Susu Formula Jadi Pilihan Tepat Pengganti ASI, Ini Alasannya!

0
975
Susu Formula
Source: Freepik

Susu formula saat ini memang banyak diberikan pada anak, termasuk bayi baru lahir. Meskipun sebenarnya ASI merupakan susu terbaik untuk melengkapi nutrisi si kecil, sayangnya tak semua ibu dapat memberikan ASInya.

Beberapa alasan menurut laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bayi memiliki masalah genetik, kondisi kesehatan ibu yang lemah seperti mengidap HIV atau penyakit lainnya, ASI yang tidak keluar, hingga faktor kepergian sang ibu pun dapat menjadi alasan pemberian susu formula pada si kecil.

Hal ini benar adanya, bahkan menurut JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Penelitian Kesehatan (Vol 7, No 1 tahun 2020) menyatakan bahwa pemberian ASI eksklusif di Indonesia hanya mencapai 55,7% saja.

Baca Juga: Kenali Susu Formula Untuk Bayi Baru Lahir, Awas Jangan Salah Pilih

Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir
Source: Health Australian National University

Saat ASI tak dapat diberikan oleh ibu, maka susu formula sudah menjadi pilihan terbaik dalam memberikan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang si kecil. Tapi apa sih sebenarnya susu formula untuk bayi baru lahir?

Susu formula merupakan suatu produk susu pengganti ASI berbentuk cair atau bubuk yang di proses secara khusus untuk memenuhi nutrisi bayi. Pada umumnya susu ini terbuat dari susu sapi. Namun ada pula yang terbuat dari isolat protein kedelai (soya) yang direkomendasikan untuk bayi alergi terhadap susu sapi.

Sayangnya susu pengganti ASI tersebut memiliki beberapa kekurangan. Maka dari itu ibu wajib pertimbangkan kembali. Seperti yang kita tahu bahwa susu ini tak dapat menandingi kompleksitas ASI, yang mana ASI dapat memberikan nutrisi lengkap serta antibodi pada si kecil.

Namun dibalik kekurangan tentu ada kelebihan. Praktis, sudah menjadi keunggulan utamanya karena siapapun dapat memberikannya dengan bebas, jadi selain dapat meringankan tugas ibu, anak juga dapat mengenal anggota keluarga lebih intens. Susu ini juga tidak dicerna secepat ASI. Dengan begitu si kecil tidak akan mudah lapar.

Saat mempompa atau menyusui dengan ASI memang tidak dapat dipungkiri sangat melelahkan dan dapat memicu stress berat, tak heran apa bila banyak ibu yang mengalami baby blues. Susu formula bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental ibu lho!

Baca Juga: Kenali Apa Itu Baby Blues dan Cara Mengatasinya

Keuntungan lainnya yang bisa ibu dapatkan yakni bisa bebas dalam mengonsumsi makanan seperti kopi, sambal, alkohol, makanan olahan, susu olahan, dll. Fakta uniknya, banyak sekali para ibu yang sudah menyusui dengan ASI, namun ia juga tetap memberikan susu formula pada si kecil.

Susu Bayi Baru Lahir untuk Bayi 0-6 Bulan

Bayi baru lahir memang direkomendasikan untuk mengonsumsi ASI selama dua tahun. Namun banyak kondisi dimana ibu tidak dapat memberikan ASI secara eksklusif untuk sang buah hati karena berbagai macam alasan.

Hal tersebut membuat ibu akhirnya memberikan susu formula agar kebutuhan nutrisi bayi usia 0-6 bulan tetap terpenuhi. Meski begitu, ibu diharuskan memberikan susu yang sesuai dengan kondisi si kecil.

Pasalnya, setiap tahapan usia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Dalam hal ini sangat disarankan agar ibu memberikan susu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, DHA, AA, ARA, probiotik & prebiotik, laktoferin, zat besi, serta vitamin yang cukup.

Tips dalam memilih susu formula terbaik untuk bayi 0-6 bulan yakni wajib memperhatikan kandungan susu, pilih sesuai dengan usia bayi, usahakan pula mencari susu formula bayi yang mendekati ASI.

Susu Bayi Terbaik untuk Usia 1-3 Tahun

Saat anak mulai tumbuh menginjak usia satu tahun dan sudah dapat mengonsumsi makanan, ibu dapat memberikan susu yang kandungannya lebih lengkap lagi. Terlebih untuk zat besi dan Omega 3 & 6. Lantaran di umur 1-3 tahun anak sangat aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Maka dari itu peran susu formula sangat berguna dalam tumbuh kembang yang optimal pada anak. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pembentukan tulang dan gigi, meningkatkan kecerdasan anak, menyehatkan pencernaan, menutrisi kulit, memberikan energi, hingga mampu menghilangkan stress lho!

Lalu kenapa sih susu formula wajib diberikan?

Selain memberikan makanan sehat bernutrisi tinggi, anak juga membutuhkan asupan gizi serta vitamin kompleks agar si kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang sehat, kuat, pintar, dan aktif.

Oleh karena itu, susu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu tumbuh kembang si kecil serta meningkatkan motorik halus dan kasar pada anak. Soalnya, aktivitas fisik membutuhkan energi yang banyak dan hal tersebut bisa didapatkan dari susu formula.

Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula
Source: Allergy UK

Seperti diketahui, bayi baru lahir masih sangat sensitif terhadap asupan makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut berisiko menimbulkan masalah pada pencernaan si kecil.

Tidak hanya dari makanan saja, namun pemberian susu yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab utamanya. Untuk itu, ibu harus waspada dengan berbagai tanda bayi tidak cocok dengan susu formula.

Seringkali faktor dari tidak cocok diakibatkan oleh alergi. Misalnya bayi yang alergi terhadap susu sapi. Namun ibu tak usah khawatir, sebab ibu bisa memberikan susu formula soya. Namun jika ibu masih ragu bisa segera konsultasikan ke dokter untuk meminta rekomendasi susu untuk sang buah hati.

Lalu seperti apa tanda bayi tidak cocok susu formula?

Biasanya bayi akan mengalami gangguan dalam pencernaan seperti sakit perut, muntah, diare, ruam pada kulit, terjadinya pembengkakan, gangguan pernafasan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, warna feses bayi tidak cocok susu formula juga akan berbeda. Beberapa di antaranya yakni bewarna hijau, hitam, cokelat gelap, bahkan adapula yang bewarna bening. Apabila terjadi hal demikian, segera konsultasikan pada dokter. 

Susu Formula Tahan Berapa Jam

Susu Formula Tahan Berapa Jam
Source: Milk Drunk

Banyak sekali pertanyaan mengenai “Susu Formula Tahan Berapa Jam”. Pasalnya¬† dalam penyimpanan, pembuatan, serta pemberian susu ini tidaklah sembarangan. Alasannya dikarenakan susu tersebut sangat rentan akan kuman dan bakteri. Maka dari itu banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya.

Baca Juga: Anjuran Waktu dan Aturan yang Tepat Dalam Memberikan Susu Formula

Agar bayi tidak terinfeksi maka ibu wajib menjaga kebersihan, memilih botol susu yang tepat, serta memahami aturan frekuensi minum susu formula untuk bayi. Susu ini juga sangat disarankan untuk segera dihabiskan dalam kurun waktu satu jam.

Jika tidak segera dihabiskan oleh bayi batas maksimalnya yakni hanya dua jam saja ketika sudah dicampurkan dengan air. Apabila lebih dari dua jam, ibu wajib membuangnya ya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar susu sudah terkontaminasi dengan bakteri patogen.

Nah untuk para ibu yang mau memberikan susu terbaik untuk sang buah hati dengan kualitas dan harga terbaik bisa segera kunjungi JD.ID. Nikmati promo diskon menarik khusus produk ibu, bayi, dan anak.

Promo Diskon Susu Bayi JD.ID

Selain produknya yang lengkap serta harganya yang bersahabat, JD.ID juga memberikan jaminan produk original 100% sekaligus memberikan pelayanan extra dalam pengiriman. Pengiriman ke seluruh Indonesia pasti aman, cepat, dan gratis.

Untuk metode pembayarnnya juga ada banyak pilihan yang dapat ibu sesuaikan. Mulai dari e-money, debit card, kredit card, kredit online, hingga pembayaran lewat alfa mart atau indomaret pun bisa lho. Tunggu apalagi yuk belanja lebih hemat untuk kebutuhan si kecil bersama JD.ID!