Tumbuh Gigi Pada Bayi: Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya!

0
2583
Tumbuh Gigi Pada Bayi: Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya!

Pertumbuhan si kecil selalu menjadi prioritas, sebagai orang tua tentunya tak ingin melewatkan segala hal mengenai perkembangannya. Mulai dari tinggi dan berat badan, tumbuhnya rambut yang semakin kebat, hingga tumbuh gigi pada bayi semua harus ditangani dengan baik.

Dari berbagai pertumbuhan di atas, tumbuh gigi pertama yang membuat si kecil super tak nyaman, rewel, menggigit-gigit, dan menganis sepanjang waktu. Munculnya tumbuh gigi pertama pada bayi bisa berbeda, biasanya saat usia 6-8 bulan. Namun ada pula yang mengalami pertumbuhan lebih cepat yakni di usia 4 bulan, jadi ibu tak perlu khawatir.

Pertumbuhan gigi ini akan terus berlanjut hingga usia 3 tahun, dimana pada umumnya setelah usia tersebut gigi susu pada anak telah menggenapi 20 gigi. Untuk itu selama proses pertumbuhan gigi ini, ibu harus tahu berbagai macam ciri dan cara atasinya.

Baca Juga: Susu Formula Tahan Berapa Jam dan Aturan Minumnya

Ciri-Ciri Tumbuh Gigi Pertama Pada Bayi

sering mendengar istilah teething syndrome? Itu merupakan proses pertumbuhan gigi pertama pada bayi. Teething syndrome ini memiliki ciri-ciri yang cukup banyak dan pada umumnya berlangsung sekisar 8 hari.

tumbuh gigi pada bayi gunakan Soft Rattles Teethers

Ciri yang pertama yakni adanya selalu menangis dan menggigit berbagai benda, seperti mainan, jari, atau apapun yang ada disekitarnya. Hal tersebut dikarenakan gusi bayi terasa sakit, sehingga untuk meredakan rasa nyerinya ia akan mengigigit.

Apabila ibu menyusui secara langsung, biasanya gigitan si kecil juga terasa lebih keras. Ibu juga dapat melihat gusinya yang semakin memerah dan bengkak. Jika sudah begini biasanya akan dibarengi pula dengansulitnya makan.

Sering mengeces juga menjadi tanda berikut. Saat gigi ingin tubuh, bayi akan memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Beberapa bayi juga mengalami ruam di area mulut, dagu dan leher akibat air liur yang menempel dan mengering.

Ciri berikutnya yakni si kecil sering menggaruk pipi dan menarik telinga. Ini tak heran karena gusinya gatal dan nyeri, maka terkadang ia langsung melakukan hal tersebut. Hal ini harus diwaspadai karena dapat melukai kulit dan mengganggu pendengaran.

Saat malam hari pun rasanya bayi akan sulit tidur, maka tak heran apabila si kecil sering sekali terbangun kembali dan memangis. Bahkan banyak pula bayi yang mengalami demam, diare, pilek, dan batuk. Tentunya ini bukan ciri-ciri dari teething ya.

Baca Juga: 8 Makanan Pelancar ASI untuk Busui Agar Puasa Lancar

Demam dan pilek tentunya dikarenakan kondisi tubuh yang kurang fit akibat sulitnya tidur si kecil. Sedangkan untuk diare biasanya dikarenakan terjadinya infeksi karena sering menggigit benda yang kotor. Dan batuk terjadi karena tersedak oleh air liur yang sangat banyak.

Akan tetapi sangat memungkinkan si kecil tak mengalami tanda-tanda apapun saat gigi pertamanya tumbuh. Atau bisa juga si kecil mengalami gejala yang berbeda. Hal ini sangatlah wajar ya.

Tahapan Usia Tumbuh Gigi Si Kecil

Untuk mengetahui dan bersiap siaga ibu wajib mengetahui tahap-tahap kisaran usia tumbuh gigi pada bayi. Selalu perhatikan secara maksimal di usia berikut agar bayi dapat lebih nyaman.

  • Gigi seri depan: usia 6 – 12 bulan.
  • Gigi seri samping: usia 9-16 bulan.
  • Gigi taring: usia 16-23 bulan.
  • Gigi geraham pertama: usia 13-19 bulan.
  • Gigi geraham kedua: usia 22-24 bulan.

Cara Benar dan Tepat yang Harus Ibu Lakukan Saat Mengatasi Tumbuh Gigi Pada Bayi

Saat si kecil mulai mengigit berbagai benda, ibu harus sigap. Berikanlah mainan gigit khusus bayi, yang sudah kamu sterilkan terlebih dahulu. Selanjutnya ibu juga bisa memijat gusinya yang memerah dan membengkak.

Mainan Gigit Bayi

Untuk atasi sulit makan, kamu bisa akali dengan makanan favorit sikecil dan juga selalu berikan nutrisi dari susu asi yang cukup. Sedangkan untuk mengatasi air liur yang terus menetes, pastikan ibu menyediakan kain lembut atau celemek khusus bayi untuk mengelap liurnya. Tujuannya agar air liur tidak menyebar dan membuat ruam di area mulut si kecil.

Jika si kecil menggaruk pipi dan menarik telinga ssecara terus menerus, ibu bisa juga memotong kuku bayi agar tak melukai pipinya. Dan ibu juga wajib memantau aktivitasnya agar tak menarik telinga secara terus-menerus terlalu keras.

Atasi juga sulit tidur si kecil ibu bisa mengelus-ngelus punggung atau dahi si bayi. Dan temani bayi terus menerus di saat pertumbuhan gigi seperti ini. Alangkah baiknya sangat dianjurkan agar ibu tidur di sampingnya agar ibu bisa selalu siap siaga.

Meski pertumbuhan gigi pada bayi merupakan hal yang normal, akan tetapi sebagai orang tua wajib mengetahui berbagai ciri dan cara atasinya ya. Agar ibu atau ayah tidak panik saat bayi memberikan ciri-ciri tersebut. Dan apabila proses pertumbuhan gigi ini sangat mengganggu si kecil, kalian bisa segera konsultasikan kepada dokter anak segera.

Promo JD ID Ibu dan Bayi

Bagi ibu yang membutuhkan berbagai macam kebutuhan serta perlengkapan untuk si kecil seperti mainan gigit bayi, gunting kuku, celemek, sikat gigi khusus bayi, pembersih lidah bayi, dan kebutuhan lainnya, kini ibu tak perlu repot-repot keluar rumah lagi. Karena berbagai kebutuhan dan perlengkapan si kecil tersedia secara lengkap di JD.ID.

Selain ada banyak promo diskon khusus ibu dan anak, JD.ID juga memberikan layanan gratis ongkir ke seluruh indonesia tanpa minimal pembelian, tentunya dengan pengiriman yang cepat dan aman. Plus JD.ID juga menjamin berbagai priduknya 100% original lho! Jadi tunggu apalagi yuk cek promonya sekarang juga, sebelum kehabisan!