Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama, Dijamin Wangi Seharian

0
731
Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama, Dijamin Wangi Seharian!
Source: Cosmopolitan Indonesia

Parfum menjadi salah satu barang wajib kaum hawa untuk menunjang penampilan. Sayangnya saat diaplikasikan wanginya mudah menguap. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan cara memakai parfum agar tahan lama.

Namun, sebelum membahas hal tersebut, tahukah kamu bahwa wangi yang dihasilkan oleh parfum bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Hal ini lantaran dipengaruhi oleh berbagai sebab, seperti perbedaan jenis kulit, contohnya kulit kering sebaiknya menggunakan aroma dasar yang kuat, seperti floral, spicy, atau oriental. Sementara kulit berminyak, bisa memakai aroma fruity yang sederhana dan segar.

Kemudian dipengaruhi juga oleh kondisi tubuh yang berasal dari berbagai faktor seperti pola makan, kadar pH kulit, keasaman lemak kulit, keseimbangan hormon usia, jenis keringat, serta kelembapan kulit.

Baca Juga: Parfum Wanita Paling Wangi Sesuai Karakter, Mana Pilihanmu?

Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama

Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama
Source: Freepik

Walaupun parfum menyeruakkan wangi yang berbeda-beda pada tiap orang, setidaknya jika sudah menemukan aroma yang pas, kamu perlu tahu cara memakai parfum agar tahan lama supaya membuatmu segar selama seharian.

1. Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama dengan Mengenakan Setelah Mandi

Diawali dengan rutinitas mandi terlebih dahulu yang memiliki manfaat untuk meluruhkan kotoran, membersihkan keringat, melembapkan kulit dan membuka pori-pori kulit agar dapat menyerap aroma parfum secara maksimal. 

2. Menggunakan Body Lotion

Setelah itu, gunakan juga body lotion tanpa kandungan fragrance agar aromanya tidak mempengaruhi wangi parfum. Dengan memakai pelembab ini ke seluruh tubuh juga membantu memperkuat aroma parfum. 

3.  Disemprotkan ke Titik Nadi

Kemudian semprotkan sekitar jarak 15 sentimeter hingga 25 sentimeter pada titik nadi yang menghasilkan hawa panas dari tubuh, seperti pergelangan tangan, belakang telinga, di antara payudara, serta belakang lutut. 

Hindari juga beberapa hal seperti, menggesek pada pergelangan tangan serta menyemprotkan parfum pada pakaian sebab bisa membuat aromanya tidak semerbak dan mudah menguap. 

4. Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama dengan Menyemportkan Lebih dari Sekali 

Kamu pun bisa mengenakan parfum ke bagian tubuh dengan menyemprotkannya lebih dari sekali, yakni sekitar dua hingga tiga kali agar lebih tahan lama.

Di samping itu, pilihlah juga produk dari jenis eau de parfum yang memiliki kadar cukup strong agar tahan lama contohnya produk Jo Malone, Chanel No. 5, Miss Dior sampai Maison Francis Kurkdjian Baccarat Rouge 504. 

Tingkat Aroma Parfum yang Dihasilkan 

Tingkat Aroma Parfum yang Dihasilkan 
Source: Pixabay

Tidak hanya musik, parfum juga memiliki beberapa notes yang diformulasikan untuk menciptakan aroma yang diinginkan. Salah satunya supaya kamu tahu cara memakai parfum agar tahan lama yakni dengan mengetahui tingkatan aromanya, berupa top note, heart notes, serta base note, berikut penjelasannya di bawah ini.  

  • Top Notes Parfum

Top Notes atau Head Notes merupakan first impression aroma pertama yang muncul saat parfum disemprotkan. Umumnya, aroma ini akan tercium selama 15 menit sejak disemprotkan dan tidak bertahan lama karena struktur molekulnya yang ringan. 

Beberapa aroma yang terdapat pada top notes adalah aroma yang segar seperti wangi buah-buahan atau sitrus yang bisa kamu dapatkan dari wewangian layaknya lemon, jeruk, bergamot, mandarin orange, yuzu, berry, sampai grapefruit

  • Heart Notes Parfum

Seperti namanya heart notes atau disebut juga middle notes menjadi aroma inti sebuah parfum. Wangi yang dihasilkan bisa bertahan hingga satu jam lamanya.

Dalam pembuatan parfum, heart notes mempunyai persentase yang tinggi kisaran 40 – 80 persen dari keseluruhan aroma yang dihasilkan. Oleh karena itu, ini menjadi aroma yang paling dominan.

Aroma yang muncul pada tingkatan heart notes biasanya perpaduan antara wangi floral seperti rose dan jasmine, bercampur dengan parfum yang eksotik berasal dari rempah-rempah contohnya cinnamon, nutmeg, geranium dan kapulaga.

Baca Juga: Parfum EDT Terbaik Favorit Wanita Indonesia, Apa Saja?

  • Base Notes Parfum 

Base Notes parfum merupakan tingkatan terakhir dari perjalanan aroma parfum yang kamu cium. Aroma ini muncul setelah top notes serta middle notes menguap.

Lewat wewangian ini akan memunculkan kesan dan identitas yang lebih sempurna pada sebuah parfum, meskipun persentasenya cukup sedikit sekitar 10 – 25 persen dari keseluruhan kandungannya.

Dibanding top notes dan heart notes, molekul ini cenderung lebih berat sehingga sangat awet saat menempel di kulit. Ketahanannya diperkirakan sekitar 6 jam.

Aroma base note bisa kamu temukan dalam kelompok woody dan musk seperti vanilla, amber, sandalwood, patchouli, oakmoss, dan cedarwood.

Dari penjelasan di atas, kini kamu bisa memahami bahwa setiap orang memiliki aroma tubuh alami yang berbeda. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui parfum mana yang sesuai dengan kepribadian dan karaktermu. 

Adapun jika kamu bermaksud untuk membelinya, tidak ada salahnya melihat-lihat koleksi parfum yang ditawarkan oleh JD.ID yang #DijaminORI dan berkualitas.

Tak hanya itu, dengan membeli di sini dapatkan juga penawaran harga yang terbaik serta pengiriman yang lebih cepat. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, miliki parfum impian kamu di sini!