Ketahui Pilihan Menu Selain Nasi yang Cocok Untuk MPASI

0
280

Hai sahabat JD.ID, bagi kamu yang memiliki bayi dan telah menginjak usia 6 bulan perlu diberikan makanan pendamping selain ASI atau MPASI. Hal ini diperlukan, agar si kecil dapat tumbuh optimal, menu MPASI haruslah mengandung gizi yang seimbang.

Salah satunya adalah karbohidrat, sebagai sumber energi utama. Tapi, karbohidrat nggak melulu dari nasi, lho. Ada banyak makanan lain yang mengadung karbohidrat, misalnya beberapa pilihan makanan ini. Yuk disimak, agar kamu bisa membarikan asupan lain untuk sang buah hati!

1. Kentang 

Kentang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, di antaranya adalah protein, serat, Vitamin C, asam folat, dan tentu saja karbohidrat. Sehingga kentang dapat menjadi pengganti nasi yang baik.

Untuk membuat MPASI, kamu bisa mengolah kentang dengan direbus, dikukus, dan membuatnya menjadi puree. Kentang juga bisa diolah menjadi perkedel maupun campuran untuk sop.

2. Jagung

Jagung disebut-sebut sebagai pangan pengganti nasi yang tidak kalah baiknya dari kentang. Sebab, jagung memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh buah hati. Misalnya Vitamin C yang baik untuk kesehatan gusi serta menjaga sistem kekebalan tubuh bayi.

Agar si kecil dapat mencernanya dengan sempurna, ada baiknya jika kamu mengolah jagung ke dalam bentuk yang sangat halus. Barulah di usia 1 tahun, saat gigi sang buah hati mulai tumbuh, kamu dapat diberikan jagung dengan tekstur yang tidak terlalu keras.

3. Ubi

Ubi merupakan sumber karbohidrat selain nasi yang baik untuk si kecil. Kandungan vitamin A dan E, beta karoten, serta folat di dalam ubi dapat mendorong tumbuh kembang anak.

Itulah mengapa di luar negeri ubi menjadi makanan untuk bayi sehari-hari. Untuk mengolahnya, ubi bisa dijadikan puree atau kreasi bola-bola ubi. Menu MPASI semakin bervariasi, pastinya lezat dan disukai buah hati!

4. Singkong

Sedikit orang tua yang memberikan singkong sebagai menu MPASI untuk bayi. Padahal, singkong bisa menjadi variasi lain saat si kecil bosan dan nggak mau makan nasi. Hal ini karena nasi dianggap lebih mudah dan praktis untuk dimasak. Moms bisa mengolah singkong untuk dijadikan puree dengan merebusnya terlebih dahulu. Puree ini nantinya dapat dicampur dengan buah, seperti apel.

Itulah pilihan sumber karbohidrat dalam menu MPASI selain nasi yang bisa kamu pilih sebagai menu baru untuk sang bayi. Bagaimanapun variasi makanan sehari-hari itu perlu, agar si kecil tidak bosan dan mulai mengenal berbagai rasa serta tekstur dari makanan.

JD.ID juga menyediakan menu MPASI instan yang memiliki kandungan kaya vitamin dan mineral yang cocok sebagai panganan sang buah hati. Berikan asupan MPASI yang cukup untuk bayi agar dapat meningkatkan pertumbuhan si kecil. Beli berbagai bahan makanan tadi lewat aplikasi dan laman JD.ID. Belanja mudah tidak perlu repot #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here