Perawatan Rambut Rontok di Rumah Aja, Mudah dan Mujarab!

0
813
Perawatan Rambut Rontok
Source: Freepik

Perawatan rambut rontok dapat dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya sudah mencoba berbagai macam hair care, namun rambut kamu masih rontok dan mudah patah hingga bercabang?

Permasalahan tersebut bisa dialami siapa saja baik pria maupun wanita. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok, seperti salah dalam memberikan treatment yang dibutuhkan, genetik atau keturunan, gangguan pada hormon, sedang menjalani pengobatan tertentu, akar rambut yang rapuh, kurangnya nutrisi, dan lain sebagainya.

Apabila rambut rontok secara terus-menerus, maka akan mengakibatkan penipisan rambut atau biasa kita kenal dengan kebotakan. Perihal ini dapat terjadi hanya sementara saja, akan tetapi jika tidak segera diatasi dapat bersifat permanen. Tapi kamu tak perlu cemas, yuk cari tahu perawatan rambut rontok yang benar dan tepat!

Cara Perawatan Rambut Rontok Agar Kuat, Sehat, dan Berkilau

Cara Perawatan Rambut Rontok Agar Kuat, Sehat, dan Berkilau
Source: Freepik

Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang normal saja, asalkan masih dalam taraf yang wajar. Menurut penelitian yang ada, umumnya kerontokan orang dewasa sebanyak 50-100 helai setiap harinya. Sehingga, jika kamu sudah melebihi itu, mulailah waspada.

Lalu jika lebih dari 100 helai, apakah benar kamu akan mengalami kebotakan? Nah, ada cara lain untuk mengetahuinya yaitu dengan cara mengukur ketebalan rambut secara bertahap setiap bulannya. Sayangnya cara ini hanya dapat digunakan untuk rambut panjang saja.

Ikat rambut terlebih dahulu, kemudian ukur menggunakan pita meteran. Misalkan di bulan pertama ketebalan rambut kamu sebesar 4,2 inc. Selanjutnya di bulan kedua dan ketiga kamu bisa lihat apakah semakin berkurang, menetap, atau justru bertambah dari 4,2 inc. Untuk ukurannya kamu bisa lihat di bawah ini:

  • Di bawah 2 inc berarti rambut kamu tipis
  • 2-4 inc merupakan ketebalan rambut yang normal
  • Di atas 4 inch maka rambut kamu tergolong tebal.

Buat kamu yang merasa rambutnya semakin menipis atau mengalami rambut rontok parah, bisa ikuti cara perawatan rambut rontok dengan mudah lho!

Baca Juga: Atasi Rambut Rontok Pada Hijabers? Gampang Kok!

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Penyebab rambut rontok juga bisa dikarenakan terpapar sinar matahari terlalu lama lho! Alasannya, sinar matahari ternyata dapat mengurangi keratin yang ada, sehingga rambut akan kekurangan protein. Selain itu kulit kepala juga akan memproduksi minyak berlebih yang membuat akar rambut tidak kuat.

2. Gunakan Shampo dan Conditioner Khusus

Jika sudah mengalami kerontokan jangan coba-coba gunakan asal shampo yah. Gunakan conditioner dan shampo untuk rambut rontok, yang akan menguatkan, melembutkan, menebalkan, sekaligus mengurangi rambut rontok, serta melancarkan sirkulasi darah menuju kulit kepala agar rambut dapat tumbuh secara sehat dan lebat.

Kandungan yang dapat kamu temui yakni biotin dan asam pantotenat (vitamin B5), argan oil, vitamin E, vitamin D, gingseng, aloevera, shea butter, dan lain sebagainya.

Catatan yang harus kamu ingat, gunakan conditioner di batang sampai ujung rambut saja. Jangan oleskan apalagi pijat pada bagian akar dan kulit kepala, jika tak ingin rambut rontok semakin banyak.

3. Rutin Pakai Masker Perawatan Rambut Rontok

Usai mengenakan shampo dan juga conditioner, alangkah baiknya untuk memberikan nutrisi lebih yakni rutin pakai masker rambut. Fungsi dari hair mask yaitu menutrisi secara mendalam, dimana akan memperbaiki rambut rusak, kusam, dan rapuh.

Cara penggunaannya sangatlah mudah. Setelah rambut dibilas bersih aplikasikan masker dari akar hingga ujung rambut secara menyeluruh. Pijat-pijat kulit kepala perlahan-lahan, kemudian diamkan 30 menit sampai 1 jam.

Untuk hasil yang lebih baik bisa lakukan cara uap yakni dengan membungkus kepala menggunakan handuk hangat atau panas. Tujuannya agar pori-pori kulit kepala kamu bisa terbuk dan masker akan masuk serta menutrisi secara maksimal.

Setelah itu kamu bisa bilas sampai bersih ya. Sebaiknya masker rambut digunakan paling banyak seminggu sekali. Untuk masker rambut sendiri kamu bisa menggunakan bahan alami seperti gel lidah buaya, teh hijau, minyak kelapa, atau mengaplikasikan hair mask yang sudah dalam kemasan.

4. Berikan Hair Tonic di Akar Rambut

Perawatan rambut rontok berikutnya yakni memberikan hair tonic yakni salah satu hair care yang berfungsi untuk menyuburkan, mengatasi kerontokan, menguatkan, hingga menghilangkan ketombe. Cairan tersebut akan meresap langsung ke akar rambut.

Penggunaan hair tonic alangkah baiknya setelah keramas sebelum dikeringkan. Selain itu, gunakan di area kulit kepala secara merata. Pijat-pijat agar dapat meresap dengan baik.

5. Mengatasi Rambut Rontok dengan Serum

Berbeda halnya dengan hair tonic, serum rambut merupakan cairan yang berfungsi untuk melindungi rambut dari sinar UV, radikal bebas, bahan kimia maupun hair tools yang sering digunakan untuk hairstyling setiap harinya.

Gunakan serum rambut setelah keramas dalam keadaan setengah kering sebelum menata rambut kamu. Oleskan pada batang rambut saja ya.

6. Vitamin untuk Perawatan Rambut Rontok Tidak Boleh Lupa

Perawatan rambut rontok yang tidak boleh kamu skip tentu saja vitamin rambut. Manfaat dari itamin yakni melembabkan sekaligus memperindah dan juga memberikan aroma pada rambut. Kenakanlah vitamin usai menggunakan serum rambut.

Baca Juga: Tips Warnai Rambut Sendiri di Rumah dengan Hasil Memuaskan!

7. Konsumsi Makanan Kaya Akan Nutrisi yang Baik Bagi Rambut

Cara terakhir dalam mengatasi rambut rontok yakni mengonsumsi sejumlah makanan yang kaya akan nutrisi protein, zinc, zat besi, asam folat, vitamin D, vitamin E, dan vitamin A. Kandungan tersebut bsa kamu dapatkan pada salmon, tuna, sayur bayam, yoghurt, telur, alpukat, almond, chia seed, dan jambu biji.

Itu dia tujuh perawatan rambut rontok yang bisa kamu lakukan agar rambut kembali kuat, tebal, dan berkilau sepanjang hari. Untuk membeli berbagai rangkaian hair care di atas, dapat kamu temukan melalui JD.ID.

Promo Hair Care JD.ID

Selain ada banyak promo diskon menarik, kamu juga bisa mendapati layanan pengiriman yang cepat, aman, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Metode pembaarannya juga sangat mudah dan ada banyak pilihannya lho! Yuk, borong sekarang juga sebelum kehabisan!