Kenali Susu Formula Untuk Bayi Baru Lahir, Awas Jangan Salah Pilih

0
1437
Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir
Source: Freepik

Sebagai seorang ibu tentu akan berusaha memberikan segala hal yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari pemberian susu hingga segala fasilitas dan kebutuhan untuk sang buah hati. Untuk itu sebagai ibu wajib teliti dalam memilih susu formula untuk bayi baru lahir.

Memang benar bahwa susu terbaik untuk bayi yang baru lahir yakni ASI. Namun dengan segala faktor yang ada tidak semua ibu mampu memberikan ASI eksklusif.

Biasanya faktor tersebut didasari pada ASI ibu yang bermasalah, kesehatan Ibu yang terganggu seperti mengidap HIV, atau bisa pula adanya masalah genetik pada si kecil.

Oleh karena itu, susu formula menjadi alternatif yang sangat tepat untuk memenuhi gizi bayi. Tapi perlu diingat para new moms wajib memilih susu formula yang sesuai dengan kebutuhan si kecil ya.

Baca Juga: Susu Formula Jadi Pilihan Tepat Pengganti ASI, Ini Alasannya!

Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir
Source: Freepik

Sebenarnya apa alasan ibu wajib memberikan susu formula?

Hal tersebut dikarenakan susu formula mengandung nutrisi dasar yang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Sehingga susu formula dapat dijadikan sebagai pendamping atau bahwa pengganti untuk ASI.

Tentu saja susu formula ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihan dari susu formula ini yakni tentunya lebih nyaman dan dapat memberikan bonding yang lebih anatara anak dan keluarga lainnya seperti ayah, nenek, dan kakek. Selain itu juga susu formula lebih fleksibel untuk ibu yang berkarir.

Selain itu susu formula juga tidak dicerna secepat ASI, jadi si kecil akan lebih jarang diberikan susu dibandingkan dengan ASI yang sangat mudah dicerna. Dan yang paling penting ibu juga bebas mengonsumsi apapun karena tak perlu khawatir akan ASI nya.

Kekurangan dari susu formula sebenarnya yakni hanya satu sajayaitu tidak dapat menadingin ASI. Sehingga anak biasanya tidak memiliki imun sekuat mereka yang diberikan ASI eksklusif. Tapi kini nyatanya banyak pula para ibu yang memberikan ASI bersamaan dengan susu formula.

Kandungan yang ada dalam susu formula antara lain karbohidrat, prebiotik, protein, vitamin, mineral, dan lemak seperti ARA & DHA. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk kebutuhan dasar bayi.

Namun dalam memilih susu formula untuk bayi baru lahir, ibu harus tahu terlebih dahulu apa saja sih jenis susu formula. Susu formula bayi biasanya terbuat dari susu sapi atau susu kedelai. Tapi bagaimana untuk jenis prteinnya? Untuk ketahui lebih dalam yuk simak bacaan di bawah ini.

Susu Formula yang Bagus untuk Bayi

Susu Formula yang Bagus untuk Bayi
Source: Freepik

Tips memilih susu formula yakni kamu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Setelah itu kamu baca komposisi susu formula yang hendak dibeli. Perhatikan kandungannya apakah ada kandungan yang membuat anak alergi atau tidak.

Ibu juga harus tahu jenis susu formula untuk si kecil. Terdapat produk susu yang menggunakan protein whey dan ada pula yang meggunakan protein casein, atau gabungan dari keduanya.

Protein whey dan casein inilah yang nantinya akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, akan tetapi berdasarkan penelitian di Denmark sebenarnya protein whey memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan dengan protein casein.

Baca Juga: Susu Formula Tahan Berapa Jam dan Aturan Minumnya

Lalu Apa Saja Fungsi dari Protein Ini?

Protein pada anak mampu meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh, membatu mengembangkan pertumbuhan fisik anak seperti meningkatkan massa otot, mengoptimalkan sel jaringan tubuh lainnya, hingga mendorong pertumbuhan hormol, tulang, dan gigi. Dan yang paling penting protein juga mampu mengatasi anak yang malnutrisi.

Sayangnya susu formula tak dapat menandingi ASI 100%. Untuk itu sebagai ibu yang cerdas dan cermat pilihlah susu formula bayi yang mendekati ASI.

Nah biasanya susu formula bayi yang mendekati ASI ini memiliki kandungan kedua jenis protein tersebut yakni protein whey dan casein. Pada umumnya perbandingan rasio untuk kedua jenis protein whey dan casein yakni sekisar 60:40.

Bagaimana Susu Terbaik untuk Bayi di Bawah 1 Tahun?

Untuk susu formula terbaik untuk bayi 0-6 bulan yakni susu formula yang berasal dari sapi dan mengandung protein whey atau gabungan whey dan casein. Alasannya protein whey ini lebih mudah dicerna oleh si kecil. 

Tapi untuk si kecil yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau memang sudah dilatih untuk vegetarian, ibu bisa memberikan susu formula yang berasal dari kedelai atau kita mengenalnya dengan susu soya.

Bukan hanya sekedar jenis protein, ibu juga wajib memperhatikan takaran kebutuhan protein anak yang harus diberikan setiap hari.  Menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2013, kebutuhan protein anak memiliki tahapannya yang berbeda-beda.

Ingat ya Bu, beda usia beda pula susu yang digunakan. Pilihlah susu formula sesuai umurnya. Jadi apabila si kecil sudah berumur satu tahun, lebih baik ibu memberikan susu formula terbaik untuk balita 1-3 tahun.

Semua hal tersebut tentu saja tergantung pada jenis kelamin dan umur yang dimiliki anak. Berikut aturannya:

  • Usia 0-6 bulan: 12 gram (g) per hari
  • Usia 7-11 bulan: 18 g per hari
  • Usia 1-3 tahun: 26 g per hari
  • Usia 4-6 tahun: 35 g per hari
  • Usia 7-9 tahun: 49 g per hari

Setelah anak berusia di atas 10 tahun, barulah kebutuhan protein akan dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya.

Warna Feses Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Warna Feses Bayi
Source: Freepik

Seperti yang sudah di bahas bahwa tidak semua anak mampu menerima susu ASI secara eksklusif atau bisa saja si kecil alergi terhadap susu formula. Hal tersebut memang cukup membuat ibu menjadi khawatir. Maka ibu wajib mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter anak ya.

Tapi apa saja sih ciri-ciri bahwa bayi tidak cocok dengan susu formula?

Pada umumnya bayi yang tidak cocok dengan susu formula yakni mengalami reaksi tertentu pada kulitnya seperti ruam merah, gatal, bentol-bentol, atau pembengkakan.

Reaksi tersebut bisa terjadi di semua badan atau di area tertentu saja seperti pada area bibir, mata, pipi, hingga tanga kaki. Tak berhenti di situ saja ada pula yang mengalmi eksim tak kunjung henti. Bisa jadi itu merupakan tanda anak tidak cocok dengan susu formula lho!

Hal lainnya terjadi pada gangguan pernafasan serta gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan inilah yang sangat sering terjadi seperti sakit perut, mintah, kolik, diare atau buang air besar secara terus menerus.

Dari diare ini ibu bisa menganalisisnya dari tektur dan warna feses bayi yang tidak cocok dengan susu formula. Mulai dari poop bewarna hijau, hitam, berlendir, berdarah.

Itu dia berbagai penjelasan susu formula untuk bayi baru lahir yang wajib ibu ketahui. Jadi jangan sembarangan pilih ya bu.

Promo Kebutuhan Ibu, Bayi, dan Anak Hanya di JD.ID

Promo Kebutuhan Ibu, Bayi, dan Anak Hanya di JD.ID

Untuk mendapati susu formula terbaik dan jaminan original 100%, ibu bisa membelinya di JD.ID. Selain lengkap dari berbagai merek, ibu juga bisa memanfaatkan promo diskon yang diberikan. Jadi belanja kebutuhan anak kini bisa lebih hemat bersama JD.ID

Nikmati pula layanan pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ke seluruh Indonesia. Pembayarannya pun sangat mudah dan ada banyak pilihan untuk metode pembayarannya lho! Ibu bisa menggunakan debit card, kredit card, kredit online, hingga e-wallet seperti gopay.