Meski kulit yang menjadi khas masyarakat Indonesia adalah kulit berwarna sawo matang atau kuning langsat, memiliki kulit wajah putih berseri masih jadi dambaan banyak orang. Inilah sebabnya banyak perawatan dan produk kecantikan dipasarkan dengan tujuan membuat kulit wajah menjadi putih. Tapi, kamu harus berhati-hati ya, sahabat JD.ID. Bila tidak cermat, melakukan perawatan dan memakai produk kecantikan yang salah justru bisa membuat lapisan kulitmu rusak. Berikut ini beberapa bahan alami dan cara memutihkan kulit wajah secara alami.

 

Yogurt

Meski meminum yogurt maupun produk olahan susu kadang bisa membuat seseorang yang lactose intolerant jerawatan, menggunakan plain yogurt atau yogurt polos sebagai masker ternyata justru bisa memutihkan kulit wajah! Hal ini karena yogurt memiliki kandungan lactic acid yang bisa mem-bleach warna kulit.

Biasanya, menggunakan yogurt biasa saja sudah cukup. Namun kalau kamu ingin efek yang lebih cepat dan ampuh, coba campurkan yogurt dengan bahan-bahan lain, seperti madu, air lemon, atau oatmeal yang telah dihaluskan.

 

Lidah Buaya

Belakangan ini, skincare berbahan dasar lidah buaya lagi happening banget dalam bentuk aloe vera gel! Penggunaan aloe vera lazimnya untuk melembabkan kulit wajah, menghaluskan tekstur kulit yang kasar, maupun bruntusan. Tapi, tahukah sahabat JD.ID bahwa lidah buaya juga dapat mencerahkan warna kulit? Berikut caranya:

1. Ambil beberapa lembar daun lidah buaya langsung dari pot/tanah.

2. Kupas bagian luar kulitnya, potong hingga menjadi beberapa lapisan tipis.

3. Tekan atau peras hingga mengeluarkan cairan serupa jelly.

4. Balurkan cairan lidah buaya tersebut ke seluruh wajah, diamkan selama 20- 30 menit.

5. Basuh muka dengan air hangat.

Lakukan hal ini setidaknya dua kali seminggu hingga kamu mendapatkan warna kulit yang diinginkan. Selain mencerahkan, efek sejuk dari lidah buaya dapat membantu regenerasi dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak.

 

Lemon

Buah lemon sudah terkenal banget sebagai buah yang bisa mencerahkan kulit wajah. Asam yang terdapat dalam buah lemon memang ampuh untuk bleaching kulit. Untuk memutihkan kulit wajah dengan lemon, caranya adalah:

1. Potong buah lemon menjadi beberapa bagian.

2. Peras hingga menghasilkan cairan lemon.

3. Balurkan ke wajah, diamkan selama 10-20 menit.

4. Basuh dengan air.

Cara ini bisa dilakukan setidaknya dua kali seminggu. Namun, lama dan banyaknya tergantung tipe kulit kamu, ya. Apabila kulitmu sensitif, jangan tinggalkan cairan lemon di wajah lebih lama dari 10 menit. Lalu, jangan coba-coba pakai lemon kalau kulitmu sedang iritasi! Untuk mengurangi sensasi rasa perih yang muncul ketika lemon dibalurkan ke wajah, campurkan cairan lemon dengan beberapa tetes madu.

 

Madu

Madu juga bisa jadi bahan pemutih kulit wajah yang baik. Selain itu, madu juga membantu melembabkan serta memperbaiki kondisi wajah secara keseluruhan. Caranya mudah, hanya perlu balurkan madu asli/madu murni di wajah selama 15-30 menit lalu basuh dengan air hangat.

Lebih baik jika jenis madunya adalah manuka honey. Kalau mau lebih ampuh lagi, campurkan madu tadi dengan beberapa tetes lemon, satu sendok teh susu bubuk, dan setengah sendok teh almond oil. Pakai campuran ini sebagai masker wajah setiap dua hari sekali. Dijamin, wajahmu akan terlihat cerah dan lebih putih dalam waktu cepat!

 

Bengkoang

Bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang menjadikannya bahan ampuh untuk memutihkan kulit wajah dan mengurangi flek hitam. Sama seperti lidah buaya, bengkoang juga memberikan efek dingin dan sejuk pada kulit. Caranya sangat mudah:

1. Kupas kulit bengkoang dan bersihkan

2. Parut atau blender bengkoang hingga halus

3. Pakai sebagai masker di wajah dan diamkan selama 30 menit

4. Bilas dengan air

Masker bengkoang ini aman digunakan setiap hari. Tak hanya di wajah, bengkoang juga bisa digunakan untuk mencerahkan seluruh tubuh. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan lain, seperti lemon, madu, jeruk nipis, dan minyak zaitun.

Temukan aneka kebutuhan kulit wajah hanya di JD.ID, sebagai e-commerce yang terpercaya dengan kualitas yang terjamin JD.ID selalu memberikan aneka kebutuhan perawatan kulit terlengkap untuk kamu sahabat JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here