Susu Formula Tahan Berapa Jam dan Aturan Minumnya

0
58238
susu formula tahan berapa jam
source: freepik

Banyak dari para ibu yang merasa bingung apa itu susu formula, tahan berapa jam saat susu sudah dibuat namun tidak habis, lalu bagaimana aturan meminumnya dalam usia-usia tertentu? Nah semua hal tersebut akan dijawab secara lengkap dalam bacaan ini.

Susu formula adalah suatu produk susu yang berbentuk bubuk atau cair sebagai pengganti susu asi ibu yang dibuat secara khusus dengan nutrisi yang baik bagi bayi. Susu formula terbuat dari susu sapi. Namun hal yang wajib kamu ingat bahwa susu formula berbeda dengan susu sapi biasa ya.

Susu formula sudah dirancang khusus untuk memenuhi nutrisi bayi dan tentunya dapat diterima dalam pencernaan bayi. Sehingga susu ini tak ada efek samping seperti diare atau selembit.

Sebenarnya hal tersebut dapat terjadi, namun hanya pada bayi yang mengalami kondisi khusus atau alergi pada kandungan yang terdapat pada susu tersebut. Susu formula sendiri tak dapat dikonsumsi sembarangan.

Hal ini dikarenakan ia memiliki beberapa aturan dalam mengkonsumsinya, seperti susu formula tahan berapa jam? Bagaimana cara penyimpanannya? Berapa aturan frekuensi untuk meminum sesuai usianya? dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenali Susu Formula Untuk Bayi Baru Lahir, Awas Jangan Salah Pilih

Aturan Membuat Susu Yang Benar

susu bayi formula
source: freepik

Bayi diperbolehkan meminum susu formula ketika ia baru lahir. Pada umumnya susu ini dikonsumsi untuk bayi berusia 0 – 6 bulan. Meskipun begitu susu formula tak bisa disamakan dengan susu asi ibu. Akan tetapi susu ini sangat membantu bagi ibu yang tidak dapat memberikan asinya atau bayi tidak dapat menerima asi ibunya.

Faktanya susu formula juga sebenarnya sangat rentan oleh kuman dan bakteri, maka dari itu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan susu formula bayi agar terhindar dari infeksi kuman dan bakteri dalam tubuhnya.

1. Jaga Kebersihan

Hal yang pertama kali kamu lakukan yakni pastikan bahwa susu formula yang sudah kamu beli di simpan pada kulkas dengan suhu kurang dari 10 derajat celcius. Penyimpanan ini bertujuan untuk menghindari pertumbuhan bakteri, pastinya hal ini terhindar dari debu dan cahaya matahari langsung.

Botol susu yang ingin kamu gunakan juga harus kamu sterilisasi terlebih dahulu sebelum menuangkan susu ke dalamnya. Jangan lupa tangan kamu juga harus bersih saat ingin membuat susu bayi.

2. Pemilihan Botol Susu

Selain bersih, kamu juga harus memastikan bahwa botol susu yang kamu pilih memang khusus untuk susu formula. Artinya botol ini memang diperuntukan khusus bayi baru lahir. Sebaiknya pula kamu memilih botol dengan laber BPA-free. Dengan label tersebut botol susu yang akan kamu gunakan dipastikan aman untuk bayi batu lahir.

3. Aturan Frekuensi Minum Susu Formula

Susu formula memiliki kandungan yang beda dengan asi sehingga tak heran jika lebih sulit dicerna dalam pencernaan dibandingkan dengan asi. Oleh sebab itu ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter anak untuk pemberian susu formula tersebut.

Untuk bayi baru lahir pada umumnya menghabiskan sebanyak 45 – 90 ml. Dan dalam sehari meminum susu tiga sampai empat jam sekali. Lalu untuk bayi umur satu bulan disarankan meminum 90 – 120 ml dalam empat jam sekali. Untuk bayi umur dua bulan hingga tiga bulan pada umumnya meminum 120 – 150 ml dalam tiga hingga empat jam sekali. Bayi berumur empat bulan hingga lima bulan bayi sudah dapat meminum 120 – 180 ml dalam empat hingga lima jam sekali. Dan di usia enam bulan bayi mampu meminum 180 – 230 ml setiap empat hingga lima jam sekali.

Baca Juga: Susu Formula Jadi Pilihan Tepat Pengganti ASI? Cari Tahu Faktanya!

Susu Formula Tahan Berapa Jam? Bolehkah Menyimpannya di Kulkas?

susu bayi

Setelah susu formula dibuat, aturan dalam minum susu formula alangkah baiknya segera dihabiskan dalam waktu satu jam. Akan tetapi jika tidak segera dihabiskan oleh bayi tak mengapa, asalkan ada batas maksimalnya.

Rata-rata susu formula memiliki batas maksimal dua jam saja setelah dicampurkan dengan air. Jika lebih dari dua jam ada baiknya susu tersebut segera dibuang saja. Hal ini dikarenakan sangat memungkinkan bahwa sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Susu formula sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri patogen jika dibiarkan terlalu lama. Biasanya susu tersebut juga sudah basi dan ada rasa asam. Jadi lebih baik selalu cek sebelum memberikan kepada bayi ya Moms.

Susu formula yang diseduh dan tidak habis juga tidak disarankan untuk disimpan dalam lemari es atau kulkas. Pasalnya hal ini justru mampu memicu bakteri jahat. Alangkah baiknya jika tak habis segera buang saja.

Promo Diskon Susu Bayi JD.ID

Nah itu dia Moms jawaban untuk susu formula tahan berapa jam serta bagaimana aturan meminumnya yang baik dikonsumsi untuk sang buah hati. Tips terakhir yakni jangan lupa memilih susu formula yang memiliki kandungan terbaik untuk bayi.

Ada berbagai merek rekomendasi yang sudah direkomendasikan oleh para dokter di Indonesia. Untuk membelinya pun para ibu tak perlu khawatir karena kini sudah ada JD.ID yang dapat membantu menyediakan berbagai kebutuhan si kecil. Di JD.ID juga menyediakan berbagai merek susu formula terbaik seperti Lactogen, Bebelove, Chil Mil, SGM, NutriBaby, dan lain sebagainya.

Selain itu kamu juga bisa nikmati promo diskon menarik layaknya di bulan Febuari ini yakni JD SAYANG ANAK. Ada berbagai macam diskon spesial up to 80% + voucher up to 21% khusus barang-barang ibu, bayi, dan anak. Gak cuma itu saja, pengirimannya juga gratis, cepat, dan aman, plus ada banyak keuntungan lainnya loh! Pokoknya belanja aman, mudah, terpercaya jaminan original pastinya di JD.ID!