Pahami Cara Tepat Memberikan MPASI Pada Buah Hati

0
183

Penelitian menunjukan pemberian MPASI yang tepat dapat berpangaruh pada pertumbuhan anak dan kecerdasaan, bahkan ketika dewasa. Sebaliknya, jika MPASI tidak diberikan dengan sesuai akan terjadi malnutrisi pada si kecil.

Ketika mulnutrisi terjadi, akan berdampak masalah jangka pendek dan jangka panjang. Yang paling sering terjadi ialah stunting yang kini sedang menjadi isu kesehatan.

Dampak lainnya, seperti anak sering sakit, akademis munurun, motorik terganggu, perkembangan bicara, hingga saat dewasa anak akan sulit dalam bekerja dan terserang berbagai penyakit seperti obesitas hingga stroke.

Nutrisi ke otak jadi kurang, alhasil anak sulit berkonsetrasi, hingga saat dewasa anak akan banyak bekerja kasar dibanding menggunakan otak. ntuk itu sebagai orangtua kita harus memerhatikan menu MPASI untuk si kecil. Berikut penjelasannya langkah memberikan MPASI.

1. Tepat Waktu

Berikan MPASI ketika ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi, MPASI pun dapat diberikan ketika anak sudah berusia 6 bulan. Usia 0-6 bulan 100 persen nutrisi diberikan dari ASI. 6-8 bulan mulai membutuhkan MPASI sebanyak 30 persen, ASI 70 persen.

Sedangkan, 9-11 bulan membutuhkan 50 persen ASI dan 50 persen MPASI. Diatas 1 tahun 30 persen ASI dan 70 persen MPASI.

2. Aman dan Higienis

Pastikan kebersihan tangan dan peralatan makan yang digunakan untuk menyiapkan serta menyajikan MPASI. Cuci tangan ibu dan bayi sebelum makan. Selalu cuci tangan ibu dengan sabun setelah ke toilet dan membersihkan kotoran bayi.

Simpan makanan yang akan diberikan kepada bayi di tempat yang bersih dan aman. Pisahkan talenan yang digunakan untuk memotong bahan makanan mentah dab bahan makanan matang.

3. Diberikan Secara Responsif

MPASI diberikan secara konsisten sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari anak. Proses makan yang memerlukan intearaksi bayi dan ibu atau pengasuh. Menyuapi, makan sendiri jika anak yang lebih besar, sabar, tidak memaksa, perhatikan tanda lapar dan kenyang, serta hindari distraksi atau gangguan pengalih perhatian.

Nah, sahabat JD.ID dapat MPASI yang dibutuhkan tidak harus repot dan tentunya mudah hanya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here