Setiap wanita pasti mendambakan kulit wajah glowing seperti artis Korea. Di lain sisi, mungkin  mereka memang terlahir dengan kulit yang bersih dan merona atau mungkin juga dia melakukan banyak perawatan dan skincare dengan biaya yang mahal.

Padahal, tidak semua orang terlahir dengan kulit yang bersih dan merona seperti kebanyakan artis Korea. Tidak semua orang juga memiliki biaya lebih untuk melakukan perawatan kulit wajah yang mahal. Tidak banyak orang yang tau, bahwa ada cara alami yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah glowing.

Kamu dapat menggunakan bahan-bahan natural untuk dijadikan masker wajah. Hanya dengan cara diolah sedikit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker yang ampuh untuk mencerahkan wajah. Bahan-bahan natural banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kulit wajah.

Masker dengan bahan alami akan lebih efektif untuk membuat kulit wajah lebih cerah, segar, dan bersih. Cara membuat masker dari bahan alami juga tidaklah susah. Jadi, bahan alami apa saja sih yang bisa digunakan sebagai masker wajah? Yuk, simak tips berikut untuk membuat masker alami untuk wajah!

 

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seringkali buah ini digunakan sebagai perasa vitamin dan minuman karena banyak penggemarnya. Rasanya yang manis dan segar membuatnya mudah disukai oleh banyak orang.

Tidak seperti kebanyakan makanan yang enak namun ternyata berdampak buruk untuk tubuh, namun jeruk justru berbeda. Jeruk memiliki rasa enak dan juga baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C pada jeruk dapat mencerahkan kulit wajah.

Banyak masker yang dijual di department store yang mengandung ekstrak jeruk di dalamnya. Ekstrak jeruk dipercaya dapat membuat kulit wajah lebih cerah dan merona. Kulit kusam dapat berkurang dengan bantuan vitamin C dari jeruk.

Dalam menggunakan buah jeruk sebagai masker, kamu dapat menggunakan isi buah dan bahkan kulit jeruknya. Untuk mengolah isi buah jeruk menjadi masker, kamu hanya perlu memeras air jeruk. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Lakukan prosedur ini setiap hari agar dapat merasakan perubahannya.

Kandungan antioksidan pada kulit jeruk dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan pada kulit wajah karena radikal bebas. Gunakanlah masker dari jeruk ini secara rutin agar hasilnya terlihat dan wajahmu semakin merona.

2. Alpukat

Alpukat sering dikonsumsi sebagai jus untuk kesehatan. Jus alpukat yang dingin dan segar, dibalur dengan susu kental cokelat yang manis, serasa memanjakan seluruh isi mulut. Kesegaran dan kelezatan alpukat membuatnya disenangi banyak kalangan.

Selain dapat diolah menjadi minuman, tentunya alpukat dapat diolah menjadi makanan. Alpukat terkenal dapat diolah menjadi guacamole. Banyak orang, terutama orang Barat, menikmati guacamole sebagai camilan sehari-hari. Guacamole adalah alpukat yang sudah diolah menjadi halus dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, sehingga menjadi dapat menjadi cocolan keripik kentang yang lezat.

Siapa sangka bahwa buah yang lezat ini ternyata dapat digunakan sebagai masker wajah pula? Alpukat memiliki banyak kandungan yang baik bagi kulit wajah. Keriput dan penuaan dini dapat berkurang dengan cara menggunakan alpukat secara rutin sebagai masker wajah.

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, dan karotenoid antioksidan. Vitamin E berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah. Tanda-tanda penuaan dini ini muncul karena kulit wajah terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

 

3.  Lidah Buaya

Ekstrak lidah buaya sudah tidak jarang ditemui dalam produk-produk kecantikan. Lidah buaya seringkali diolah menjadi gel dan dijual sebagai moisturizer untuk wajah. Penggunaan lidah buaya sebagai produk moisturizer sudah menjadi trend karena banyaknya influencer yang mempromosikannya.

Banyak orang suka dengan sensasi dingin saat menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya dapat mengurangi iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Kandungan antioksidan pada lidah buaya juga membantu menangkal radikal bebas pada kulit.

Lidah buaya sebenarnya memiliki banyak manfaat lain selain digunakan sebagai masker wajah. Lidah buaya dapat dikonsumsi secara langsung dan memberikan banyak nutrisi bagi tubuh. Selain itu, lidah buaya berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi semakin lebat.

 

4. Madu dan Susu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Kegunaan utama madu adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit wajah semakin cerah. Kandungan antibiotik dalam madu dapat menghilangkan bakteri buruk pada kulit wajah. Apabila tidak ada bakteri buruk, maka risiko tumbuhnya jerawat akan jauh lebih berkurang.

Demikian pula dengan susu, mengandung banyak nutrisi untuk kebaikan kulit wajah. Susu kaya dengan vitamin D dan vitamin B6 yang dapat menambah produksi kolagen pada wajah. Kolagen dapat mengurangi kerutan dan membantu kulit wajah terlihat sehat dan merona. Ditambah lagi, susu juga memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit wajah.

Untuk membuat masker dari susu dan madu, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan kamu menggunakan madu murni dan susu sapi asli. Selain itu, sediakan pula cotton ball untuk membantu mengaplikasikan masker ke permukaan wajah.

 

5. Putih Telur

Biasanya kuning telurlah yang dipisahkan dan digunakan untuk membuat berbagai macam kue atau pastry. Setelah itu, timbul kebingungan akan sisa putih telur yang tidak digunakan. Mau dikemanakan putih telur tersebut? Agak aneh juga apabila dimasak dan memakan putih telurnya saja.

Nah, menjadikan putih telur menjadi masker wajah adalah solusi tepat untuk kamu! Daripada dibuang, kamu dapat mengolah putih telur menjadi masker wajah. Putih telur memiliki banyak nutrisi untuk tubuh dan kulit.

Putih telur memiliki tekstur yang kental dan lengket. Justru kelengketan dari putih telur akan mengencangkan dan menghilangkan minyak yang berlebih pada kulit wajah. Dengan menggunakan masker putih telur secara rutin, tentunya wajah akan terlihat lebih cerah dan segar.

 

1 COMMENT

  1. Iya sih dengan masker alami memang lebih sehat. Hanya saja harus mau repot dalam pembuatannya beda dengan buatan pabrik lagsung bisa pakai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here