tertentu saja. Oleh karena itu, moms harus tahu tanda bayi tidak cocok susu formula.

Masalah lainnya yang seringkai dijumapai yaitu perut kembung, diare, nyeri perut

1. Bayi Muntah

Apabila bayi tiba-tiba mutah usai meminum susu itu bisa jadi hal yang wajar. Namun, jika sekiranya hal ini terjadi secara terus-menerus disertai dengan turunnya berat badan si kecil, hal ini sudah dipastikan bahwa bayi tidak cocok dengan susu formula tersebut.

2. Feses Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Tanda bayi tidak cocok susu formula selanjutnya yakni terjadinya masalah pencernaan pada buah hati. Mulai dari sakit perut hingga diare pada bayi. Bukan hanya itu biasanya ia juga akan mengalami kolik atau menangis selama berjam-jam.

Ketika si kecil diare, moms bisa perhatikan warna fesesnya. Hal ini dikarenakan warna feses dapat menentukan dan bisa menjadi ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula.

  • Feses kehitaman: Menandakan si kecil alergi dengan apa yang dikonsumsinya. Selain dari makanan, kandungan yang ada dalam susu bisa dapat menjadi penyebab terjadinya alergi tersebut. Warna hitam tersebut dapat menandakan adanya pendarahan dalam pencernaanya.
  • Feses hijau: Kemungkinan besar feses yang bewarna hijau tua pucat merupakan tanda dari bayi tidak cocok susu formula hypoallergenic. Umumnya feses bisa bertekstur cair ataupun keras.
  • Adanya lendir pada feses: Jika dirasa moms melihat adanya lendir bening saat si kecil buang air besar. Artinya si kecil tidak cocok dengan susu formula, karena alergi dengan kandungan protein susu tersebut.
  • Feses keras seperti kerikil: Apabila si kecil mengalami sembelit dan tekstur BAB seperti kerikil. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan perut bayi sensitif terhadap susu formula atau bahkan bisa jadi sensitif pula terhadap suatu kandungan yang terdapat dalam ASI.
  • Munculnya darah merah: Hal lainnya yang perlu moms waspadai yakni terdapat darah merah saat BAB. Ada dua hal yang dapat menyebabkan hal tersebut. Pertama yakni adanya infeksi bakteri atau yang kedua yakni alergi dengan protein susu formula.

Baca Juga: Ini Dia Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

3. Gangguan Sistem Pernapasan

Saat bayi mulai mengalami sesak napas, batuk, atau napas yang berbunyi moms perlu mengkhawatirkan hal ini.

Tindakan awal yang wajib dilakukan yakni sedikit membungkukannya, longgarkan pakaian, bimbing buah hati untuk bernapas dengan teratur sambil memberikan wewangian atau oleskan produk yang melegakan, misalnya balsam atau kayu putih. Terkadang bisa juga disertai dengan hidung meler dan mata yang berair.

4. Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula Munculnya Ruam Kulit

Reaksi yang akan terjadi saat bayi tidak cocok dengan susu formula yakni adanya ruam merah di beberbagai daerah mulai dari muka, kaki, tangan, hingga badan. Tak hanya itu, bayi juga dapat mengalami gatal-gatal.

5. Pembengkakan

Tanda bayi tidak cocok susu formula yang terakhir yaitu adanya pembengkakan di mata, bibir, atau area wajah lainnya. Jika sudah begini, alangkah baiknya kamu segera konsultasikan ke dokter anak untuk meminta resep obat alergi.

Cara Mengatasi Alergi Susu Formula

Cara Mengatasi Alergi Susu Formula
Source: Freepik

Saat si kecil mengalami ciri-ciri diatas yang menandakan alergi terhadap susu formula, moms tak perlu panik. Ini dia tindakan yang bisa dilakukan.

1. Tetap Tenang

Ingat jangan panik. Dengan moms panik bisa saja justru melakukan langkah tindakan yang salah.  Untuk itu tindakan pertama yang harus dilakukan pertama harus memastikan terlebih dahulu apakah si kecil alergi dengan susu formul atau ciri-ciri yang ada di atas dikarenakan hal lainnya.

Pada intinya apabila bayi sedikit rewel namun ia berhasil menghabiskan susu dan merasa kenyang, mengalami kenaikan berat badan, dan tidak menimbulkan reaksi negatif lainnya berarti itu aman dan cocok terhadap susu formulanya.

2. Konsultasikan dengan Dokter

Ketika tanda bayi tidak cocok susu formula sedang dialami, untuk lebih meyakinkan segera membawa ke dokter agar dapat diperiksakan lebih lanjut. Akan tetapi, moms disarankan untuk mempelajari dulu berbagai macam merek susu formula yang baik untuk pencernaan si kecil. Jadi, moms bisa berkonsultasi dengan dokter lebih nyaman dan detail.

3. Mengganti Susu Formula yang Cocok untuk Bayi 

Susu formula di bagi menjadi dua jenis yakni yang terbuat dari susu sapi dan kedelai atau soya. Pada umumnya muncul tanda bayi tidak cocok dengan susu formula dikarenakan alergi dengan protein susu sapi. Maka dari itu moms bisa menggantinya dengan susu formula soya atau yang aman untuk pencernaan si kecil.

Merk Susu Formula yang Baik untuk Pencernaan Bayi

Ini dia beberapa merek yang dapat moms jumpai dan memang banyak direkomendasikan oleh para dokter saat bayi mengalami reaksi alergi terhadap susu formula.

1. Enfamil A+ Lactofree
Enfamil A+ Lactofree
Enfamil A+ Lactofree

Lihat Produk

Formula susu Enfamil A+ Lactofree dibuat secara khusus untuk bayi 0-12 bulan yang mengalami intoleran terhadap laktosa atau alergi dengan susu sapi. Adapun hal lainnya susu ini membantu pertumbuhan anak, mencerdaskan otak, dan tidak memiliki rasa yang membuat mual.

Nah, hal yang paling diungguli dari susu formula Enfamil A+ Lactofree yakni menggunakan sistem partially hydrolyzed protein. Artinya ia dapat memisahkan protein pemicu alergi dengan protein yang bisa diserap oleh tubuh bayi. Jadi, si kecil dapat sangat terbantu untuk mencerna protein susu sapi.

2. S-26 Promil Gold Tahap 1
S-26 Promil Gold Tahap 1
Keunggulan S-26 Promil Gold Tahap 1
S-26 Promil Gold Tahap 1
S-26 Promil Gold Tahap 1
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Merk susu formula yang baik untuk pencernaan bayi dan banyak direkomendasikan yaitu S-26 Promil Gold tahap 1. Alasannya tak lain dan tak bukan, memiliki rasa yang sangat mirip dengan ASI, diformulasikan secara khusus dengan multi excel sehingga mampu memaksimalkan pertumbuhan otak sang buah hati.

Plus memiliki formula mikronutrien serta makronutrien yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi agar dapat aktif dan kuat. Susu ini tidak mengandung gula dan terdapat nutrisi lengkap lainnya sehingga sangat cocok untuk bayi berumur 0-6 bulan.

3. Nutricia Neocate LCP
Nutricia Neocate LCP
Nutricia Neocate LCP

Lihat Produk

Nutricia Neocate LCP merupakan susu formula yang cocok untuk bayi. Akan tetapi memang susu ini pada umumnya dikonsumsi dibawah pengawasan tenaga medis. Bahan dasar formula ini yakni asam amino non-alergik sehingga mudah dicerna oleh pencernaan si kecil. Dan pastinya susu ini tidak mengandung gula ya moms.

Susu formula ini juga mengklaim mampu mengatasi dampak alergi terhadap susu sapi dengan mengonsumsinya dalam tiga sampai empat belas hari. Nah, biasanya Nutricia Neocate LCP  juga disarankan untuk bayi yang menderita MFPI atau multiple fod protein intolerence.

4. Nutramigen LGG
Nutramigen LGG
Nutramigen LGG

Lihat Produk

Sama halnya dengan Nutricia Neocate LCP, susu formula Nutramigen LGG juga mengandung hypoallegenic. Bukan hanya itu saja, susu ini juga mengandung hodrosilat ekstensif yang dapat memecah senyawa menjadi lebih kecil, serta hypoallergen yang dapat mencegah alergi kembali.

5. Vidoran Xmart 1+ Madu
Vidoran Xmart 1+ Madu
Vidoran Xmart 1+ Madu

Lihat Produk

Untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun ke atas, Vidoran Xmart 1+Madu bisa jadi solusi sebagai salah satu merk susu formula yang baik untuk pencernaan bayi. Pasalnya ia memiliki kandungan serat inulin, sehingga sangat baik untuk perut si kecil yang sensitif.

Tak hanya itu, susu ini juga dilengkapi dengan DHA, LA, dan ALA yang bagus untuk perkembangan otak anak. Adanya protein dan vitamin yang lengkap, dan harga yang cukup terjangkpau.

6. Lactogrow
Lactogrow
Keungggulan Susu Formula Lactogrow
Lactogrow
Lactogrow 1 - 3 tahun
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Merk susu formula yang baik untuk pencernaan bayi untun usia 1-3 tahun selanjutnya yaitu Lactogrow. Dimana susu ini mengandung omega 3 dan 6 yang dapat mencerdaskan otak dan baik bagi pertumbuhannya, mampu menguatkan tulang dengan kandungan zat besi serta kalsium yang memadai, dapat meningkatkan imun, membuat anak aktif, dan rendah gula.

7. SGM LLM+
SGM LLM+
SGM LLM+

Lihat Produk

Susu SGM LLM+ merupakan susu formula pengganti ASI untuk usia 0-12 bulan yang tidak mengandung laktosa sehingga sangat baik untuk perut si kecil yang cukup sensitif atau kurang mampu mencerna laktosa.

Keunggulan lainnya yang dimiliki juga cukup banyak, mulai dari dapat menghentikan diare, bagus untuk tumbuh kembang bayi, rasa yang mirip dengan ASI, dan untuk harga susu SGM LLM+ pastinya sangat terjangkau.

Buat new moms yang sedang mengalami kendala sang buah hati alergi susu formula, bisa segera menggantinya dengan tujuh susu yang direkpmendasikan di atas ya. Namun apabila sekiranya masih ragu, bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu saat bayi mengalami tanda tidak cocok dengan susu formula yang dikonsumsinya saat ini.

Promo Diskon Susu Bayi JD.ID

Untuk mendapati merk susu formula yang baik untuk pencernaan bayi, bisa moms dapatkan dengan mudah dan murah di JD.ID. Selain ada banyak promo diskon menarik, produknya #DijaminOri lho! Untuk layanan pengiriman juga terbukti aman, cepat, dan ada gratis ongkir ke seluruh Indonesia!