5 Cara Membersihkan Tas Kulit Asli Dari Suede Hingga Eksotik

0
407
5 Cara Membersihkan Tas Kulit Asli Dari Suede Hingga Eksotik - JD.ID
Source: styl-inc.com

Cara membersihkan tas kulit memang tidak mudah dilakukan dan sedikit harus berhati-hati. Pasalnya, item fesyen ini memiliki material yang rawan rusak sehingga membutuhkan perhatian khusus. 

Terdiri dari berbagai macam bahan, tas kulit ada yang terbuat dari suede, diambil dari bagian dalam kulit sapi menghasilkan tekstur seperti beledu halus. Di samping itu, terdapat juga bahan full grain yang memiliki tekstur kulit asli berserat yang cukup kuat untuk digunakan. 

Beberapa merek yang terkenal seperti Hermes dan Gucci, bahkan memakai material crocodile leather atau snakeskin yang dibuat dari kulit buaya atau ular. Tentunya dari segi harga tas ini lebih mahal karena pembuatannya rumit dan bahannya sangat terbatas. 

Baca Juga: Punya Tas Mahal? Ini Tips Merawatnya yang Baik dan Benar!

Cara Membersihkan Tas Kulit yang Benar dari Berbagai Material

Cara Membersihkan Tas Kulit yang Benar dari Berbagai Material
Souce: Thespruce.com

Walaupun tas kulit cukup awet digunakan, tapi jika ditaruh ditempat yang lembap dan gelap, maka benda ini juga akan mudah berjamur. Di samping itu, kerusakan lainnya bisa berupa pengelupasan akibat paparan sinar UV karena terlalu lama dijemur untuk dikeringkan. 

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menghindarinya dengan cara merawat tas tersebut dengan tepat melalui langkah sederhana ini.  

1. Menggunakan Kain Kering dan Bersih 

Saat tas kulitmu mulai kotor dengan debu atau terkena air hujan, sebaiknya jangan bersihkan permukaan tas dengan cara dicuci menggunakan air dan deterjen. Hal ini karena kandungan di dalamnya terdiri dari kalsium sterat, magnesium sterat dan air sadah yang menimbulkan residu buih sabun.

Proses residu inilah yang pada akhirnya menjadi pemicu pori-pori tas tersumbat dan permukaannya mudah pecah. Oleh karena itu, hindari langkah tersebut dengan cukup hanya mengelap tas menggunakan lap kering bersih, lalu di angin-anginkan. 

2. Gunakan Sikat Kecil dengan Bulu Halus

Salah satu bahan pembuatan tas kulit juga berasal dari nubuck. Sekilas jenis ini mirip seperti suede dengan permukaan tekstur yang lembut dan berserat. Sayangnya tas jenis ini mudah kotor dan sedikit sulit dibersihkan. 

Maka dari itu, untuk noda membandel gunakan sikat kecil yang telah dicelupkan dengan larutan khusus pembersih nubuck yang mengandung Tea Cocoyl Glutamate. Sikat perlahan permukaan tas yang kotor dengan searah dan perlahan agar bisa mengangkat kotoran yang menempel. 

3. Cara Membersihkan Tas Kulit Menggunakan Cairan Cuka

Untuk menghilangkan debu hingga jamur pada tas suede, sebenarnya kamu bisa memakai cairan rumahan seperti cuka. Kandungan asam di dalamnya mampu merontokkan semua kotoran yang muncul di permukaan tas.  

Caranya cukup mudah, hanya dengan mencelupkan kain kering bersih pada cairan cuka, lalu usapkan pada permukaan tas yang terkena jamur secara lembut dan diamkan hingga kering. 

Baca Juga: 5 Merek Tas Branded yang Cocok untuk Investasi, Tertarik?

4. Bersihkan Tas Searah Sisik 

Beberapa tas mahal yang berasal dari brand Gucci dan Hermes dibuat dari kulit eksotik. Umumnya bahan ini berasal dari kulit hewan liar seperti ular, buaya dan aligator, yang membentuk tekstur tas seperti corak sisik unik dengan gradasi warna yang memukau. 

Maka dari itu, untuk membersihkannya diperlukan perlakuan khusus agar sisik tidak lepas. Kamu bisa mengelapnya secara searah dengan sisik agar tidak terjadi pengelupasan. 

5. Memakai Cairan Pembersih Khusus

Jika kamu khawatir cairan yang digunakan untuk membersihkan tas kurang tepat, kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan tas kulit. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui JD.ID. Adapun rekomendasi produknya sebagai berikut:

  • Informa Leather Cleaner 12OZ Brown Luxury

Informa Leather Cleaner 12OZ Brown Luxury 1Informa Leather Cleaner 12OZ Brown Luxury)Beli di Sini

Ini adalah produk pembersih material kulit yang berasal dari Amerika. Kandungan di dalamnya berupa cairan pH seimbang yang bisa memperbaiki dan merawat kualitas tas. Di samping itu, juga bisa mengembalikan kelembapan serta melindungi permukaan tas kulitmu. 

  • Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Kit Leather Care

Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Kit Leather Care 1Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Kit Leather CareBeli di Sini

Gunakan produk ini untuk merawat permukaan tas kulit yang kamu miliki, terutama ketika tas mulai terlihat kusam dan berdebu. Dengan kandungan bahan yang terdiri dari Nourishing Lotion dan UV Guard, Kit Leather Care mampu melindungi bagian depan tas agar tidak mengelupas dan mengembalikan warna kulit seperti semula saat beli tas pertama kali. 

  • Turtle Wax Luxe Leather Cleaner

Turtle Wax Luxe Leather Cleaner 1Turtle Wax Luxe Leather CleanerBeli di Sini

Hadir dalam bentuk cairan semprotan, Turtle Wax dibuat dari material triple action dengan pH seimbang, tidak mengandung minyak serta dibuat dari bahan alami seperti Aloe Vera dan Cocoa Butter, sehingga sangat tepat untuk membersihkan dan mengangkat semua kotoran yang ada pada permukaan tas kulitmu. 

Untuk penggunaannya cukup semprotkan produk ini pada lap microfiber, kemudian oleskan di permukaan tas yang kotor, biarkan mengering dengan sendiri. 

Itu dia beberapa cara membersihkan tas kulit yang bisa kamu aplikasikan. Mudah bukan? Namun, lebih dari itu, kamu juga harus memerhatikan terkait cara penyimpanannya. Dengan tidak ditumpuk di lemari, tidak disimpan di tempat lembap, dan tidak dijemur di bawah sinar matahari karena bisa berkerak. 

Sebaliknya, tempatkan tas kulit kesayanganmu pada lemari kaca khusus yang transparan agar lebih awet digunakan. 

Nah, adapun jika kamu tidak ingin repot membuat cairan pembersih sendiri, lebih baik membeli cairan tas kulit tersebut yang sudah pasti kualitasnya di JD.ID. 

Dengan membeli di sini, produk #DijaminORI, resmi, serta bisa menjadikannya lebih kinclong. Selain itu, dapatkan juga berbagai keuntungan berbelanja di JD.ID lewat promo, cashback hingga voucher yang menguntungkan sehingga kamu bisa membeli produk ini lebih hemat. 

Tunggu apalagi? Yuk belanja sekarang di JD.ID!