Pahami Jenis Popok Bayi yang Aman Untuk Sang Buah Hati

0
159

Banyak orang tua yang memilih popok bayi sekali pakai karena dinilai lebih praktis dan mudah digunakan. Namun, di sisi lain, tidak sedikit orang tua yang meragukan keamanan jenis popok bayi tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis popok yang aman agar bayi terhindar dari risiko ruam popok.

Penggunaan popok bayi, baik itu popok kain atau popok sekali pakai, tergantung pada kebutuhan dan pilihan masing-masing orang tua. Sebagian orang tua memilih popok kain karena lebih murah, dan sebagian lagi memilih popok sekali pakai karena lebih praktis. Ada juga orang tua yang menggunakan keduanya, tergantung kebutuhan.

Bila Sahabat JD.ID memilih untuk menggunakan popok sekali pakai yang lebih praktis, kamu perlu lebih selektif dalam memilih produk popok bayi tersebut. Hal ini dikarenakan beberapa bahan yang terdapat di dalam popok bayi sekali pakai bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi.

Saat memilih popok bayi, Sahabat JD.ID perlu memperhatikan bahan-bahan yang digunakan di dalamnya. Umumnya, bahan yang digunakan pada tiap lapisan popok bayi dinilai aman untuk kesehatan bayi. Meski begitu, ada juga beberapa bahan yang harus kamu hindari karena berisiko menimbulkan gangguan kesehatan. Untuk memilih popok bayi yang aman, perhatikan hal-hal berikut ini:

Bahan Lapisan Luar Popok

Lapisan luar biasanya dilapisi dengan plastik yang terbuat dari film polietilena atau bioplastik. Sementara itu, bagian dalam popok yang bersentuhan dengan kulit terbuat dari polipropilena. Kedua bahan tersebut dianggap aman untuk kulit bayi.

Bahan Menyerap Popok Bayi 

Bagian tengah popok mengandung olahan ampas kayu yang diberi pemutih dan penyerap polimer. Bahan-bahan tersebut memiliki daya serap tinggi.

Akan tetapi, beberapa popok bayi ada yang mengandung senyawa kimia dioksin atau klorin untuk memutihkan ampas kayu. Bahan kimia tersebut sempat menjadi perhatian karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kanker.

Meski demikian, kadar senyawa dioksin yang terdapat pada popok bayi umumnya sangat rendah, sehingga dianggap aman untuk bayi. Bagian popok yang memiliki daya serap tinggi juga biasanya mengandung bahan polimer, yaitu natrium poliakrilat. Walaupun tidak beracun dan tidak menyebabkan iritasi kulit, bahan ini bisa mengganggu pernapasan bila terhirup.

Selain itu, bahan penyerap pada popok bayi sekali pakai juga ada yang mengandung phthalate. Sahabat JD.ID sebaiknya tidak memilih produk popok bayi sekali pakai yang mengandung zat kimia tersebut karena berisiko menimbulkan gangguan pada kesehatan sang buah hati.

Itulah tips singkat untuk Sahabat JD.ID dalam memilih popok yang baik untuk si kecil, berikan popok terbaik untuk sang buah hati agar nyaman beraktifitas sehari-hari. Temukan beragam kebutuhan popok bayi hanya di JD.ID dan manfaatkan penawaran harga terbaik dari JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here