Lakukan Double Cleansing Saat Cuci Muka Agar Wajah Bersih dan Bebas Jerawat

0
358

Wajah glowing tak hanya bisa didapatkan dari rangkaian skincare seperti serum dan moisturizer. Nyatanya, proses pembersihan wajah jadi faktor yang tak kalah pentingnya, lho! Kamu bisa mendapatkan wajah yang bersih dan glowing dengan cara melakukan double cleansing.

Apa itu double cleansing? Singkatnya, double cleansing adalah upaya membersihkan wajah dengan dua tahapan. Meski terdengar rumit, metode ini terbilang efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran dan makeup.

Adapun metode ini perlu dilakukan dengan cara dan produk yang tepat. Jadi, wajahmu bisa bersih maksimal!

Apa Itu Double Cleansing?

Apakah Sahabat JD.ID masih membersihkan wajah dengan facial wash atau facial foam saja? Jika demikian, berarti kamu belum menerapkan double cleansing. Padahal, dalam dunia skincare atau perawatan wajah, double cleansing menjadi hal yang wajib kamu ikuti, lho!

Sesuai namanya, double cleansing adalah cara membersihkan wajah melalui dua tahapan dengan menggunakan produk yang berbeda. Setiap produk yang dimaksud juga memiliki bahan yang berbeda. Adapun tujuan dari double cleansing yakni agar wajah bersih secara menyeluruh.

Pada tahap pertama, Sahabat JD.ID bisa menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak, susu, maupun air. Beberapa contohnya yaitu cleansing oilcleansing balmdan micellar waterUmumnya, tahapan ini lebih fokus pada pembersihan makeup pada wajah.

Sementara itu, pada tahap kedua, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan sabun muka. Dua opsi yang sering dipilih yaitu facial foam dan facial washKedua sabun wajah tersebut berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan wajahmu secara tuntas.

Cara Double Cleansing yang Tepat

1. Gunakan oil-based cleanser 

Sebagai tahapan pertama dalam rangkaian double cleansing, kamu bisa gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Minyak dalam produk akan menarik sebum serta tumpukan makeup yang menempel pada permukaan kulitmu.

Salah satu produk yang bisa kamu gunakan dalam tahapan ini adalah cleansing oilCukup gunakan 1-2 pump cleansing oil pada kulit yang kering. Lalu, pijat lembut dengan gerakan memutar ke seluruh wajah selama kurang lebih 1 menit, ya, Sahabat JD.ID.

2. Bilas Dengan Air Hangat

Cara melakukan double cleansing berikutnya adalah membilas wajah dengan air hangat. Selain membilasnya seperti biasa, cobalah untuk memijat wajahmu perlahan. Jadi, wajah bisa benar-benar terbilas dengan bersih. Air hangat juga disebut-sebut mampu membuka pori-pori wajah, lho.

Lakukan langkah kedua double cleansing ini sampai tidak ada lagi minyak yang tersisa di area wajah, ya, Sobat Shopee. Jika ingin lebih bersih, kamu bisa menggunakan washcloth.

3. Bersihkan Dengan Sabun Pencuci Wajah

Selanjutnya, aplikasikan sabun pencuci wajah untuk menghilangkan residu minyak dan membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori. Dari banyaknya produk yang bisa kamu gunakan, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan facial foamBusa atau foam di dalamnya dapat mengangkat sebum secara efektif. Sementara itu, jika punya kulit kering, kamu bisa menggunakan facial washProduk pembersih wajah yang satu ini tidak akan membuat wajahmu semakin kering, Sahabat JD.ID!

4. Bilas Dengan Air Dingin

Sudah selesai dengan tahapan double cleansing tadi, Sahabat JD.ID? Kini, saatnya untuk membilas kembali wajahmu dengan air dingin. Tujuannya yaitu agar pori-pori yang terbuka selama mencuci wajah bisa segera menutup. Selain itu, air dingin juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulitmu.

Setelah melakukan cara double cleansing yang satu ini, jangan lupa keringkan wajah dengan handuk bersih, ya. Kamu tak perlu menggosoknya terlalu keras. Cukup tepuk-tepukkan handuk pada wajah.

5. Sempurnakan Dengan skincare 

Sekarang, wajahmu sudah bersih maksimal, Sahabat JD.ID! Cara double cleansing pun bisa kamu lanjutkan dengan rangkaian skincare routine-mu.

Salah satunya yaitu segarkan kulit dengan tonerPasalnya, hidrating toner mampu mengembalikan pH kulit wajahmu, lho. Kemudian, kamu bisa mengaplikasikan produk perawatan wajah yang lain, seperti serum dan moisturizer.

Beli Produk Double Cleansing di JD.ID!

Dari penjelasan di atas, ternyata cara double cleansing mudah, bukan? Hanya saja, banyak orang malas melakukannya secara rutin. Padahal, double cleansing bisa memastikan wajahmu benar-benar bersih sehingga jauh dari masalah jerawat.

Lantas, ini saatnya kamu mulai rajin double cleansing, Sahabat JD.ID! Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan beragam produk pembersih wajah yang sudah JD.ID sebutkan di atas.

Tak perlu bingung, semua produk tersebut sudah hadir di JD.ID #DijaminOri.