Ketahui Pentingnya Mengajarkan Anak Mencuci Tangan

0
106

Sahabat JD.ID, tahukah kamu bahwa perilaku anak di masa depan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang ditanamkan orangtuanya sejak kecil. Termasuk untuk menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan. Meskipun sederhana, manfaat cuci tangan sangat banyak. Bahkan salah satu cara terhindar dari Covid-19 adalah dengan rajin mencuci tangan.

Anak-anak harus dibiasakan cuci tangan sedini mungkin agar terbiasa hidup bersih. Selain itu, jangan lagi terpaku pada paradigma lama dimana cuci tangan biasanya dilakukan sebelum dan sesudah makan serta sehabis dari kamar mandi. Anak harus mencuci tangan sesering mungkin karena tangan adalah bagian tubuh yang paling kotor.

Tangan bisa menyentuh apapun yang mungkin saja di permukaannya terdapat bakteri, virus, dan jamur. Kalau tangan yang kotor itu langsung kucek mata, pegang hidung, masuk mulut, kuman bisa masuk. Jadi paradigmanya harus diubah. Cuci tangan jangan cuma sebelum dan sesudah makan atau dari kamar mandi, tapi habis main juga.

Saat ini banyak anak yang bermain menggunakan gadget. Gadget termasuk benda yang tidak steril dari kuman karena terkadang diletaklan di berbagai tempat. Oleh karenanya, anak harus dibiasakan mencuci tangan sesering mungkin agar saat dewasa nanti hal ini menjadi kebiasaan. Selain itu, ajar anak mencuci tangan dengan baik dan benar yaitu menggunakan air mengalir serta sabun.

Sabun berfungsi menghancurkan lemak atau lipid pada virus sehingga virusnya mati. Jadi cuci tangan dengan air saja tidak cukup. Lipid virus itu mudah nempel di punggung dan telapak tangan, walau disiram air tetap nempel. Makanya diperlukan sabun untuk menghancurkannya.

Gunakan produk yang berkualitas untuk sang buah hati, di JD.ID kini kamu berkesempatan untuk membeli produk untuk anak dengan harga yang terjangkau. Lewat “Cussons Baby, Super Brand Day” kamu bisa membeli berbagai kebutuhan anak. Mulai dari sabun, shampoo, hingga baby wipes. Beli sekarang juga hanya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here