Pahami 5 Cara Berikut Untuk Merawat Kulit Yang Tepat

0
739

Secara umum, kulit terdiri dari berbagai jenis, yaitu kulit normal, kering, dan berminyak. Tidak hanya itu, kulit jenis kombinasi merupakan gabungan dari beberapa jenis kulit tersebut.

Pemilik kulit kombinasi biasanya memiliki area wajah dengan berbagai permasalahan. Misalnya, pada area dahi dan hidung yang berminyak, sedangkan area pipi dan sekitarnya terasa kering.

Tentunya perawatan kulit kombinasi berbeda dengan kulit lainnya. Ada beberapa hal yang harus perhatikan dengan ekstra. Jangan sampai produk atau cara merawat yang Sahabat JD.ID lakukan malah menimbulkan masalah kulit baru.

Simak cara merawat kulit kombinasi yang tepat di bawah ini!

1. Hindari Pembersih Wajah Bebahan Dasar Minyak

Pembersih berbahan dasar minyak dapat membuat bagian T-Zone atau area yang berminyak semakin berminyak. Hal ini dapat menimbulkan masalah baru seperti jerawat dan pori-pori membesar. Selain itu, pembersih berbahan dasar minyak dapat mengiritasi bagian kulit yang kering.

Pilih pembersih wajah berbahan dasar air, gel, atau krim. Produk berbahan dasar air, gel, dan krim ini tetap ampuh membersihkan kotoran tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering setelahnya.

2. Pilih Tabir Surya Berbahan Dasar Mineral

Apapun jenis kulitnya, tabir surya merupakan rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan. Tabir surya berfungsi untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Sahabat JD.ID yang memiliki kulit kombinasi, bisa memilih tabir surya dengan bahan dasar mineral dan oil free agar tidak membuat area T-Zone semakin berminyak.

3. Gunakan Skincare Tidak Mengandung Alkohol

Baca dengan teliti kandungan suatu produk sebelum kamu membelinya. Jika tertera alkohol di dalamnya, sebaiknya para pemilik kulit kombinasi menghindarinya.

Pasalnya, produk yang mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak untuk melembabkan kulit. Tentu, hal ini bisa memperburuk kondisi kulit kombinasi kamu.

4. Perhatikan Bahan Aktif Pada Skincare

Kamu juga harus memperhatikan bahan aktif dalam skincare yang kamu gunakan, loh! Pastikan bahan aktif tersebut dapat membersihkan dan menyeimbangkan minyak di wajah dengan optimal.

Bebarapa bahan aktif yang baik untuk kulit kombinasi di antaranya adalah teh hijau, asam laktat, vitamin A, vitamin C, dan asam hialuronat.

5. Gunakan Clay Mask

Cara merawat kulit kombinasi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan masker. Masker yang paling tepat untuk kulit kombinasi adalah clay mask karena jenis masker ini mampu menyerap minyak tanpa mengiritasi kulit.

Sahabat JD.ID bisa membeli beragam perawatan wajah di JD.ID, dapatkan berbagai macam produk yang kalian butuhkan dan tentunya #DijaminOri. Belanja sekarang juga di JD.ID serta dapatkan penawaran menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here