Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Sering Digunakan?

0
12

Kesehatan kulit menjadi hal yang penting untuk Sahabat JD.ID selalu perhatikan. Salah satu cara untuk menjaga kulit adalah dengan menggunakan krim wajah khusus untuk tabir surya. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan sunblock atau sunscreen. Kedua barang wajib tersebut sekilas memiliki khasiat yang sama. Namun, apakah Sahabat JD.ID tahu perbedaan sunscreen dan sunblock?

Menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan beragam cara. Selain melakukan olahraga rutin dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu juga perlu melindunginya dari paparan sinar matahari. Pasalnya, kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama bisa memicu masalah kulit, seperti penuaan dini.

Lantas, apa, sih, perbedaan dari sunscreen dan sunblock? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!

Sesuai namanya, sunblock dinilai bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yakni menangkal sinar UVA dan UVB. Adapun kandungan yang biasa ditemukan di dalam sunblock adalah titanium dioxide atau zinc oxide yang konsistensinya lebih kental. Bahan inilah yang berperan aktif dalam menghalangi dan memantulkan sinar matahari pada kulit.

Sementara itu, sunscreen juga berperan dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Akan tetapi, tingkatannya bisa dibilang lebih ringan. Oleh sebab itu, sebagian besar produk sunscreen hanya memiliki kandungan UVB.

Adapun tekstur sunscreen lebih cair dibandingkan dengan sunblock. Dengan begitu, sunscreen lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Cara kerja sunscreen dalam melindungi kulit adalah dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Selanjutnya, energi tersebut akan dilepaskan melalui permukaan kulit.

Oleh karena keduanya memiliki manfaat yang berbeda, tentu kandungannya yang di dalamnya pun berbeda. Kandungan sunscreen biasanya yaitu avobenzone, octocrylene, oxybenzone, octinoxate, homosalate, helioplex, 4-MBC, mexoryl SX dan XL, tinosorb S dan M, serta uvinul A plus.

Dalam sunblock, biasanya terdapat dua kandungan utama, yaitu mineral seperti zinc oksida dan titanium dioksida.

Kedua jenis tabir surya, baik sunscreen dan sunblock, sebenarnya sama-sama bisa mencegah efek buruk sinar UV dengan efektif. Namun, Sobat Shopee perlu memastikan terlebih dahulu apa saja kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Penggunaan keduanya pun tidak hanya diperlukan saat kamu di luar ruangan atau terkena paparan sinar matahari. Kamu tetap bisa menggunakan sunscreen di dalam ruangan. Sementara itu, gunakan sunblock saat ingin menghabiskan waktu lama di luar ruangan atau di bawah sinar matahari.

Nah, itu dia Sahabat JD.ID, ulasan mengenai perbedaan sunscreen dan sunblock yang patut kamu ketahui. Dengan mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock, tentunya kamu bisa lebih mudah dalam memilih jenis tabir surya mana yang paling dibutuhkan.

Nah, agar Sahabat JD.ID bisa merasakan manfaat suncreen, kamu bisa mengikuti cara mengaplikasikan sunscreen dengan tepat. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih beragam produk kecantikan yang bisa melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan lebih beragam di JD.ID.