Ketahui Cara Untuk Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil Berikut Ini

0
4309

Sahabat JD.ID, tahukah kamu kalau mual saat hamil adalah salah satu kondisi yang kerap dialami para wanita. Penelitian menunjukkan, sekitar 80 persen ibu hamil mengalami mual, terutama di pagi hari. Mual saat hamil juga jamak dikenal dengan morning sickness.

Mual saat hamil umumnya dipengaruhi perubahan hormon kehamilan seperti estrogen, progesteron, dan lainnya. Kendati bikin tak nyaman ibu hamil, kondisi ini disebut bisa menjadi pertanda baik. Penelitian mengungkapkan, wanita yang mual saat hamil di trimester pertama memiliki risiko keguguran lebih rendah, ketimbang wanita tanpa gejala sejenis.

Menurut ahli, kondisi tersebut menunjukkan adanya perubahan hormon kehamilan yang signifikan. Ibu hamil tak perlu khawatir berlebihan saat mengalami kondisi yang bikin tak nyaman ini. Berikut beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa kamu ketahui dan antisipasinya:

1. Istirahat Yang Cukup

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, ibu hamil perlu istirahat yang cukup. Pasalnya, kelelahan bisa membuat gejala mual saat hamil semakin parah.

2. Perbanyak Asupan Minum

Kondisi mual saat hamil memang tidak memungkinkan bagi wanita untuk makan atau minum dengan nyaman. Namun, menghilangkan mual saat hamil juga perlu diimbangi asupan minum yang cukup.

Pastikan ibu hamil mengonsumsi cairan dalam jumlah kecil tapi lebih sering untuk mengurangi mual saat hamil. Jika susah minum air putih, coba makan buah yang banyak air atau minum jus.

3. Makan Sering Dalam Porsi Kecil

Cara mengatasi mual saat hamil lainnya yakni memastikan perut tidak kosong. Coba makan dalam porsi kecil tapi sering saat mual melanda. Terutama, makanan dengan karbohidrat tinggi.

Makanan bercitarasa guring dan punya tekstur renyah biasanya lebih mudah ditoleransi ketimbang makanan manis atau pedas. Makanan dingin juga cenderung tidak memicu mual ketimbang makanan panas.

4. Mengonsumsi Jahe

Beberapa penelitian menunjukkan, minum atau makan asupan mengandung jahe juga bisa meredakan mual saat hamil. Wanita yang mencari cara mengatasi mual saat hamil secara alami bisa coba minum atau makan olahan jahe. Tapi ingat, jangan berlebihan.

5. Konsumsi Vitamin B-6

Mengonsumsi vitamin B-6 terbukti efektif mengurangi mual dan muntah saat hamil. Namun, vitamin ini bisa menimbulkan efek samping mengantuk, mulut kering, sakit kepala, sampai sakit perut. Sebagai alternatif amannya, ibu hamil bisa makan sumber vitamin B-6 alami seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, pisang, susu, dan sereal.

Itu adalah beberapa tips yang bisa Sahabat JD.ID lakukan untuk mencegah mual pada ibu hamil. Lengkapi juga kebutuhan dan perlengkapan ibu dan anak di JD.ID, cukup dengan mengakses applikasi JD.ID dan juga websitenya, kamu bisa dapat dengan mudah berbagai kebutuhan ibu dan anak disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here