Skincare Abal-Abal Marak di Pasaran, Konsumen Harus Cerdas dan Paham

0
456

Akhir-akhir ini Sahabat JD.ID mungkin sering mendengar berita dibongkarnya pabrik racikan skincare yang memproduksi beberapa merek masker wajah berlabel organik palsu menunjukkan maraknya produk perawatan kulit abal-abal di pasaran.  Walau kepolisian bersama dengan Badan POM sudah berulang kali melakukan penggerebakan, namun produk kecantikan yang tidak berijin atau produk palsu tetap bisa ditemui.

Sebagai konsumen tentu kita harus berhati-hati dan perlu mengedukasi diri, agar tidak tergoda dengan harga murah atau janji-janji instan dari sebuah produk kecantikan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pedoman dalam membeli sebuah produk.

Yang pertama adalah mengenali jenis kulit sendiri dan mengetahui apa keluhan utama yang ingin diatasi. Setiap jenis kulit ini sendiri punya penanganannya sendiri dan tidak bisa suatu produk bisa mengakomodasi semua kebutuhan jenis kulit tersebut,

Produk skincare juga harus sesuai dengan tingkat keasaman (pH) kulit. Produk yang baik seharusnya menghasilkan pH yang seimbang pada kulit wajah. Perbedaan musim juga berpengaruh pada pilihan produk skincare. Jika musim hujan atau berada di cuaca dingin, maka kulit cenderung kering dan perlu dihidrasi.

Maka kita harus memilih produk skincare yang membuat kulit lembab. Sebaliknya, saat musim panas dan kita banyak berkeringat, sebaiknya pilih produk untuk mengontrol produksi minyak dan mencegah terjadinya jerawat.

Yang tidak kalah penting adalah mengecek apakah produk tersebut sudah mendapat izin edar dari Badan POM. Tak sedikit produk skincare yang non-BPOM tapi sudah diperjual belikan. Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat dari QR barcode izin edar dari BPOM. Selain itu, kamu juga perlu mengecek izin produk, karena ada juga produk yang izin edarnya tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa hal penting yang harus Sahabat JD.ID perhatikan saat memilih produk skincare yang cocok untuk kulit dan juga izin edar dari BPOM. Banyaknya produk abal-abal yang beredar juga membuat kamu lebih selektif memilih tempat berbelanja, beli produk skincare hanya ditempat yang menjual barang original seperti di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here