Cara Merawat Kulit Tetap Sehat dan Glowing Selama Berpuasa!

0
551
cara merawat kulit
Foto: Freepik

Kurangnya asupan air setelah seharian puasa memang dapat membuat kulit menjadi kusam, berjerawat hingga wajah lebih kering. Oleh karena itu, pentingnya kamu mengetahui cara merawat kulit yang tepat agar wajah tetap sehat dan glowing.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu perlu menutrisi kulit dengan menggunakan serangkaian produk skincare yang harus diaplikasikan secara rutin setiap hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering Saat Ramadhan

Penyebab Timbulnya Masalah Kulit Selama Puasa

Penyebab Timbulnya Masalah Kulit Selama Puasa
Foto: Freepik

Selain karena konsumsi air yang berkurang, ternyata ada sejumlah kebiasaan buruk yang membuat timbulnya masalah kulit selama berpuasa, seperti:

  • Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dan berminyak saat berbuka.
  • Kurang minum air putih, buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa.
  • Malas mandi dan mencuci wajah.
  • Aktivitas fisik menurun dan hanya tidur seharian tanpa melakukan olahraga.

Beberapa kebiasaan tersebut rupanya menyebabkan tubuh menjadi tidak bugar, lemas, kulit kering dan kusam hingga bibir pecah-pecah. Untuk itu, kamu perlu melakukan cara merawat kulit berikut agar wajah tetap cantik dan bebas kusam.

Cara Merawat Kulit Saat Berpuasa

Cara Merawat Kulit Saat Berpuasa
Foto: Freepik

Tidak perlu melakukan hal yang rumit, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut untuk merawat kulit agar tetap cerah, glowing dan sehat selama berpuasa.

1. Tetap Cukupi Kebutuhan Air 2 Liter Sehari

Mencukupi kebutuhan air selama berpuasa tetap menjadi hal yang sangat penting, yaitu dua liter air setiap hari. Kamu bisa menerapkannya dengan minum tiga gelas saat sahur, dua gelas di buka puasa dan dua gelas lagi menjelang tidur.

Selain itu, kamu juga perlu memilih makanan berbasis air seperti sup dan buah-buahan. Dengan tercukupinya kebutuhan air, maka kulitmu akan terhidrasi dan tetap lembab.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Tak sedikit orang yang enggan melakukan olahraga dengan alasan puasa. Padahal kau tetap harus melakukan aktivitas fisik agar tubuh tetap bugar.

Meski begitu, pilihlah olahraga yang ringan dan lakukan saat menjelang buka atau di malam hari setelah berbuka puasa. Selain sehat, olahraga juga dapat membuat kulit tetap bersih dan mencegah munculnya jerawat.

Baca Juga: 7 Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan Menjelang Beduk

3. Cara Merawat Kulit dengan Skincare

Kulit yang sehat tentu harus didukung dengan penggunaan skincare yang tepat, seperti membersihkan muka dengan pembersih wajah dua sampai tiga kali sehari.

Selanjutnya, kamu juga harus mengaplikasikan pelembab wajah agar kulit tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Tak ketinggalan, gunakan juga sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA ++ untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit, membuat kulit kusam dan kering.

Itu dia beberapa penyebab dan cara merawat kulit selama berpuasa yang bisa kamu ikuti agar wajah selalu cerah, sehat dan glowing. Nah, buat kamu yang sedang mencari berbagai produk skincare keluaran merek-merek ternama, dapat menemukannya dengan mudah di JD.ID.

JDID Promo Skincare

Sebagai situs belanja online terpercaya di Indonesia, JD.ID menjual beragam produk skincare lengkap yang bisa dipilih sesuai jenis kulit kamu. Tak perlu ragu soal kualitas, karena semua barang yang tersedia #DijaminORI.

Menariknya lagi, kamu bisa memborong produk skincare yang kamu butuhkan dengan harga terbaik melalui sejumlah promo yang ditawarkan, seperti diskon, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan masih banyak lagi.

Tunggu apalagi? Yuk, beli skincare favorit kamu dengan belanja di website maupun aplikasi JD.ID sekarang. Happy shopping!