Pahami Trik Ini Saat Mengajarkan Anak Berenang Sejak Dini

0
144

Sahabat JD.ID, mengenalkan olahraga sejak dini kepada anak memang penting. Gunanya selain untuk menjaga kesehatan juga sebagai ajang menyalurkan bakat kepada anak. Salah satunya adalah berenang yang memilki banyak manfaat dan kegunaan untuk buah hati.

Beberapa di antaranya adalah melatih refleks dan kepercayaan diri di dalam air, melatih motorik, hingga mengoptimalkan kecerdasan anak.

Namun, agar segalanya berjalan lancar dan aman kamu sebaiknya melakukan persiapan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini. Perhatikan beberapa hal ini ya!

Perhatikan Kondisi Anak

 

Sejak lahir si kecil sudah memiliki refleks untuk menggerakan kaki dan tangannya di dalam air. Meski begitu, kamu disarankan untuk mengajak bayi berenang saat ia memasuki usia 6 bulan. Pasalnya, di usia ini otot serta sistem imun anak sudah lebih kuat.

Selain faktor usia dan perkembangan anak, kamu perlu memerhatikan kondisi tubuhnya, ya. Pastikan si kecil dalam kondisi sehat dan tidak baru saja diimunisasi dalam waktu dekat, karena kondisi yang tidak fit akan membuat anak merasa tidak nyaman.

Selalu Temani Sang Buah Hati

Di saat usia anak belum menyentuh satu tahun, sang buah hati tidak bisa berenang sendiri. Hal ini karena refleks neonatal yang membuatnya nyaman berada di dalam air akan hilang setelah usia 1 bulan. Untuk itu, usahakan kamu selalu temani dan pegangi si kecil setiap saat, ya. Selain memberikan rasa aman, ikatan atau bonding antara orang tua dan buah hati akan semakin kuat.

Periksa Suhu Air

Tidak seperti orang dewasa, bayi belum memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Itulah mengapa, suhu dari air menjadi hal yang wajib untuk selalu kamu perhatikan. Sebelum berenang, pastikan air dalam kolam tidak terlalu dingin ataupun panas.

Suhu air yang ideal adalah sekitar 30°C untuk anak yang berusia lebih dari 12 minggu atau memiliki berat badan minimal 5 kg. Sedangkan untuk anak dengan berat yang lebih rendah, setidaknya air memiliki suhu di atas 32°C.

Ajarkan Secara Perlahan Jangan Memaksakan

Layaknya sebuah kemampuan dan bakat, untuk bisa berenang bayi tentu memerlukan waktu untuk belajar. Kamu bisa memulainya dari hal yang paling sederhana, yaitu duduk di tepi kolam. Barulah perlahan ajak anak untuk masuk ke dalam kolam.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kontak mata dan berbicara dengannya. Jika ia terlihat takut, ajak anak menepi dulu dan coba lagi kemudian. Sebab dengan memaksakan anak justru akan membuatnya semakin panik dan takut untuk berenang.

Hal penting lain yang tidak boleh kamu lupa adalah persiapan alat-alat renang untuk bayi. Misalnya saja swim neck ring atau pelampung leher dan popok anti air khusus berenang. Nah, semua perlengkapan tadi bisa kamu dapatkan dengan mudah di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here