Ketahui Mitos Tentang Penggunaan Tisu Basah Pada Bayi

0
1423

Kehadiran tisu basah dirasa sangat membantu, terutama bagi ibu yang memiliki bayi. Meski praktis digunakan, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai untuk menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran, seperti debu, keringat, cipratan makanan, susu, air seni, atau tinja.

Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Untuk mengetahui informasi lengkap perihal penggunaan tisu basah pada bayi, silakan simak informasi berikut ini!

 

Efek Tisu Basah Pada Kulit Bayi

Sebenarnya tisu basah sama efektifnya dengan air ketika digunakan untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, mungkin tisu basah tidak menimbulkan efek negatif ketika diusapkan pada kulit mereka. Namun, efek negatif mungkin saja timbul jika mengusapkan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif.

Efek negatif tersebut bisa diakibatkan oleh reaksi kulit terhadap bahan-bahan iritatif yang terkandung dalam tisu basah, seperti alkohol, pewangi, dan deterjen. Dahulu, produsen memasukkan bahan pengawet jenis paraben dan formalin pada tisu basah. Tapi setelah zat tersebut dilarang digunakan, produsen beralih ke jenis pengawet lain yaitu methylisothiazolinone (MI).

Namun nyatanya, zat pengawet dan iritatif ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti:

• Ruam parah
• Lecet
• Gatal-gatal
• Pengerasan kulit
• Kulit bersisik
• Bengkak
• Melepuh

Area yang paling sering mengalami reaksi alergi adalah jari tangan, area kelamin, dan bokong. Jika reaksi alergi muncul pada kulit bayi, hentikan penggunaan tisu basah dan beralihlah ke air hangat untuk membersihkan kulit bayi.

Cara Aman Memakai Tisu Basah

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilih tisu basah khusus bayi dan yang tidak mengandung wewangian serta alkohol. Jika si kecil memiliki kulit sensitif dan alergi terhadap tisu basah. Namun untuk para ibu, tidak perlu khawatir karena salah satu merek tisu basah yang namanya tak asing lagi di kalangan para ibu, yaitu Mitu, dengan varian Mitu Baby Care memiliki rangkaian jenis tisu basah yang cukup komplet dari segi fungsi hingga jenis wewangian.

Untuk mengganti popok bayi, kamu bisa memilih Mitu Baby Changing Diaper Wipes yang memiliki empat varian aroma. Khusus untuk bayi dengan kulit sangat sensitif atau newborn, Mitu juga menyediakan Mitu Baby Sensitive Wipes. Sedangkan untuk membersihkan tangan si kecil saat akan makan atau minum, kamu bisa menggunakan Mitu Baby Antiseptic Wipes.

Dengan berbelanja kebutuhan bayi di JD.ID, kamu akan mendapatkan promo menarik dari Mitu. Setiap belanja minimal 50k produk Mitu Baby Ganti Pokok atau Mitu Baby Fresh & Clean kamu akan diberikan kode voucher yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here