ASI memanglah sumber nutrisi utama dan terpenting untuk bayi hingga usianya mencapai 6 bulan. Setelah itu, Bunda bisa memulai memberikan si kecil MPASI (makanan pendamping asi) untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan kelancaran pertumbuhannya.

Namun, tidak jarang juga Bunda memberikan susu formula karena mengalami kesulitan dan masalah dalam memproduksi ASI. Untuk itu, agar nutrisi dan asupan gizi untuk si kecil tetap cukup, Bunda memberikan susu formula yang sebagai asupan tambahan.

Dalam memberikan susu formula pada si kecil, Bunda harus mengetahui betul takaran yang tepat dan sesuai dengan usianya. Jangan sampai si kecil mengalami overfeeding akibat takaran susu yang tidak tepat.

Untuk itu, yuk simak tips takaran susu formula yang tepat untuk bayi sesuai dengan usianya!

 

Takaran Susu Formula untuk Bayi

 

1. Takaran Susu Bayi untuk Usia di Minggu Pertama

Dalam kurun waktu beberapa hari pertama bayi lahir, takaran susu bayi yang tepat untuknya yaitu berkisar antara 60-90 milimeter. Si kecil tidak bisa menerima lebih dari takaran susu tersebut dalam sekali menyusu.

Pada usia ini, rata-rata waktu yang dibutuhkan bayi untuk menyusu adalah 3-4 jam sekali. Jika bayi tidur terlalu lama dan lebih dari 4 jam, Bunda bisa bangunkan si kecil untuk diberikan susu.

2. Takaran Susu Bayi untuk Usia 1 Bulan

Saat si kecil sudah menginjakkan usia 1 bulan, Bunda bisa berikan takaran susu 75-120 milimeter yang diberikan selama 4 jam sekali.

Usia 1 bulan ini membuat bayi membutuhkan asupan dan nutrisi lebih banyak dari usia sebelumnya. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh pada bayi yang sudah bekerja lebih cepat.

Maka dari itu, disarankan untuk Bunda jangan membiarkannya merasa kelaparan karena kekurangan nutrisi atau susu yang diberikan.

3. Takaran Susu Bayi untuk Usia 2 hingga 6 Bulan

Saat bayi sudah memasuki usia 2 bulan-an, takaran susu yang diberikan pun bertambah. Takaran yang ideal untuk si kecil adalah 105-120 milimeter setiap kali menyusu.

4. Takaran Susu Bayi untuk Usia 6 Bulan

Jika si kecil sudah mencapai usia 6 bulan, pastinya membutuhkan asupan dan nutrisi yang lebih banyak. Si kecil membutuhkan takaran susu sekitar 210-240 milimeter setiap kali ia menyusu.

Saat menginjak usia 6 bulan ini, bayi bisa menyusu setiap 4-5 kali setiap harinya.

5. Takaran Susu Bayi saat Sudah Memulai MPASI

Saat usia bayi sudah menginjak lebih dari 6 bulan, memberikan MPASI sangat dianjurkan. MPASI merupakan Makanan Pendamping ASI yang dibutuhkan si kecil demi melengkapi kebutuhan akan nutrisi.

Umumnya, takaran susu bayi pada usia yang sudah memulai MPASI bisa berkurang. Seperti cukup dengan 600 milimeter dalam 1 hari. Hal ini dikarenakan, bayi sudah mendapatkan asupan lain dari makanan sehat lainnya, seperti buah dan sayuran.

Nah, kini Bunda sudah paham betul kan berapa banyak kah takaran susu bayi yang ideal untuk si kecil. Jangan sampai Bunda kekurangan atau kelebihan dalam memberikan susu formula pada bayi. Selain itu, untuk memenuhi cakupan MPASI, Bunda dapat belanjakan aneka kebutuhan sang bayi di JD.ID.

JD.ID sebagai e-commerce terpercaya di Indonesia memberikan penawaran terbaik untuk seluruh sahabat JD.ID. Lengkapi kebutuhan nutrisi sang bayi dengan “Nutrisi Untuk Anak Sehat” dan dapatkan diskon hingga 25% hanya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here