Tahapan Basic Skincare untuk Kulit Sehat dari Pagi hingga Malam Hari

0
2790
Tahapan Basic Skincare untuk Kulit Sehat dari Pagi hingga Malam Hari- JD.ID
Source: Klikdokter.com

Memiliki kulit yang cerah dan bersih adalah dambaan setiap wanita. Setidaknya untuk memperoleh hal tersebut tentu tidak mudah. Kamu perlu rutin mengaplikasikan perawatan kulit minimal basic skincare setiap hari serta rajin mengonsumsi makanan yang sehat.

Sayangnya beberapa wanita kerap tidak aware dengan pentingnya perawatan kulit mendasar ini. Bahkan beberapa melakukan kekeliruan dalam urutan pemakaian perawatan, yang berujung dengan gangguan kulit seperti ruam, infeksi dan munculnya jerawat yang meradang.

Supaya ini tidak terjadi kepadamu, ada baiknya mengetahui apa saja urutan basic skincare yang benar untuk digunakan sehari-hari, mulai dari cleansing hingga yang lainnya.

Baca Juga: Urutan Skincare Routine Agar Wajah Glowing!

Urutan basic skincare sehari-hari yang tepat dari bangun hingga tidur lagi

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memerhatikan kesehatan kulit sebenarnya basic skincare tidaklah rumit. Setidaknya lakukanlah perawatan kulit mendasar ini secara rutin sebelum tidur atau ketika akan beraktivitas di pagi hari.

Namun apa itu basic skincare? Basic skincare adalah perawatan dasar yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dengan beberapa langkah mudah yang meliputi mencuci muka dengan sabun muka, mengoleskan pelembap wajah serta menggunakan tabir surya minimal 30 SPF. Step ini biasanya dilakukan untuk perawatan kulit di pagi hari.

Sementara untuk basic skincare rutin di malam hari seperti dikuti dari situs Self.com, urutannya sedikit lebih banyak, dengan di awali mencuci muka menggunakan sabun, menyapu wajah dengan toner atau essence, memakai serum dan ditutup dengan pelembap.

Agar kamu bisa memahami satu persatu langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini.

Urutan basic skincare rutin di pagi hari

Di Indonesia masih sangat sedikit orang yang menggunakan banyak produk dalam perawatan kulit.

Justru bagi mereka yang memiliki beberapa masalah kulit disarankan untuk lebih menyederhanakan pemakaian skincare agar tidak banyak terjadi kontak dengan bahan kimia pada wajah. Oleh karena itu, tahapan basic skincare ini cocok untuk diaplikasikan.

1. Menggunakan cleanser untuk wajah

Dalam perawatan kulit, cleanser wajah membantu membersihkan kotoran di wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan minyak berlebih hingga riasan makeup yang mungkin sulit untuk dihilangkan dengan pembersih biasa.

Adapun saat yang tepat mencuci wajah menggunakan sabun adalah di pagi hari setelah bangun tidur. Dengan begitu, langkah ini mempermudah kulit dalam mempersiapkan penyerapan bahan aktif dalam rangkaian produk skincare lainnya.

2. Mengenakan pelembap wajah

Setelah mencuci wajah dengan sabun, kerap kita dapati kulit terasa sedikit lebih kering akibat efek dari terangkatnya minyak-minyak di wajah. Sayangnya bila dibiarkan ini tidak baik karena kulit kering cenderung mengakibatkan gatal hingga kulit mudah terkelupas.

Untuk meminimalisir kondisi ini, gunakanlah pelembap wajah atau moisturizer yang akan membuat kulit lebih halus, lembut dan elastis.

3. Melindungi kulit dengan tabir surya atau sunscreen

Urutan terakhir dalam penggunaan basic skincare rutin di pagi hari adalah dengan mengenakan tabir surya atau sunscreen yang dapat melindungsi kulitmu dari bahaya sinar UV A hingga UV B. Untuk sunscreen pun usahakan untuk memilih spectrum luas minimal 30 SPF.

Perawatan kulit mendasar untuk malam hari

Malam hari menjadi saat yang tepat bagi kulit untuk beristirahat setelah seharian diajak beraktivitas dengan menggunakan berbagai macam makeup di wajah.

Oleh karena itu, dibanding rutinitas di pagi hari, basic skincare di malam hari sedikit lebih banyak. Apa saja? Yuk simak di sini!

Baca Juga: Ini Dia Urutan Skincare Malam yang Benar!

1. Penggunaan cleanser untuk menghilangkan kotoran di wajah

Cleanser yang kamu gunakan pada malam hari akan membantu mengangkat bekas riasan makeup yang mungkin tertinggal. Jika riasanmu tidak terlalu tebal ini sangat mudah menghapusnya dengan hanya mencuci muka.

Namun, jika makeup yang dipakai terlalu kompleks maka, kamu mungkin perlu melakukan pembersihan ganda melalui makeup remover terlebih dahulu.

Menyoal soal cleanser atau sabun wajah, juga perlu diperhatikan kandungan di dalamnya, mengingat tidak semua sabun wajah cocok untuk berbagai jenis kulit.

Untuk kulit normal dan cenderung kering, direkomendasikan untuk menggunakan sabun wajah dengan kandungan peptide di dalamnya. Sementara untuk kulit berminyak hingga berjerawat maka akan lebih baik menggunakan cleanser dengan kandungan asam salisilat.

2. Mengaplikasikan toner

Toner adalah produk perawatan kulit dengan tekstur cair seperti air yang berfungsi untuk menyeimbangkan Ph kulit, menghidrasi kulit, hingga mengangkat sel-sel kulit mati yang mungkin tertinggal di wajah.

Penggunaan toner sebagai basic skincare cukup mudah, hanya perlu menuangkan cairan toner tersebut ke kapas lalu mengusapnya ke seluruh bagian wajah hingga leher agar tampak lebih segar.

Untuk jenis toner yang cukup aman bagi seluruh kulit, kamu direkomendasikan untuk menggunakan toner yang tidak memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

3. Menggunakan serum wajah

Hampir setiap hari wajah menghadapi berbagai pemicu penuaan seperti terkena polusi atau terlalu sering terpapar sinar biru seperti layar laptop hingga smartphone. Tanpa disadari ini bisa menimbulkan munculnya plek-plek hitam, kulit mengendur hingga terdapat garis-garis halus di sekitar wajah.

Oleh karena itu untuk tetap menjaga kulit tetap kencang dan elastis,  kamu perlu menggunakan serum wajah dengan cara mengaplikasikan ke seluruh wajah sambil di tepuk-tepuk ringan dan membiarkannya meresap kulit.  Biarkan dua hingga tiga menit sebelum kamu beralih ke rangkaian selanjutnya.

4. Memakai moisturizer (pelembap)

Setelah mengaplikasi serum dengan rata dan membiarkannya menyerap, kini langkah terakhir dalam pemakaian skincare basic adalah memakai pelembap atau krim malam ke seluruh wajah hingga bagian leher.

Umumnya pelembap atau krim malam akan fokus memperbaiki kerusakan kulit seperti mempercepat pergantian sel hingga melawan bintik-bintik hitam pada wajah. Tak hanya itu, moisturizer juga meningkatkan kembali kelembapan secara alami yang biasanya menurun di malam hari.

Itulah beberapa step basic skincare yang perlu kamu lakukan. Setidaknya jika kamu cukup sibuk atau lelah, minimal lakukan perawatan dasar ini agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Adapun bagi kamu yang sedang mencari produk kecantikan mulai dari cleanser, pelembap kulit hingga sunscreen yang kamu perlukan hanya dengan membeli di JD.ID. Tersedia berbagai produk kecantikan yang aman dan sehat hanya di JD.ID.

Dapatkan penawaran promo produk yang menarik mulai dari diskon hingga voucher yang bisa dengan mudah kamu klaim. Di samping itu, dengan berbelanja di JD.ID juga kamu akan mendapatkan GRATIS Ongkir hingga dukungan pembayaran yang mudah, salah satunya telah mendukung opsi bayar COD. Jadi, tunggu apalagi? Yuk belanja sekarang di JD.ID produk #DijaminORI.