5 Cara Cek Emas Asli Sendiri Mudah dan Cepat, Hanya 2 Menit!

0
926
cara cek emas asli
Foto: Bareksa

Menjadi instrumen investasi yang sangat menjanjikan, pentingnya kamu mengetahui cara cek emas asli agar terhindar dari penipuan. Pasalnya, hingga kini masih banyak beredar emas palsu yang dapat dengan mudah kamu temukan di pasaran.

Jangan sampai kamu terjebak membeli logam mulia palsu yang tentu saja akan sangat merugikanmu. Niat menambah pundi-pundi rupiah lewat investasi emas, tapi justru malah mengalami kerugian.

Baca Juga: Tips Investasi Logam Mulia Agar Dapat Banyak Cuan!

Cara Cek Emas Asli

cara cek emas asli
Foto: Antam

Cara mengetahui keaslian logam mulia juga terbilang cukup mudah, bahkan dapat kamu lakukan di rumah tanpa perlu datang ke toko. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Fisik Emas

Pada logam mulia asli akan ada cap untuk menandakan kadar emas dalam satuan karat, mulai dari 10K, 18K, dan 24K. Jadi, untuk membedakan emas asli atau palsu, kamu dapat melihatnya dari bentuk fisiknya.

2. Gosok dengan Tangan

Selain itu, ada cara cek emas asli yang terbilang sangat mudah yaitu dengan menggosok permukaan emas dengan telapak tangan.

Jika warnanya pudar atau tidak seragam, maka sudah dipastikan kalau emas tersebut adalah palsu. Namun, bila tidak ada perubahan, berarti itu emas asli.

Baca Juga: Ini Perbedaan Emas Antam dan UBS, Jangan Salah Pilih!

3. Cara Cek Emas Asli dengan Gigit

Perlu diketahui, kalau emas merupakan logam mulia lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Semakin tinggi kadar karat, emas akan semakin lunak.

Oleh karena itu, kamu dapat menggigit bagian permukaan emas untuk mengetahui keasliannya. Apabila ada bekas gigitan yang tertinggal, berarti emas tersebut asli.

4. Dekatkan dengan Magnet

Emas pada dasarnya termasuk logam yang memiliki sifat non magnetis. Dengan begitu, jika didekatkan dengan magnet, maka emas tidak akan tertarik atau menempel. 

5. Cek Sertifikat Emas

Cara membedakan emas asli dan palsu yang paling mudah yakni dengan memeriksa sertifikatnya yang kamu letakkan di bawah sinar ultraviolet.

Nantinya, akan ada garis minor warna-warni seperti uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detailnya. Selain itu, terdapat juga logo watermark perusahaan yang mencetak sertifikat yang asli.

Itu dia beberapa cara cek emas asli yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Namun, untuk menghindari kerugian lantaran membeli emas palsu, pastikan kamu membeli logam mulia di tempat yang sudah terpercaya, salah satunya di JD.ID.

Di sini kamu dapat menemukan berbagai produk emas batangan keluaran brand ternama dengan beragam ukuran yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Produknya juga #DijaminORI, jadi kamu tak perlu takut mendapatkan barang palsu yang berkualitas buruk.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membelinya dengan harga terjangkau sejumlah promo menarik yang ditawarkan, seperti diskon potongan harga, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia, hingga cicilan 0%. Tunggu apalagi? Yuk, belanja di JD.ID sekarang.