Gigi Kuning Bikin Keki? Cek Tips Memutihkannya Berikut Ini!

0
2487
Foto: Freepik

Meski bukan masalah besar, namun gigi kuning cukup membuat rasa percaya diri menurun, loh! Hal itu tak lain karena, warnanya yang tidak lagi cerah seperti sedia kala, mampu membuat nilai estetika penampilanmu berkurang.

Apalagi, faktor penyebabnya bisa dibilang cukup banyak, antara lain yaitu kebiasaan minum teh, kopi, menyirih, jarang sikat gigi, merokok dan juga efek samping dari suatu riwayat penyakit.

Dengan kondisi seperti itu, bisa dipastikan orang jadi enggan berbicara banyak, bahkan hanya untuk tersenyum lebar kepada lawan bicara, atau orang yang sekadar berpapasan.

Lantas, jika sudah begitu bagaimana cara mengatasinya? Nah daripada penasaran, pada artikel kali ini akan dibahas sejumlah tips memutihkan gigi kuning, beserta informasi lainnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Ciri-ciri Gigi Kuning

ciri-ciri gigi kuning
Foto: Freepik

Sebelum membahas lebih jauh tips memutihkan gigi kuning, pertama-tama kamu harus tahu dulu bagaimana ciri-cirinya. Karena secara umum, gigi memiliki warna yang cenderung menguning, baik untuk keseluruhan atau hanya beberapa bagian saja.

Selain itu, warna kuningnya pun berbeda untuk setiap gigi masing-masing orang. Ada yang kuningnya begitu pekat, ada juga yang putih kekuningan, atau justru coklat kehitaman. Semua itu tergantung dari kondisi kesehatan gigi setiap individu.

Namun yang pasti, orang dengan gigi menguning rata-rata disertai gangguan mulut lainnya, seperti karies gigi, bau mulut, serta gigi berlubang. Maka dari itu, orang yang memiliki gejala ini sebaiknya langsung konsultasi ke dokter, agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Tips Memutihkan Gigi Kuning

Bicara soal tips, di awal pembahasan sudah dijanjikan kalau kamu akan diberikan sejumlah tips memutihkan gigi kuning yang ternyata cukup banyak, dan semuanya perlu diketahui dan dilakukan dengan baik, yaitu:

1. Rutin sikat gigi dengan benar

rutin sikat gigi dengan benar
Foto: Freepik

Tahukah kamu, kalau rutin menyikat gigi dengan benar ternyata dapat mencegah, bahkan mengembalikan warna gigi yang menguning secara efektif.

Cukup membersihkannya dua kali sehari, terutama setelah mengonsumsi makanan dan minuman penyebab gigi kuning, maka risiko berubahnya warna gigi dapat diminimalisir.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara menyikat yang benar. Seperti contohnya perihal waktu, pastikan kamu menyikat seluruh bagian gigi dengan lembut, dan menggunakan gerakan memutar hingga ke sela-selanya minimal selama dua menit per sesi.

Kemudian soal pasta gigi, usahakan pakai yang mengandung pemutih, agar noda-noda membandel yang berada di permukaan bisa hilang sempurna.

2. Menggunakan soda kue

menggunakan soda kue
Foto: Klikdokter.com

Selain rutin menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan soda kue yang dicampur dengan hidrogen peroksida, untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Hal itu karena, dua bahan ini diketahui ampuh menghilangkan penumpukan plak dan juga bakteri.

Tambahkan saja 1 sdm soda kue ke dalam wadah yang berisi 2 sdm hidrogen peroksida, lalu aduk rata hingga membentuk pasta, kemudian sikat seluruh bagian gigi sampai bersih dan bilas dengan air mengalir.

3. Pakai cuka sari apel

cuka sari apel
Foto: Republika.co.id

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan cuka sari apel. Yang mana, bahan ini bisa kamu gunakan sebanyak 2 sdt, lalu dicampur dengan 170 gram air.

Cairan tersebut bisa kamu jadikan larutan untuk berkumur selama 30 detik. Setelah selesai buang cairannya, lalu bilas gigi dengan air mengalir dan sikat hingga bersih.

4. Melakukan laser

melakukan laser
Foto: Klikdokter.com

Untuk tips yang satu ini, biasanya ditempuh oleh orang-orang yang ingin mengembalikan warna gigi dengan cepat. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar dari tiga cara sebelumnya.

Hal itu tak lain karena, cara ini dilakukan dengan menembakkan sinar laser ke gigi yang berwarna kuning, dan sudah diberi zat pemutih sebelumnya. Sehingga, hasilnya warna gigi akan kembali putih seperti semula secara instan.

5. Melakukan bleaching gigi kuning

bleaching gigi kuning
Foto: Traveloka.com

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan, yaitu bleaching atau pemutihan gigi. Cara ini umumnya ditempuh oleh mereka yang memiliki kondisi cukup parah, dan perlu mendapatkan perawatan khusus.

Pasalnya, bleaching adalah metode paling efektif untuk membersihkan plak yang menumpuk di permukaan gigi maupun sela-selanya. Tak hanya itu, pemutih ini juga bisa dipakai untuk membersihkan karang gigi dan menjaganya agar tidak mudah rusak.

Untuk prosesnya sendiri dilakukan memakai cetakan gigi yang diberi pemutih, lalu diaplikasikan langsung agar pemutih tersebut menempel di gigi. Jika sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya tinggal menunggu selama kurang lebih 30 menit sampai proses selesai.

Sebagai informasi tambahan, proses bleaching ini tidak hanya dilakukan sekali, namun beberapa kali menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi.

Dari semua tips memutihkan gigi kuning di atas, apakah kamu tertarik dan penasaran untuk mencoba salah satunya? Jika iya, pastikan kamu sudah mengetahui kondisi kesehatan gigimu terlebih dahulu.

Apabila masih bisa diatasi sendiri menggunakan produk perawatan mulut, maka kamu bisa melakukan riset terkait produk apa yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah itu, kamu bisa membeli produknya di JD.ID, karena tak hanya mudah, namun juga cepat dan semua produknya sudah pasti #DijaminORI.