Persiapkan Hal Berikut, Jelang Melahirkan di Era New Normal

0
196

Adanya pandemi Virus Corona tidak jarang membuat masyarakat merasa khawatir. Tidak terkecuali bagi para ibu hamil yang sebentar lagi akan melahirkan. Apakah prosedurnya aman? Apakah nanti bumil harus melahirkan sendirian?

Itu hanyalah dua dari banyaknya kekhawatiran yang mungkin saja dirasa oleh ibu hamil. Untuk itu, persiapan yang matang perlu dilakukan, Moms, agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. Berikut hal-hal yang perlu bumil lakukan jelang melahirkan di era new normal.

Pemeriksaan Kandungan Rutin

Untuk ibu melahirkan, jangan takut untuk ke dokter, ya! Apalagi saat waktu melahirkan semakin dekat. Pemeriksaan kandungan harus tetap dilakukan, sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Namun, agar ibu hamil tetap terlindungi, ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah di tentukan.

Gunakan masker dan jaga jarak aman dengan orang lain. Nantinya, pihak rumah sakit juga akan melakukan pengecekan suhu serta interview terkait riwayat penyakit, sehingga pasien sudah bisa dipisahkan sejak di ruang tunggu.

Sebelum masuk ruangan kontrol, Moms dianjurkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Tujuannya agar kebersihan tangan tetap terjaga.

Memilih dan Mempertimbangkan Tempat Persalinan

Moms, di era new normal seperti saat ini, memilih tempat melahirkan tidak boleh asal. Berbagai hal perlu dipertimbangkan dengan matang, termasuk resiko dan manfaatnya. Apakah akan melahirkan di rumah, klinik, atau rumah sakit ?

Sebaiknya diskusikan ini dengan Ayah dan dokter yang menangani kamu selama kehamilan, ya. Jika Moms sudah menentukan pilihan, tanyakan dengan jelas terkait prosedur persalinan di tengah pandemi COVID-19. Hal ini supaya ibu hamil dapat segera bersiap.

Menentukan Metode Melahirkan

Ibu hamil biasanya diberikan kebebasan untuk memilih metode persalinan yang nyaman untuknya, baik itu secara normal atau melalui operasi caesar. Namun, pilihan ini nantinya akan tetap disesuaikan dengan kondisi kehamilan, tentunya berdasarkan anjuran dari dokter dan bidan yang menangani.

Ibu hamil dengan kondisi normal bisa melahirkan secara normal juga. Akan tetapi, bila selama kehamilan kamu mengalami kondisi tertentu yang perlu penanganan khusus, maka operasi Caesar lebih disarankan.

Batasi Pendamping Saat Melahirkan

Karena pandemi Virus Corona, pihak rumah sakit tentu telah melakukan sejumlah penyesuaian, salah satunya terkait peraturan jumlah pendamping melahirkan.

Pendamping bagi ibu hamil ini nantinya tetap diizinkan, hanya saja jumlahnya lebih dibatasi, yaitu 1 orang saja. Hal ini penting untuk dilakukan, guna mengurangi kontak langsung untuk menekan penyebaran Virus Corona.

Untuk itu, Moms harus segera bersiap ya, pilih 1 anggota keluarga yang sekiranya bisa menemani selama proses melahirkan nanti. Anggota keluarga tersebut haruslah dalam keadaan sehat dan wajib menerapkan protokol kesehatan selama berada di ruang bersalin.

Melakukan Skrining Sebelum Melahirkan

Selain beberapa hal tadi, hal lain yang tidak boleh dilupakan ada melakukan skirining. Saat due date semakin dekat, atau usia kehamilan 38 minggu, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR).

Namun, bila Moms belum sempat melalkukannya, Moms bisa mengikuti rapid test. Hal ini agar langkah proteksi bagi bumil dan janin tepat dan lebih maksimal.

Prosedur Ibu Hamil Positif COVID-19

Jika hasil tes menyatakan ibu hamil positif Covid-19, terdapat beberapa prosedur perawatan khusus yang perlu diterapkan. Bumil disarankan untuk melahirkan dengan metode section-cesarean.

Lalu, Moms tidak dianjurkan untuk menjalani IMD atau Inisiasi Menyusui Dini, ASI akan diperah kemudian diberikan pada bayi lewat botol. Ruang bagi Moms pun nantinya akan dipisah, tidak menggunakan rawat gabung dengan ibu lainnya.

Moms, meski ada banyak langkah persiapan khusus, tapi Moms jangan khawatir, ya! Tetap tenang dan jangan cemas, karena Moms dan calon buah hati akan tetap mendapat pelayanan terbaik, sebelum, selama, bahkan setelah melahirkan.

Nah, untuk informasi seputar kehamilan dan persiapan melahirkan di masa new normal dan informasi lainnya jangan lupa untuk selalu update di JD News! Jangan lupa juga akses laman dan applikasi JD.ID untuk belanja keperluan kamu selama #Dirumahaja. Selain itu juga sahabat JD.ID bisa melakukan deteksi dini COVID-19 dengan nomimal diskon 45% hanya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here