Keputihan Gatal Bikin Resah? Atasi dengan Cara Ini!

0
930
Keputihan Gatal
Source: Healthline

Keputihan gatal menjadi salah satu faktor yang sangat mengganggu segala aktivitas wanita. Rasa lembab dan becek juga kerap kali membuat keresahan tersendiri. Lalu, apakah sebenarnya keputihan ini normal atau justru abnormal?

Keputihan adalah salah satu permasalahan yang pasti akan dialami oleh semua wanita, baik itu wanita dewasa ataupun masih remaja sekalipun. Pasalnya, cairan lendir ini sebenarnya merupakan hal yang normal.

Bahkan dapat dikatakan keputihan ini bisa terjadi secara rutin, akan tetapi apabila Miss V mulai terasa gatal bisa jadi itu bukan keputihan yang normal lho!

Apa Penyebab Keputihan Gatal?

Cairan pada Vagina
Source: Pinterest

Keputihan merupakan kondisi di mana vagina mengeluarkan cairan berupa lendir. Pada umumnya cairan tersebut muncul saat menjelang dan usai menstruasi. Ciri keputihan normal yakni tidak berbau, transparan, warna bening atau sedikit putih.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Ciri Keputihan

Ada banyak penyebab keputihan gatal yang dialami oleh wanita di Indonesia. Namun, rata-rata disebabkan oleh Vaginosis Bakterialis atau Infeksi Ragi Vagina. Sebenarnya keputihan yang disebabkan oleh jamur dan juga bakteri meski termasuk dalam keputihan normal, akan tetapi bukan berarti kamu membiarkannya saja.

Agar tidak terjadi semakin parah alangkah baiknya kamu segera melakukan tindakan untuk membasmi jamur ataupun bakteri tersebut. Biasanya kemunculan bakteri dan ragi tersebut, dikarenakan kamu kurang menjaga kebersihan vagina.

Selain itu, memakai pakaian dalam yang ketat, membilas daerah intim dari arah anus ke vagina juga menjadi menjadi penyebab faktor timbulnya keputihan.

Jamur penyebab keputihan gatal pada wanita adalah Candida Sp dan jenis yang paling sering menjadi pemicu bernama Candida Albicans. Untuk beberapa bakteri penyebab keputihan yakni Gardnerella, Lactobacillus, Bacteroides, Peptostreptococcus, Fusobacterium, serta Eubacterium.

Namun, beberapa penyebab keputihan terasa gatal ini ada pula faktor lainnya seperti Trikomoniasis yang dikategorikan ke dalam penyakit menular seksual. Ciri-ciri yang bisa kamu jumpai yakni, volume keputihan yang berlebih, vagina terasa gatal, bewarna kuning atau hijau, serta mendapati bau yang amis. Bahkan, ada pula kondisi tekstur dengan sedikit busa.

Faktor lainnya bisa juga dikarenakan herpes vagina, alergi terhadap sabun mandi atau alat kontrasepsi, mengidap diabetes atau kadar gula yang tinggi, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan?

Cara Mengatasi Keputihan
Source: Pinterest

Keputihan gatal ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara, mulai dari bahan alami hingga obat luar maupun obat minum untuk mengatasinya.

Perihalnya, cara alami hanya untuk gejala ringan saja. Sedangkan, untuk penyebab yang sudah dikategorikan medium level ada baiknya menggunakan cairan pembersih vagina atau menginsumsi suplemen untuk membersihkan langsung dari dalam.

Jikalau ternyata di rasa keputihan kamu sudah memiliki tekstur sangat kental, bau, dan bewarna hijau atau coklat ada baiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat ditangani sesegera mungkin. Menggunakan obat yang lebih spesifik.

Untuk mengatasi keputihan gatal tersebut secara baik dan benar. Yuk, ikuti beberapa cara di bawah ini.

Ada beberapa cara menghilangkan keputihan yang mudah dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Kamu dapat mencoba sejumlah treatment, seperti memanfaatkan bahan-bahan alami maupun menggunakan obat keputihan.

Bagaimana cara dan langkahnya? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih memang dikenal sejak dulu bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga kamu bisa menggunakan bahan herbal ini menjadi obat keputihan gatal. Cara penggunaannya sendiri terbagi menjadi dua metode yaitu diminum dan dibasuh.

Cuci dan rebus 2-3 lembar daun sirih selama kurang lebih 15 menit. Saring rebusan dan biarkan suhunya normal, setelah itu minumlah sebanyak 2-3 kali dalan sehari.

Cara lainnya air rebusan juga bisa kamu basuhkan pada area organ intim kamu. Basuh area intim kamu dari arah vagina ke anus. Jangan lakukan sebaliknya. Cara ini bisa kamu lakukan 1-2 kali dalam seminggu.

2. Konsumsi Makanan Penghilang Keputihan 

Konsumsi makanan kaya bakteri baik juga bisa kamu coba ya. Misalnya, memakan buah yougurt yang mengandung bateri baik untuk camilan rutin kamu. Selanjutnya yakni buah pisang yang tinggi akan serat, atau bisa juga mengosumsi air bekas rendaman beras yang memiliki demulcent, dimana mampu mengatasi peradangan ataupun gatal-gatal.

3. Menjaga Kebersihan dan Hidup Teratur

Agar keputihan kamu lekas sembuh, kamu juga wajib menjaga kebersihan organ intim. Pastikan Miss V kamu tetap kering. Minumlah banyak air putih serta menjag pola hidup yang sehat. Selalu gunakan pantyliner apabila sedang dalam masa keputihan. Tujuannya agar vagina tidak menjadi lebih lembab yang akan memperbanyak bakteri dan jamur.

4. Memanfaatkan Cairan Pembersih Vagina untuk Keputihan Gatal

Seperti diketahui, menjaga dan merawat area kewanitaan menjadi hal yang penting dan wajib dilakukan. Tujuannya, agar Miss V terhindar dari berbagai penyakit yang mengganggu, salah satunya yaitu keputihan.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan obat keputihan. Namun, pastikan kamu memilih produk yang dapat juga menstabilkan kelembapan pada organ intim sesuai dengan pH kewanitaan.

Tak perlu khawatir karena kamu bisa menemukan banyak cairan pembersih vagina yang dijamin aman dan berkualitas. Soalnya, seluruh produk obat keputihan gatal yang tersedia di JD.ID #DiJaminOri. Nikmati juga promo diskon menarik yang di berikan JD.ID serta layanan pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.