Kewajiban Suami Terhadap Istri Pasca Melahirkan, Apa Saja?

0
3527
Kewajiban Suami Terhadap Istri Pasca Melahirkan, Apa Saja?
Foto: liputan6.com

Sebagai pasutri baru, baik kamu maupun pasangan harus mengetahui kewajiban masing-masing. Salah satu contohnya, yaitu kewajiban suami terhadap istri pasca melahirkan, mengingat akan banyak perubahan yang terjadi setelahnya.

Contoh kecilnya, yaitu waktu istirahat yang berkurang, pola makan yang berubah, hingga kebiasaan sehari-hari yang sudah pasti berbeda dari sebelumnya. Jika tidak diatasi dengan kerja sama yang baik antara suami istri, maka kemungkinan terjadinya baby blues sangat besar.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut kamu dan pasangan harus mengetahui apa saja kewajiban suami terhadap istri pasca melahirkan, yang di antaranya akan diulas secara lengkap informasinya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: 5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki, Yuk Cek Daftarnya!

5 Kewajiban Suami Terhadap Istri

5 Kewajiban Suami Terhadap Istri
Foto: kumparan.com

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kamu akan mengetahui sejumlah kewajiban suami terhadap istri setelah melahirkan yang di antaranya, yaitu:

1. Menunjukkan kasih sayang terhadap istri

Kewajiban pertama yang harus diketahui dan dilakukan para suami setelah istrinya melahirkan, yaitu menunjukkan kasih sayang. Tidak selalu berbentuk hubungan intim, namun lebih ke sentuhan cinta seperti peluk dan cium.

Selain itu, suami juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas sederhana yang romantis, sebagai upaya untuk menjaga keharmonisan sebagai pasangan. Pasalnya, untuk berhubungan seks sendiri istri belum siap secara fisik maupun mental selama masa nifas.

2. Mengobrol dengan istri

Kewajiban suami terhadap istri yang selanjutnya, yaitu mengajaknya berbicara. Mungkin terkesan sepele, namun ngobrol adalah aktivitas yang dapat meringankan beban istri.

Bisa saja saat mengobrol istri menceritakan apa saja yang sudah ia lakukan di hari tersebut, atau hal-hal lainnya yang dirasa berat. Nah ketika hal itu terjadi, sebaiknya kamu tidak menyalah artikan curahan hatinya sebagai keluhan.

Ada kemungkinan sang istri hanya ingin meluapkan perasaannya dan ingin didengar. Dengan begitu, sebisa mungkin kamu berperan sebagai suami yang memiliki sikap sabar dan pendengar, agar nantinya istri merasa lebih baik dan tenang.

3. Kewajiban suami terhadap istri dalam memanjakan

Selain dua kewajiban di atas, kamu juga perlu memanjakan istri agar ia tidak merasa dikesampingkan setelah hadirnya seorang anak. Adapun memanjakan yang dimaksud bisa berupa memijatnya agar terlepas dari rasa lelah, dan lain sebagainya.

Dengan hal-hal seperti itu, istri akan merasa sangat disayang dan diperhatikan, serta rasa cintanya pun semakin bertambah. Jadi, jangan pernah ragu ya untuk melakukannya!

4. Membantu merawat bayi

Poin keempat yang masuk ke dalam daftar kewajiban suami terhadap istri, yaitu membantunya dalam merawat bayi. Seperti yang diketahui, ini adalah hal dan tugas baru yang harus dilakukan pasutri setelah memiliki anak.

Terkait hal ini, suami bisa membantu istri dalam mengganti popok bayi, memandikan, menggendong, atau menidurkannya dengan nyanyian. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu tidak hanya meringankan tugas istri, namun juga membangun ikatan yang baik dengan anak.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Baby Blues dan Cara Mengatasinya!

5. Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah

Kewajiban terakhir yang patut diketahui dan dilakukan, yaitu membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Contohnya seperti mencuci piring, mencuci baju, membersihkan rumah, hingga memasak.

Dengan membantu beberapa pekerjaan tersebut, kamu setidaknya meringankan beban istri dan tidak membuatnya stres, sehingga bisa mendapatkan istirahat cukup yang nantinya berpengaruh pada kualitas ASI.

Nah, itulah lima kewajiban suami yang perlu kamu ketahui dan lakukan setelah istri selesai melahirkan. Bagaimana, terbayang cukup rumit ya? Tenang, jika sudah sering dilakukan kamu akan terbiasa dan tidak lagi merasa terbebani saat melakukannya.

Hanya saja, sebelumnya kamu perlu memiliki sejumlah produk yang dibutuhkan seperti popok celana maupun perekat, pompa asi, perlengkapan mandi bayi, hingga peralatan makannya. Semua itu saat ini bisa kamu temukan dan dapatkan dengan mudah secara online, salah satunya melalui JD.ID.

Pasalnya, platform belanja ini menyediakan lengkap produk kebutuhan bayi dan ibu melahirkan, yang bisa kamu beli sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada. Lalu, agar lebih hemat kamu bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%.

Dengan semua promo itu, kegiatan belanja jadi semakin menyenangkan, terlebih produk-produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel dengan memilih satu metode yang ingin digunakan, baik itu transfer bank, e-money, atau cash on delivery (COD).

Bagaimana, sangat mudah kan berbelanja di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!