Pahami Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kulit dan Juga Rambut

0
135

Sahabat JD.ID, tahukah kamu jika mandi dengan air dingin sudah sejak lama dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Mandi air dingin yang dimaksud adalah mandi dengan suhu air yang sangat dingin, bukan air keran biasa. Namun, suhu dingin yang dipakai seharusnya bukan yang menyiksa atau membuat sakit di kulit.

Kamu bisa menurunkan suhu air secara bertahap sampai terasa nyaman. Mandi air dingin memang tidak dimaksudkan untuk menyembuhkan kondisi kesehatan apa pun atau menggantikan perawatan medis. Namun, tak ada salahnya mencoba mandi air dingin untuk mengurangi keluhan seperti berikut:

1. Dapat Menenangkan Kulit Gatal

Air dingin dapat menenangkan kulit untuk penderita eksim, psoriasis, terbakar sengatan matahari, atau reaksi alergi.  Air dingin dapat membantu mengurangi sensasi gatal pada kulit. Selain itu, air dingin juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan mandi air panas dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Penting untuk diperhatikan, meskipun air dingin biasanya membantu meredakan gejala, tetapi ia tidak sepenuhnya mengatasi kondisi penyakit kulit yang mendasarinya. Periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat.

2. Guna Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus memiliki peran yang penting termasuk menajga daya tahan tubuh. Usus manusia dapat memengaruhi sistem kekebalan, tidur, fungsi jantung dan otak, dan banyak lagi.  Tubuh kita secara alami bereaksi terhadap mandi air dingin dengan meningkatkan detak jantung, yang pada gilirannya memompa darah kita lebih cepat ke seluruh tubuh kita

Saat sirkulasi diaktifkan, detoksifikasi pun diaktifkan, bersama dengan manfaat sistem pencernaan. Plus, beralih dari hangat ke dingin dapat meningkatkan sel otot polos, termasuk kesehatan perut, usus, dan sistem kardiovaskular

3. Tingkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Mandi air dingin sangat bagus untuk rambut. Mandi air panas secara berlebihan, terutama untuk jangka waktu yang lama setiap hari, dapat merusak kesehatan alami minyak dari kulit kepala dan memperburuk kondisi peradangan. Inilah penyebab kulit kepala menjadi gatal. Kulit dan kulit kepala memiliki keseimbangan alami antara minyak dan mikroorganisme.

Jika keseimbangan ini terganggu karena suhu panas, kulit kepala menjadi lebih gatal. Dengan paparan air panas terus menerus, kulit kepala juga bisa menjadi kering dan teriritasi, dan memperburuk kondisi kulit kepala yang meradang seperti ketombe dan psoriasis.  Peradangan juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Mandi dengan air dingin akan memungkinkan perlindungan terhadap peradangan, menjaga keseimbangan minyak alami dan mikroorganisme untuk keseimbangan kulit dan kulit kepala, dan pada akhirnya membantu mencegah kerontokan rambut

4. Dapat Kurangi Pembengkakan dan Kantung Mata

Untuk kulit, mandi dengan dingin akan membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan kantung mata. Kamu bahkan tidak perlu khawatir lagi untuk pergi ke fasilitas cryo dan dapat dengan mudah menciptakan efek yang sama di rumah. Kamu bisa dengan perlahan mandi dengan air panas dan menurunkan suhunya dengan memasukkan es batu ke dalam bak. Tidak perlu terburu-buru langsung mandi menggunakan air dingin.

Itulah beberapa tips singkat yang bisa Sahabat JD.ID lakukan untuk menjaga kulit serta rambut dengan mudah. Selain itu, Sahabat JD.ID juga bisa lakukan perawatan kulit dan rambut dengan menggunakan produk perawatan yang sudah terjamin kualitasnya seperti shampoo dan juga sabun untuk kamu gunakan sehari-hari. Dapatkan penawaran produk kulit dan rambut hanya di JD.ID, serta manfaatkan diskon up to 63% hanya di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here