Pekan ASI Sedunia, Tingkatkan Kesadaran Menyusui Untuk Anak

0
215

Minggu pertama Agustus menjadi peringatan terhadap pentingnya Air Susu Ibu (ASI). Hal tersebut diperingati dalam Pekan ASI Sedunia yang berlangsung setiap  1-7 Agustus. Salah satu tujuan penyelenggaraan pekan ASI sedunia adalah untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya peran ASI bagi si kecil.

The World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) atau Aliansi Gerakan Menyusui Dunia dibentuk pada tahun 1991. Setelah itu, pada tahun 1992 untuk pertama kalinya diselenggarakan World Breastfeeding Week (WBW) atau Pekan ASI Sedunia. Sejarah Pekan ASI Sedunia bermula dari upaya WHO dan UNICEF dalam mendukung ibu menyusui di seluruh dunia.

Seperti diketahui ASI merupakan awal terbaik bagi setiap anak dalam kehidupan. ASI memberikan manfaat kesehatan, nutrisi dan emosional untuk anak dan ibu. Ini merupakan bagian dari sistem pangan berkelanjutan. ASI adalah proses memberikan nutrisi secara alami, yang tidak selalu mudah untuk dilakukan.

ASI sumber nutrisi terbaik bayi dan melindunginya dari penyakit. Gangguan menyusui dapat menyebabkan penurunan suplai ASI, penolakan bayi untuk menyusu dan penurunan faktor imun pelindung yang terkandung dalam ASI.

Sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap Gerakan ASIX (Pro-ASI Eksklusif), JD.ID bersama para mitra brand mengadakan sebuah program bertajuk #JDProASI Breastfeeding Virtual Fair 2020. Pada program ini, JD.ID menawarkan serangkaian promo menarik untuk para pelanggan, mulai dari diskon menarik, voucher gratis ongkir, flash sale, hingga mengadakan kegiatan online sharing session sebagai sarana edukasi para Ibu.

Para ahli melihat bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya pemberian ASI eksklusif di Indonesia adalah kurangnya dukungan masyarakat sekitar bagi para Ibu hamil dan Ibu menyusui. Oleh karenanya, JD.ID sebagai bagian dari masyarakat Indonesia tergerak untuk ikut terlibat secara langsung dalam meningkatkan awareness mengenai ASI eksklusif dan pemenuhan gizi bayi, di tengah para Ibu Indonesia.

Pada #JDProASI Breastfeeding Virtual Fair 2020, khususnya pada tanggal 4-5 Agustus 2020, JD.ID bersama para mitra brand akan menggelar Online Sharing Session bersama para ahli di bidang laktasi, antara lain :

  • dr. Ameetha Drupadi sebagai Pejuang ASI Indonesia yang akan membahas topik “Mengatasi Tantangan Menyusui di Era New Normal”
  • Dr. dr. A. Yogi Pramatirta . SpOG(K), M. Kes sebagai Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan yang akan membahas topik “Tahukah Ibu, Kekurangan Kalsium Saat Menyusui Bisa Sebabkan Osteoporosis?”
  • Bidan Putri S.tr. Keb sebagai Bidan & Founder dari @homecarebidanputri yang akan membahas topik “Masalah Pencernaan Pada Bayi”
  • Salsabila, Am. Keb sebagai Bidan, Pemijat Bayi Tersertifikasi, dan Konselor Menyusui yang akan membahas topik “Persiapan New Born Care”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here