Punya Tas Mahal? Ini Tips Merawatnya yang Baik dan Benar!

0
338
Punya Tas Mahal? Ini Tips Merawatnya yang Baik dan Benar!
Foto: popbela.com

Memiliki tas mahal bagi sebagian orang merupakan suatu kebanggaan. Hal itu tak lain karena barang tersebut mampu menaikkan gengsi, meningkatkan rasa percaya diri, menjadi media untuk berbaur dalam suatu komunitas, bahkan menjadi sebuah barang investasi.

Walaupun, hal itu sebenarnya juga ditentukan dari merek, harga, serta kualitas produk yang dimiliki. Untuk tas branded yang dijadikan barang investasi sendiri biasanya berasal dari merek Hermes, karena hampir semua produknya limited edition dan dibanderol harga sangat mahal.

Hal itu pun sesuai dengan pemaparan Gracia, narasumber sekaligus salah satu orang yang mengoleksi tas mahal dari beberapa merek ternama. Selain itu, ia juga akan memberikan sejumlah tips merawat tas tersebut yang baik dan benar agar tidak mudah rusak. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Merek Tas Branded untuk Investasi, Dijamin Cuan!

9 Tips Merawat Tas Mahal

Tips Merawat Tas Mahal
Foto: hipwee.com

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, pada artikel kali ini kamu akan mengetahui sejumlah tips untuk merawat tas mahal yang benar agar awet dan tidak mudah rusak. Adapun tips ini diberikan berdasarkan pengalaman pribadi narasumber, yaitu Gracia Nieken yang di antaranya yaitu:

1. Simpan tas di lemari kaca

Tips merawat tas yang pertama, yaitu dengan menyimpannya di lemari kaca. Hal ini sangat dianjurkan, karena tas mahal tidak baik jika disimpan terlalu lama di dalam box yang membuatnya mudah lembap.

“Kalo kamu punya lemari kaca, sebaiknya tas disimpan di lemari. Tapi, kalau nggak punya pun it’s okay yang penting dimasukkan ke dalam lemari aja, asalkan tas jangan terlalu lama di dalam box kecuali pakai dust bag, ” ujar wanita yang tinggal di daerah Jakarta Barat ini.

Terkait hal tersebut pun, sebenarnya cara ini berlaku untuk semua jenis dan bahan yang digunakan. Terutama untuk tas yang terbuat dari bahan kulit, karena risiko mengelupas sangat besar apabila disimpan begitu saja dan jarang digunakan.

Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu bisa menyimpan tas di dalam lemari. Hanya saja, sebelum disimpan kamu perlu memasukkannya ke dalam dust bag terlebih dahulu. Tujuannya sendiri jelas, yaitu untuk meminimalisir risiko terkena debu yang nantinya dapat merusak kualitas tas.

2. Bersihkan dengan cairan khusus

Cara selanjutnya, yaitu dengan membersihkan tas pakai cairan khusus. Dalam hal ini, kamu perlu tahu kalau cairan yang digunakan berbeda-beda. Untuk kulit tas sendiri, kamu sebaiknya menggunakan cairan pembersih tas khusus bahan kulit.

Adapun cairan tersebut mampu membuat kulit tas menjadi tidak kusam, kembali mengkilap, dan bagus seperti semula. Sementara, untuk bagian rantainya bisa dibersihkan dengan cairan khusus pembersih logam, untuk mengembalikan warna yang berubah atau teroksidasi.

Namun, untuk cairannya sendiri kamu bisa memilih yang warna emas atau perak sesuai dengan warna rantai tas. Gracia sendiri sangat menganjurkannya, seperti yang dikatakan berikut ini.

“Untuk tas kulit kamu bisa pakai cairan pembersih kulit, agar kulitnya nggak kusam, tetap mengkilap, dan bagus gitu. Terus kalau misalnya kayak rantai-rantainya nih bisa beli semprotannya biar warnanya kinclong lagi,” tuturnya.

3. Tidak boleh terkena sinar matahari langsung

Selain melakukan dua cara di atas, kamu juga perlu memastikan kalau tas mahal tidak terkena paparan matahari langsung. Pasalnya, hal itu tidak baik untuk tas karena dapat membuat warnanya pudar.

“Kalau untuk penyimpanannya memang iya nggak boleh kena matahari langsung. Namun, kalau untuk penggunaan luar ruangan yang harus terkena matahari ya nggak apa-apa juga, asalkan jangan terlalu lama karena bisa pudar warnanya,” sebut Gracia.

4. Tidak menggantung tas mahal

Menggantung tas ternyata tidak disarankan, lho! Siapa di antara kamu yang baru mengetahuinya? Yuk, sini cari tahu informasinya bersama-sama!

Jadi, terkait hal ini sebaiknya kamu tidak menggantung tas karena dapat merusak bentuknya, yang mana Gracia sendiri selaku narasumber tidak melakukannya.

“Kalo tas mahal jangan digantung karena dia bakal merusak bentuknya, sayang. Apalagi kalo digantung ada barangnya lagi. Misalnya tas yang tadinya bentuknya bulat, terus karena digantung jadi kayak lancip runcing segitiga gitu lho, jadi bisa merusak,” papar Gracia.

5. Simpan tas dalam suhu ruang

Agar tas kualitasnya tetap terjaga dengan baik, sebaiknya kamu menyimpannya dalam suhu ruang. Namun, jika ingin lebih bagus kamu bisa menggunakan AC agar kelembapan tas semakin terjaga.

Nah, yang tidak diperbolehkan adalah kamu menyimpan tas di dalam ruangan yang sangat panas, karena membahayakan dan merusak kualitasnya.

6. Tidak menaruh tas di lantai

Cara berikutnya yang perlu kamu lakukan, yaitu tidak menaruh tas di lantai. Ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, mengingat harga yang dibanderol untuk satu tas branded sangat mahal.

Pasalnya, jika kamu menaruh tas sembarangan risiko terkena goresan dan rusak sangat besar. Kamu tidak tahu apabila di lantai ada partikel-partikel yang tidak terlihat, jadi bukan karena kotornya aja.

7. Usahakan tidak terkena air hujan

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk merawat tas branded adalah dengan menjaganya dari paparan air hujan. Mengingat, air tersebut dapat membuat tas lembap dan mudah rusak, sehingga kamu perlu melindunginya dengan pelindung tas.

8. Isi tas dengan kertas khusus

Mengisi tas dengan kertas khusus ternyata menjadi cara efektif untuk menjaga bentuk tas. Khususnya yang berbahan lembut, di mana ketika ditaruh sembarangan bisa langsung merubah bentuknya.

Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu perlu mengisinya dengan kertar-kertas khusus yang teksturnya lebih kokoh dan tebal. Dengan begitu, bentuk tas akan terjaga dengan baik sebagaimana mestinya.

9. Simpan care card tas mahal

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan, yaitu menyimpan care card-nya. Mungkin ini bukan cara merawat tas, namun ini adalah cara untuk menjaga nilai jual tas branded dan membuktikan keaslian produknya.

Oleh karena itu, saat membeli tas pastikan kamu menyimpan dengan baik semua kartu-kartu penting terkait tas, mulai dari care card, sertifikat, nota pembelian, hingga dust bag dan box-nya.

Baca Juga: 5 Tas Mahal Bos MS Glow Shandy Purnamasari, Yuk Intip!

Nah, itulah beberapa hal terkait tips merawat tas branded atau mahal yang sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, apakah tips dari Gracia ini membuatmu tertarik untuk mencobanya?

Jika iya, maka kamu bisa langsung coba melakukannya di rumah. Namun, jika kamu baru ingin membeli produknya, maka agar lebih praktis kamu bisa mencarinya secara online di e-commerce terbaik dan terpercaya.

Salah satunya, yaitu JD.ID yang menjadi salah satu platform andalan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Pasalnya, di platform ini kamu bisa menemukan berbagai merek tas mahal seperti Tumi dan Bally.

Dengan begitu, kamu bisa memilih dan membelinya sesuai produk yang diinginkan, dibutuhkan, serta budget yang ada. Lalu, agar lebih hemat kamu bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, dan membayarnya menggunakan metode yang diinginkan.

Bagaimana, sangat mudah kan berbelanja tas-tas mahal di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, beli tas yang sudah #DijaminORI sekarang juga sebelum kehabisan!