Rambut kering dan rusak bisa disebabkan oleh rambut yang sering diwarnai atau karena sering menggunakan alat dan produk untuk rambut yang panas seperti hair dryer dan catokan. Rusaknya rambut disebabkan karena rambut kehilang kelembaban. Seiring bertambahnya usia rambut juga cenderung menjadi lebih kasar dan rapuh. Jadi tak heran rambut kita terasa kering, rapuh dan juga akan lebih mudah rusak.

Ikuti langkah-langkah ini untuk melindungi dan mengembalikan kelembaban alami rambut Anda tanpa harus repot ke salon dengan biaya yang mahal.

 

1. Pilih Kandungan Shampo Yang Tepat

Rambut kering dan rapuh perlu perhatian khusus terhadap kandungan yang ada di dalam produk rambut yang digunakan seperti shampo dan conditioner. Kamu perlu menggunakan produk shampo yang mengandung bahan seperti shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang terbukti dapat meningkatkan hidrasi, tidak hanya di rambut, tetapi juga di kulit kepala.

 

2. Hindari Penggunaan Bahan Yang Membuat Rambut Kering

Dua bahan yang harus kamu hindari di produk perawatan rambut ialah silikon dan alkohol. Silikon dapat membuat penghalang pada rambut dan tidak membiarkan rambut menyerap kelembaban yang dibutuhkannya, sementara alkohol benar-benar membuat rambut ‘dehidrasi’ atau kering.

Kandungan yang memiliki sulfat juga sifatnya kering dan dapat membuat rambut menjadi lebih kering. Cobalah shampoo dengan bahan organik atau dengan bahan yang lebih alami dan aman untuk rambut.

 

3. Gunakan Shampoo Dengan Benar

Saat kamu sedang menggunakan shampoo, bersihkan di bagian akar rambut saja, karena semua minyak terkonsentrasi di sana. Jadi kamu cukup menggunakan conditioner di ujung rambut dan menghindari akar rambut, karena akar rambut dapat menjadi sangat berminyak.

 

4. Gunakan Masker Rambut

Untuk melembutkan rambut yang kasar dan menambahkan kelembaban, gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Oleskan masker ke rambut kamu, ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum dibilas.

 

5. Lindungi Rambut Dari Hal-Hal Yang Dapat Merusaknya

Alat styling rambut yang panas dan paparan sinar matahari bisa menjadi hal yang paling utama dalam kerusakan rambut. Lindungi rambut kamu dengan mengenakan topi saat kamu berada di luar. Selain itu, sebelum menggunakan alat styling rambut, direkomendasikan selalu menggunakan heat protector untuk rambut untuk mencegah kerusakan.

Kamu juga harus pastikan rambut dalam keadaan 100% kering sebelum menggunakan alat styling rambut.

Itu adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat rambut kering dan rusakJD.ID sebagai perusahaan e-commerce terpercaya di Indonesia,  memberikan produk pilihan untuk kamu merawat rambut agar tidak kering dan rusak. JD.ID pun memberikan penawaran menarik dengan diskon khusus hingga 40% khusus untuk kamu sahabat setia JD.ID

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here