Posisi Menyusui Gak Boleh Sembarangan, Kenapa Ya?

0
2877
Posisi Menyusui
Source: Freepik

Posisi menyusui sering menjadi pergunjingan para new moms. Lantaran, masih banyak ibu yang merasa bingung dan belum beradaptasi dengan hal tersebut terutama saat bayi baru lahir.

Proses menyusui atau biasa dikenal dengan laktasi adalah teknik menyusui mulai dari ASI diproduksi hingga bayi menghisap dan menelannya. Meski terkesan mudah, namun kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukannya lho! Alasannya, posisi menyusi yang salah akan berdampak buruk bagi ibu maupun si kecil. Misalnya seperti:

  • Payudara menjadi kendur
  • Memungkinkan payudara sakit dan puting lecet
  • ASI menjadi kurang lancar
  • Bayi dapat tersedak
  • Usai menyusui si kecil menjadi rewel dan frustasi akibat kesulitan menghisap ASI
  • Berat badan bayi kian tidak bertambah bahkan cenderung turun
  • Anak merasa kelaparan terus menerus

Apakah Posisi Menyusui Bunda Sudah Benar?

Posisi Menyusui yang Benar
Source: Freepik

Menemukan posisi menyusui yang nyaman memang terkadang sangat sulit, apalagi jika si kecil sedang rewel. Sesulit apapun kondisnya, lamun bunda harus segera beradaptasi dan membenarkan. Ini dia, beberapa contoh posisi yang salah dan tidak boleh dilakukan.

  • Menyusui Terlalu Membungkuk
  • Memberikan ASI Sambil Berdiri
  • Hanya Meberikan ASI Pada Salah Satu Payudara Saja
  • Badan Bayi Jauh dari Badan Ibu
  • Tubuh Bayi Menghadap ke Atas dan Kepala Bayi Miring
  • Hanya Leher dan Keplaa Bayi yang Tersanggah
  • Tidak Adanya Eye Contact antara Ibu dan Bayi

Hayo, siapa di sini yang masih melakukan posisi seperti di atas? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaiamana posisi menyusui yang seharusnya dilakukan, langsung saja yuk simak cara menyusui yang benar.

Baca Juga: Susu Formula Mendekasi ASI Ada Gak Sih?

1. Posisi Menyusui Cradle Hold dan Cross Cradle Hold

Posisi Menyusui Cradle Hold dan Cross Cradle Hold
Source: The Indian Express.com

Untuk menyusui menggunakan cara cradle hold cukup mudah dan nyaman. Tak heran jika banyak ibu yang menggunakan posisi ini.

Pertama-tamam gendong bayi perlahan dengan satu tangan. Saat mengangkatnya letakan bagian kepala bayi pada lengan bunda yang tertekuk serta bagian perut si kecil berada di perut ibu. Agar leher anak tidak pegal, posisikan kepala dan tubuh bayi tetap seimbang.

Lalu apa bedanya cradle hold dan cross cradle hold?

Meski memiliki cara yang sama, perbedaan yang signifikan hanya pada penopangan tangan ibu saja. Apabila bayi disusui dengan payudara sebelah kanan, maka posisi menyusui cradle hold artinya tangan yang digunakan untuk menopang sebelah kanan pula.

Sebaliknya cross cradle hold menggunakan tangan kiri untuk menggendong si kecil saat menyusui dengan payudara sebelah kanan.

2. Side-Lying

Posisi Menyusui Side-Lying
Source: The Indian Express.com

Terasa lelah namun di bunda harus menyusui si kecil, side lying bisa jadi option terbaik. Pasalnya kamu cukup berbaring menghadap samping, lalu posisikan bayi untuk berbaring serta miringkan tubuhnya dengan memberikan dorongan pada bagian punggungnya. Sehingga si kecil menjadi lebih mudah mencapai puting payudara ibu.

Posisi ini juga sering disarankan untuk para ibu yang baru melalui operasi caesar. Sedikit tips saat memberikan ASI, sebaiknya singkirkan bantal, guling, dan selimut yang ada di sekitar bayi. Selain itu jangan sampai bayi tertidur saat menyusui karena dapat membuat si kecil tersedak.

3. Breast Crawl

Posisi Mneyusui Breast Crawl
Source: Healthline.com

Usai melahirkan sudah menjadi hal yang wajar ibu memberikan ASI pada sang buah hati. Posisi menyusui breast crawl inilah yang dianjurkan oleh dokter, dikarenakan kondisi ibu yang masih lelah.

Jelasnya, ibu cukup berbaring ke belakang dan menaruh si kecil di atas dada dan perut. Dengan begitu, bayi akan berjalan dengan sendirinya mendekati salah satu payudara untuk melekat pada puting. Fakta menariknya sentuhan kulit tersebut dapat membantu merangsang naluri anak untuk mencari makanannya yakni ASI.

Baca Juga: ASI Seret, Jangan panik Atasi dengan bahan Alami Ini!

4. Football Hold Jadi Posisi Menyusui 

Football Hold 
Source: The Indian Express.com

Football hold atau dikenal juga dengan clutch hold adalah posisi menyusui yang dilakukan dengan cara mengapit atau menjepit tubuh bayi dengan lengan kita. Biasanya gaya yang satu ini banyak digunakan bagi para ibu yang memiliki payudara besar atau setelah caesar.

Selain itu, seandainya bunda memiliki anak kembar, kamu bisa menyusui sekaligus keduanya dengan foodball hold lho!

5. Sitting Baby Posisi Menyusui yang Nyaman Saat Berpergian

Sitting Baby
Source: madriella.org

Terakhir cara menyusui yang benar yakni dengan sitting baby atau australian hold. Posisi ini menggambarkan bayi duduk tegak dan mengarah pada tubuh bunda. Perlu di ingat, versi tersebut hanya diperuntukan bagi bayi yang sudah memiliki kemampuan untuk duduk sendiri.

Nah, untuk sang buah hati yang baru piawai duduk sendiri, mommy bisa memegangi area tengkuk kepala si kecil, agar ia tidak lelah atau pegal. Pastikan pula agar leher dan punggung bayi selalu sejajar, serta hidung bayi tidak tertekan.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Tahukah kamu, bahwa segala makanan yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada ASI lho! Sehingga sangatlah penting untuk para bunda menjaga asupan yang sehat dan bernutrisi.

Untuk menjaga kualitas ASI, maka ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari dan dibatasi. Sebab, ASI yang kurang baik akan mempengaruhi tumbuh kembang si kecil atau dapat pula membahayakan organnya. Berikut beberapa list makanan yang kurang dianjurkan.

  • Kafein
  • Alkohol
  • Buah yang terlalu asam
  • Cokelat
  • Ikan yang kurang segar dan tinggi merkuri
  • Daun parsley
  • Makanan mentah
  • Makanan kaleng
  • Makanan pemicu alergi seperti kacang-kacangan

Apabila ASI seret atau tidak lancar, ibu bisa menggunakan beberapa cara seperti memijat payudara, rileksasi, memompa ASI, mengonsumsi suplemen serta susu pelancar ASI.

Itu dia moms seputar informasi mengenai ASI yang sekiranya dapat membantu untuk atasi permasalahan saat menyusui. Mulai dari posisi menyusui, makanan yang dilarang, hingga cara memperlancar ASI.

Bagi para ibu yang memerlukan segala kebutuhan nutrisi untuk ibu dan bayi bisa kamu dapatkan secara lengkap di JD.ID. Selain produknya #DijaminOri, ada banyak promo diskon menarik juga lho!

Promo Ibu dan bayi JD.ID

Metode pembayarannya juga lengkap plus gampang banget deh! Eits, gak cuma berhenti di situ saja, pengiriman JD.ID pastinya cepat, aman, dan gratis ke seluruh Indonesia. Asik banget kan? Tunggu apalagi, ayo buruan cek promonya sekarang juga!