Cara Membersihkan Emas agar Tetap Kinclong dan Berkilau

0
79
cara membersihkan emas
Source: Pixabay

Membersihkan perhiasan emas perlu dilakukan secara berkala agar tampilan emas tersebut tetap kinclong. Untuk itu kamu harus mengetahui cara membersihkan emas agar semua perhiasan yang kamu miliki tetap bersih dan kinclong.

Perhiasan emas yang sering digunakan pasti akan berubah warna karena kotoran yang menumpuk seiring berjalannya waktu. Kotoran tersebut biasanya disebabkan oleh minyak tubuh, make-up dan juga debu yang membuat tampilan emas jadi kehilangan kilauannya.

Untuk membersihkan perhiasan emas tergantung dari seberapa sering kamu menggunakan perhiasan tersebut untuk beraktivitas. Jika kamu sering menggunakan perhiasan emas, sebaiknya kamu membersihkannya sebulan sekali jika perhiasan sudah terlihat kusam atau kotor.

Baca Juga: Mengenal Jenis Perhiasan Emas, Warna dan Nilai Karatnya!

Tips dan Cara Membersihkan Emas

Source: 99.co

Agar lebih mudah dipahami, berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan perhiasan emas yang kamu miliki dirumah.

1. Siapkan Cairan Pembersih

Source: Wikihow

Langkah pertama dan cara membersihkan emas adalah menyiapkan cairan pembersihnya. Caranya adalah isi mangkuk kecil dengan air hangat lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring atau cairan pembersih, lalu aduk hingga tercampur rata.

2. Rendam Perhiasan yang Kotor

Source: Kamini.id

Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan, rendam perhiasan pada cairan pembersih yang sudah di buat sebelumnya. Rendam perhiasan tersebut dengan durasi 20 menit, proses perendaman tersebut akan membantu untuk memecah kotoran yang menempel di permukaan perhiasan.

3. Cara Membersihkan Emas dengan Digosok Seperlunya

cara membersihkan emas dengan digosok
Source: Faktualid

Menggosok perhiasan yang kamu miliki tidak harus selalu dilakukan atau bersifat situasional tergantung dari kondisi emas. Jika perhiasan sangat kotor, kamu bisa menggosoknya dengan sikat dengan bulu halus agar tidak menggores perhiasan yang sedang kamu bersihkan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Emas Antam dan UBS, Jangan Salah Pilih

4. Bilas dan Keringkan

Source: CNNIndonesia

Setelah direndam dan dibersihkan, cara membersihkan emas selanjutnya adalah dibilas dengan menggunakan air biasa. Untuk proses pengeringan sebaiknya jangan menggunakan tissue karena bisa membuat perhiasan kamu jadi baret, agar lebih aman sebaiknya kamu menggunakan kain katun lembut untuk menghindari baretan pada perhiasan.

Itu dia beberapa cara mencuci emas yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mendapatkan tampilan perhiasan yang lebih kinclong. Bagi kamu yang sedang mencari perhiasan atau emas murni yang berkualitas kamu bisa menemukannya di JD.ID

Kamu tidak perlu khawatir karena semua perhiasan yang ada #DijaminORI. Selain itu kamu juga bisa berbelanja lebih hemat dengan menggunakan promo-promo seperti potongan harga, cicilan 0% hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan sampai kelewatan keseruannya dan belanja di JD.ID Sekarang!