Peralatan Sekolah Baru dan Persiapannya Untuk Ajaran Baru

0
152
Peralatan Sekolah Baru dan Persiapannya Untuk Ajaran Baru
Source: Freepik

Libur sekolah telah tiba waktunya untuk bersantai, jalan-jalan, dan have fun bersama keluarga atau teman-teman. Tapi kamu juga jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai hal sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar pada ajaran baru tahun 2022/2023. Misalnya seperti peralatan sekolah yang baru.

Pasti kamu gamau kan, kalau harus memulai pembelajaran baru dengan peralatan sekolah tahun lalu? Habit ini rupanya memang sudah sangat melekat oleh para pelajar di Indonesia.

Meski memang sempat diadakannya pembelajaran secara hybrid, namun sepertinya kini sudah mulai beranjak untuk pembelajaran tatap muka secara penuh. OLeh sebab itu pentingnya kamu mempersiapkannya dengan sangat baik. Tapi apa aja sih yang harus kamu persiapkan?

Baca Juga: Ketahui Jenis Pensil Berdasarkan Ketebalan Serta Fungsinya

5 Peralatan Sekolah yang Musti Kamu Miliki

Peralatan Sekolah
Source: Freepik

Memasuki hari pertama sekolah merupakan hari yang cukup menegangkan sekaligus sangat bersamangat. Lantaran kita akan mendapati pelajaran, guru, dan teman yang baru di hari yang bersamaan.

Rasa semangat yang akan selalu terulang setiap tahun ini, pastinya akan selalu dibarengi dengan membeli berbagai macam perakatan sekolah yang baru pula. Apa saja itu?

1. Buku Tulis

Hal yang wajib kita beli setiap memasuki ajaran baru tentu saja buku tulis. Biasanya anak laki-laki akan memilih buku tullis dengan cover tim sepak bola, sedangkan anak perempuan akan memilih cover karakter atau film favorit seperti Barbie.

Beda lagi halnya dengan mahasiswa/i. Pada umumnya cenderung akan memilih notebook atau binder yang memiliki design lebih simple dan pastinya lebih tebal dibandingkan dengan buku tulis pada umumnya.

2. Perlengkapan Alat Tulis Sekolah

Hal berikutnya yang tak pernah luput untuk dibeli yakni alat tulis. Mulai dari pensil, pulpen, penghapus, tip-ex, highlighter, spidol, penggaris, hingga kotak pensil semuanya wajib baru. Dengan mengenakan alat tulis baru, rasa semangat untuk menulis atau mencatat pun akan meningkat. Sehingga tak heran jika awal-awal pembelajaran catatan kita selalu lengkap.

3. Tas Sekolah

Berikutnya terdapat tas sekolah. Untuk anak-anak atau bahkan mahasiswa biasa tas sekolah sering dijadikan sebagai ajang pamer, terutama untuk para perempuan. Rasanya bangga apabila memiliki tas yang menggemaskan dan menjadi sorot perhatian teman-temannya.

Perlengkapan sekolah yang satu ini memang tak begitu wajib dibeli, namun apabila dirasa tas kamu sudah rusak alangkah baiknya kamu ganti tas saja. Atau buat kamu yang ingin tampil beda, lebih fresh, atau ganti gaya baru bisa juga menggunakan tas baru yang sesuai dengan style kamu ke sekolah.

4. Sepatu

Selain tas, ada pula sepatu. Penampilan ke sekolah ini sangat penting dan bisa mencerminkan diri kamu lho! Pasalnya tak hanya pakaian saja yang menyokong untuk mencerminkan diri kamu, tapi tas, sepatu, dan aksesoris ini juga dapat mencerminkan karaktermu.

Misalnya kamu merupakan seorang yang feminin kamu bisa menggunakan tas yang sepatu bewarna soft seperti baby blue, pinky, nude, dll. Tapi apabila kamu tomboy atau suka dengan musik genre rock kamu bisa gunakan sepatu bewarna hitam atau sepatu boot yang dilengkapi dengan aksesorisnya.

Sepatu sekolah ini juga memiliki model dan warna yang bervariasi. Meskipun pada umumnya murid sekolah menggunakan sepatu olahraga. Sedangkan bagi para mahasiswi biasa mengenakan flat shoes.

5. Perlengkapan Seragam Sekolah

Perlengkapan sekolah terakhir yang musti kamu miliki pastinya seragam sekolah. Nah setiap tahun beberapa anak akan mengganti seragamnya akibat sudah pudarnya warna pada pakaian atau ukuran yang sudah kekecilan.

Seragam sekolah yang wajib dimiliki yakni putih merah untuk SD, putih biru untuk SMP, dan putih abu untuk SMA, tak lupa pula dengan sergam pramuka, olahraga, dan batik. Sedangkan untuk mahasiswa pada umumnya sudah tidak mengenakan seragam, tapi kembali lagi tergantung pada jurusan yang kamu pilih.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Slime

3 Hal Persiapan Saat Memasuki Hari Pertama di Sekolah

Selain mempersiapkan peralatan sekolah, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan sebelum memasuki ajaran baru di sekolah. Untuk mengetahui lebih lanjut yuk simak.

1. Persiapkan Mental

Bagi sebagaian orang memasuki ajaran baru memanglah tak mudah. Adanya rasa cemas atau ketakutan hingga menimbulkan over thinking. Nah hal ini wajib kamu hindari ya. Kamu bisa mencoba untuk berfikir positif. Ingat bahwa kamu pasti akan mendapati teman dan pengajar yang baik, nilai yang bagus, dan selalu menjalani hari dengan rasa gembira.

2. Persiapkan Topik Pembicaraan

Persiapan yang kedua lebih teruntuk kamu yang introvert dan pemalu. Kamu bisa mempersiapkan topik pembicaraan dan latihan di depan kaca agar tidak canggung saat berkenalan dengan teman baru.

Contoh dari topik ringan ini yakni membahas seputar liburan sekolah tahun ini, club atau pertandingan olahraga, informasi mengenai lawan bicara kamu seperti makanan favorit atau tempat tinggal. Atau untuk para wanita bisa pula kamu memujinya, seperti menanyakan ‘tas kamu lucu sekali, beli dimana?’ dan hal serupa lainnya.

3. Persiapkan Komitmen dan Tujuan

Hal yang paling penting saat ingin memasuki sekolah yakni komitmen dan tujuan. Buatlah target goal kamu di tahun ini. Catat pula bagaimana langkah-langkah yang musti kamu jalani untuk mencapai goal tersebut. Setelah itu buatlah komitmen dengan sungguh-sungguh.

Sedikit tips, kamu bisa mencatat semua goal kamu dan tempelkan pada meja belajar. Selain itu kamu bisa pula memberikan kata-kata motivasi di sticky notes. Tempelkan sticky notes tersebut di buku, meja belajar, kotak pensil, atau tempat-tempat yang sering kamu lihat.

Promo back to school JD ID

Itulah berbagai macam peralatan sekolah yang harus kamu miliki serta persiapan yang wajib kamu lakukan untuk memasuki kegiatan pembelajaran pada ajaran baru 2022/2023. Untuk mendapatkan semua perlengkapan sekolah tersebut, kamu bisa mendapatinya di JD.ID.

Dengan belanja di JD.ID  kamu tak perlu pusing keluar rumah atau mengganggu liburan kamu. Cukup buka aplikasinya dan belanja secara daring saja. Pembayarannya sangat mudah, dan pastinya layanan pengirimannya sangat cepat dan gratis ke seluruh Indonesia. Selain itu ada banyak promo diskon menarik lho!

Jadi kamu ingin memulai persiapan ini darimana?